indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Pembesian Plat Lantai 2 Lapis: Langkah serta Manfaatnya

Apa itu pembesian plat lantai 2 lapis? Saat membangun rumah atau bangunan lain, Anda pasti mengharapkan jenis konstruksi yang kuat, kokoh, dan tahan lama. Salah satu cara yang bisa Anda pilih untuk menguatkan bangunan adalah pembesian plat lapis 2 lantai. Plat lantai sendiri pada dasarnya merupakan bagian dari struktur bangunan dengan dimensi yang tipis. 

Anda perlu memperhatikan pembuatan pembesian plat lantai sebab dimensinya yang tipis membuatnya lebih rawan. Dilihat dari sisi keamanan, membuat pembesian plat lantai dengan 2 lapis tentu dapat berpengaruh besar. Agar dapat mempertimbangkan pembangunan dengan pembesian plat lantai 2 lapis, simak artikel berikut ini.

Apa yang Dimaksud Pembesian Plat Lantai?

Pembesian plat lantai adalah langkah yang dikerjakan dengan proses penanaman atau pemasangan plat besi pada bagian lantai bangunan. Melalui pengertian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pembesian plat lantai 2 lapis adalah proses pemasangan plat besi sebanyak 2 lapis.

Baca Juga: Macam-macam Ukuran Plat Besi dan Fungsinya

Sebagai struktur dasar bangunan, sebaiknya Anda selalu menggunakan besi yang berkualitas tinggi dan kuat. Nantinya, besi-besi tersebut akan disusun sedemikian rupa sesuai dengan besaran lantai bangunan. 

Anda dapat menemukan struktur pembesian plat lantai 2 lapis pada jenis bangunan yang memiliki lantai lebih dari 1. Alasannya tentu karena rumah atau bangunan lain yang lebih tinggi membutuhkan struktur yang mampu menahan beban lebih besar dibandingkan dengan rumah atau bangunan 1 lantai.

Untuk memastikan proses pembesian plat lantai tersusun dengan sempurna dan sesuai dengan struktur yang tepat, langkah ini harus dikerjakan oleh tenaga profesional yang berpengalaman di bidangnya. Biasanya, hasil yang diberikan pun cukup baik dan proses pengerjaan diselesaikan lebih cepat. 

Apa Manfaat Melakukan Pembesian Plat Lantai 2 Lapis?

Berdasarkan sifatnya yang kuat, pembesian plat lantai 2 lapis saat ini banyak diminati oleh orang-orang yang sedang merencanakan pembangunan. Sebab ada berbagai manfaat yang bisa dirasakan saat menerapkan struktur ini. Anda juga bisa menjadi salah satunya. Adapun manfaat yang akan dirasakan bila menggunakan sistem pembesian ini antara lain:

1. Kolom Lebih Kuat

Manfaat yang bisa Anda rasakan dari pembesian plat lantai 2 lapis yang pertama adalah meningkatkan kekuatan bagian kolom bangunan. Sehingga, kolom bangunan akan menjadi lebih kuat untuk menahan beban yang diterima dan bangunan dapat berdiri lebih tahan lama hingga belasan dan puluhan tahun, tentunya dengan perawatan yang baik.

Baca Juga: Apa itu Kolom Pada Bangunan dan Fungsi Pentingnya

2. Cocok Untuk Bangunan Tingkat

Jika Anda merencanakan konstruksi bangunan bertingkat baik hanya 2 maupun lebih, sangat disarankan untuk melakukan pembesian plat lantai 2 lapis sebagai dasar bangunan Anda. hal ini dikarenakan jenis pembesian ini akan membantu struktur bangunan berdiri lebih kuat meskipun menjulang tinggi. 

3. Bangunan Menjadi Lebih Kokoh

Manfaat utama yang diberikan oleh pembesian plat lantai 2 lantai adalah konstruksi yang jauh lebih kuat. Menggunakan 2 kali pelapisan di bagian dasar struktur bangunan akan meningkatkan kekokohan bangunan. Secara tidak langsung, Anda dapat mendirikan bangunan dengan kualitas struktur yang unggulan dan mampu menahan beban yang cukup berat.

Bagaimana Cara Memasang Pembesian Plat Lantai 2 Lapis?

Setelah mengetahui manfaatnya, sebaiknya Anda juga mempelajari cara pemasangan pembesian plat lantai 2 lapis meskipun seluruh prosesnya dilakukan oleh pekerja konstruksi profesional. Berikut ini merupakan cara memasang pembesian plat lantai 2 lapis yang sebaiknya Anda ketahui:

1. Memasang Tulangan pada Bagian Bawah

Langkah pertama yang akan dilakukan dalam pembuatan struktur pembesian plat lantai 2 lapis adalah mempersiapkan seluruh peralatan dan kebutuhan material. Selanjutnya, akan dilakukan proses pemasangan tulangan plat besi pada struktur bawah bangunan. Biasanya, tulangan yang digunakan dalam konstruksi menggunakan besi beton decking dengan lapisan beton yang memiliki ketebalan 2 cm.

2. Memasang Tulangan pada Bagian Atas

Selesai dengan bagian bawah, selanjutnya beralih pada pemasangan tulangan di bagian atas. Dalam proses pemasangannya, posisi tulangan di bagian atas harus tegak lurus dengan posisi tulangan di bagian bawah. Jarak yang dibuat dalam pembesian plat lantai 2 lapis ini berkisar antara minimal 2,5 cm hingga maksimal 20 cm. Pastikan bahwa tulangan tersebut dibuat kuat karena dapat memengaruhi kekuatan bangunan nantinya. 

3. Memasang Kaki Ayam

Pernah mendengar struktur kaki ayam dalam sebuah konstruksi? Anda tidak perlu lagi kebingungan apa maksud dari struktur ini. Kaki ayam adalah struktur konstruksi yang terbuat dari potongan besi dan berbentuk seperti kaki ayam. Pada dasarnya, pemasangan kaki ayam adalah bagian penting dalam pembangunan. Karena, melalui pemasangan bagian ini Anda bisa mendapatkan jarak yang tepat pada tulangan atas dan bawah. 

4. Pengikatan dan Persilangan dengan Kawat Beton

Jika proses pembesian plat lantai 2 lapis sudah sampai di tahap pengikatan dan persilangan, tandanya sedikit lagi proses pemasangan akan selesai. Pengikatan dan persilangan menggunakan kawat beton dikerjakan dengan teknik khusus dan memanfaatkan kawat beton agar struktur pembesian menjadi lebih kuat. 

5. Pengecekan Kekuatan Besi

Tahap terakhir dari pembesian plat lantai 2 lapis adalah mengecek kekuatan besi dan melihat seluruh bagian konstruksi telah terpasang dengan benar dan kuat. Sehingga ketika ditemukan kesalahan atau ketidaksesuaian dalam pemasangan, maka dapat langsung dilakukan perbaikan dan penyempurnaan pada  bagian tersebut.

Demikian tadi merupakan ulasan lengkap mengenai pembesian plat lantai 2 lapis. Dengan berbagai kelebihan dan manfaat yang ditawarkan, Anda dapat memanfaatkan jenis pembesian ini saat mendirikan bangunan dengan 2 lantai atau lebih. Apabila sudah menerapkannya, pastikan seluruh rangka besi tersambung dengan kuat dan sesuai dengan standar.

Selain pengikatan besi, terciptanya kualitas yang maksimal dan kekuatan bangunan tentu dipengaruhi oleh besi yang berkualitas pula. Oleh sebab itu, dapatkan seluruh kebutuhan besi dalam proses pembangunan Anda hanya di Indosteger. 

Tidak hanya besi, Anda juga bisa melakukan persewaan scaffolding yang terjamin kekuatannya agar seluruh kegiatan konstruksi berjalan dengan aman. Melalui informasi pembesian plat lantai 2 lapis ini, kunjungi Indosteger sekarang juga untuk cek harga besi hollow galvanis 4x8 dan kebutuhan material scaffolding untuk aktivitas  konstruksi Anda. 

 

Sumber: 

https://www.99.co/blog/indonesia/pembesian-plat-lantai-2-lapis/

https://kpssteel.com/besi-plat/manfaat-dan-cara-pembesian-plat-lantai-2-lapis/

https://www.pengadaan.web.id/2022/04/pembesian-plat-lantai-2-lapis.html

https://m.caping.co.id/news/detail/10239848

Recent Articles

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya