indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Pengertian dan Kepentingan MSDS Dalam Industri

Di dalam pergerakan bisnis saat ini, terdapat banyak komponen dan aspek yang terdapat di dalamnya agar bisa membuat bisnis tersebut terus berputar maju ke depan. Dengan pemenuhan komponen dan aspek tersebut, aktivitas sehari-hari di dalam industri tersebut juga bisa terjaga dengan baik dan sesuai dengan standar yang ada.

Saat ini, banyak industri yang melibatkan bahan-bahan kimia sebagai bagian dari bisnis mereka. Bahan-bahan kimia kebanyakan memang digunakan untuk produk yang mereka jual nantinya. Namun tentu saja untuk melibatkan bahan-bahan kimia, diperlukan sebuah sistem keamanan yang baik. Salah satu sistem keamanan tersebut adalah MSDS.

MSDS adalah akronim dari Material Safety Data Sheets. Sesuai namanya, MSDS berguna untuk menjadi pendataan material yang ada di dalam bahan-bahan kimia demi bisa mendapatkan satu sistem keamanan yang baik. MSDS memang perlu diperhatikan di dalam industri karena berisi info tentang penggunaan zat kimia, pertolongan pertama apabila terjadi kecelakaan akibat bahan kimia tersebut, hingga penanganan yang tepat untuk zat-zat berbahaya.

Dari penjelasan singkat di atas sendiri, MSDS sudah terlihat penting dan wajib dimiliki. Namun di sini tidak hanya membahas tentang pengertian dari MSDS saja, tetapi juga kepentingan MSDS dalam industri, hingga informasi apa saja yang biasanya terdapat di dalam MSDS itu sendiri.

Pengertian MSDS

MSDS adalah sebuah barisan data yang berisi zat-zat kimia yang ada dipakai di dalam industri tersebut. MSDS memang wajib dimiliki oleh para pelaku industri yang menggunakan zat-zat kimia di dalam bisnis mereka. Hal ini karena unsur di dalam zat kimia tersebut bisa membahayakan orang lain jika tidak dicek keamanannya. Biasanya, bahan kimia berbahaya lebih dikenal dengan sebutan B3.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan bagaimana melakukan tindakan yang tepat jika terjadi masalah yang pangkal masalahnya adalah zat-zat kimia tersebut, MSDS adalah jawabannya. Maka dari itu, MSDS memang penting untuk dimiliki di dalam industri. MSDS adalah barisan data yang penting untuk dimiliki, karena jika tidak, pihak yang berwenang bisa memberikan hukuman kepada pelaku bisnis yang tidak memiliki MSDS.

Baca Juga : Bagian-bagian Konstruksi Bangunan yang Harus Ada pada Hunian Anda

Pihak berwenang yang mewajibkan penggunaan MSDS adalah Menteri Tenaga Kerja melalui  Keputusan Menteri Tenaga Kerja No. KEP-187/MEN/1999, pada Bab 1 Pasal 1. Di sana dijelaskan bahawa bahan kimia B3 adalah bahan kimia dalam bentuk tunggal atau campuran yang berdasarkan sifat kimia atau fisika dan atau toksikologi berbahaya terhadap tenaga kerja, instalasi dan lingkungan. Maka dari itu, diperlukan MSDS tersebut demi bisa menjaga keamanan para tenaga kerja yang berhubungan langsung dengan bahan-bahan kimia tersebut.

Apa saja isi dari MSDS?

Secara garis besar, penjelasan tentang MSDS sudah dijelaskan di poin sebelumnya. Sekarang giliran pembahasan untuk mengetahui apa saja isi dari MSDS tersebut. Untuk isi MSDS sendiri, bisa dibilang terhitung rinci dan banyak. Tentu saja memang diperlukan penjelasan yang lebih rinci dan banyak karena demi bisa mendapatkan sistem keamanan yang baik untuk penanganan zat-zat kimia tersebut.

Di dalam MSDS, biasanya ada delapan poin yang harus ada untuk memberikan penjelasan yang rinci dan tepat dari zat-zat kimia yang digunakan. Delapan poin tersebut adalah:

  • Identifikasi bahan (Material Identification)
  • Komposisi bahan berbahaya (Hazardous Ingredients)
  • Sifat fisika dan kimia (Physical and Chemical Characteristics)
  • Data potensi bahaya kebakaran dan ledakan (Fire and Explosion Hazard Data)
  • Data potensi bahaya terhadap kesehatan (Health Hazard Data)
  • Data reaktifitas (Reactivity Data)
  • Prosedur safety penanganan, tumpahan, kebocoran dan limbah (Precaution for Safety Handling and Use)
  • Tindakan pengendalian untuk mengurangi bahaya (Control Measures)

Dari delapan poin di atas, semuanya harus dipenuhi agar industri bisa tetap aman dan keselamatan para pekerja tetap terjamin.

 

Itulah pengertian dan kepentingan MSDS dalam industri. Jangan sampai lupa untuk melengkapi MSDS jika Anda memang ingin membuka usaha dengan penggunaan bahan-bahan kimia berbahaya.

You May Also Like