indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Apa Perbedaan Pipa Galvanis Medium A dan B?

Tidak banyak orang yang tahu soal perbedaan pipa galvanis medium A dan B. Mereka beranggapan bahwa pipa galvanis hanya dibedakan berdasarkan ukuran atau diameternya saja. Kekeliruan ini malah akan membuat Anda jadi salah pilih pipa galvanis. Mari kita simak penjelasannya berikut.
 

Perbedaan pipa galvanis medium A dan B

Secara umum, pipa galvanis medium A dan medium B memiliki perbedaan pada ketebalan atau schedule dinding pipa. Di masing-masing kelompok ini pula tersedia beragam pilihan ukuran dan ketebalan dimulai dari 1 mm dan seterusnya. 

Ketebalan sangat berpengaruh pada kekuatan, durabilitas, dan kualitas anti karat dari pipa galvanis. Namun sebetulnya, perbedaan pipa galvanis medium A dan B tidak menjadi indikator bahwa satu jenis pipa galvanis dinyatakan lebih unggul dari yang lainnya. Semuanya tergantung pada kebutuhan bangunan. 

Pipa galvanis medium A lebih tebal bila dibandingkan dengan pipa galvanis medium B. Karenanya, harga pipa galvanis medium A juga sedikit lebih mahal daripada harga pipa galvanis medium B. Tingkat ketebalan dinding pipa galvanis pun berbanding lurus dengan bobot pipa, di mana jika pipa galvanis lebih berat dibanding pipa galvanis dengan diameter yang sama, maka bisa dipastikan pipa galvanis yang lebih berat itu memiliki ketebalan yang lebih tinggi atau masuk dalam kategori medium A. 

Lantas, bagaimana caranya kita tahu kapan harus memilih pipa galvanis medium A atau B? Kita perlu melihat tempat instalasi dan kegunaan dari pipa galvanis itu sendiri. Jika pipa galvanis akan digunakan untuk sistem saluran air atau proyek bangunan berskala besar, maka pilihan terbaik adalah pipa galvanis medium A yang lebih tebal dalam ukuran yang lebih besar. Sementara itu, bila pipa galvanis akan digunakan untuk instalasi listrik di hunian kecil, maka bisa menggunakan pipa galvanis medium B dalam ukuran yang lebih kecil.
 

Kualitas pipa galvanis

Setelah memahami perbedaan pipa galvanis medium A dan B, Anda juga perlu memahami bahwa terlepas dari ketebalan dinding dan ukuran pipa galvanis, setiap jenis pipa galvanis punya deretan kualitas yang sama. Ini juga bisa disebut sebagai karakteristik pipa galvanis yang menjadikannya unggul. Berikut ini ulasannya:
 

1. Anti karat

Pembuatan pipa galvanis dilengkapi dengan proses pelapisan anti karat sehingga lebih tahan terhadap korosi. Selain itu, senyawa Zinc dalam pipa galvanis juga semakin meningkatkan kualitas anti karat pada pipa yang satu ini.
 

2. Kuat dan kokoh

Tidak seperti pipa PVC yang mudah pecah, pipa galvanis yang berkonstruksi baja berkarbon rendah ini lebih tahan banting dan kokoh. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir dengan risiko pipa galvanis rusak saat diangkut atau diinstalasi. Tentunya juga lebih tahan lama.
 

3. Durabilitas tinggi

Dengan ragam kualitas atau karakteristik yang sudah disebutkan sebelumnya, pipa galvanis terbukti sangat tahan lama, bahkan awet meski terpapar oleh cuaca ekstrem dan polusi tinggi. Faktanya, pipa galvanis yang dipasang di area perkotaan dengan polusi tinggi mampu bertahan hingga 25 tahun lamanya. Sementara di area minim polusi, pipa galvanis bisa terus dipakai hingga 50 tahun.
 

4. Pilihan yang ekonomis

Dengan kualitas yang melampaui pipa PVC, harga pipa galvanis termasuk terjangkau! Harga tergantung pada ukuran dan ketebalan pipa galvanis, namun tetap menjadikannya alternatif yang ramah di dompet.
 

Kegunaan pipa galvanis

Sudah sempat disebutkan di atas, pipa galvanis punya beragam kegunaan dalam hal konstruksi bangunan. Karenanya, pipa galvanis terus memiliki demand yang tinggi. Berikut ini penjelasan soal kegunaan pipa galvanis:
 

1. Lapisan pelindung untuk kabel

Kabel listrik sangat rentan putus atau rusak, terutama kabel listrik yang ditempatkan di outdoor. Untuk itu, pipa galvanis digunakan untuk melapisi kabel-kabel listrik yang berada di dalam tanah maupun di area outdoor. Hal ini supaya kabel tidak mudah rusak, tetap rapi, dan lebih awet.
 

2. Material konstruksi

Pipa galvanis juga sering digunakan untuk pembuatan pagar rumah, railing tangga, serta plafon rumah. Ini dikarenakan kualitasnya yang kuat, awet, dan tidak mudah berkarat. Selain itu, tampilan metalik dari pipa galvanis juga menjadikan rumah terlihat lebih modern.
 

3. Pemasangan sistem saluran air

Lapisan anti karat pada pipa galvanis menjadikannya pilihan utama dalam pemasangan sistem saluran air. Namun, perlu diingat bahwa pipa galvanis tidak disarankan untuk saluran air panas maupun saluran gas. 

Sebelum memilih pipa galvanis medium A atau B, ketahui dulu harga pipa galvanis supaya Anda bisa menetapkan pilihan yang dirasa paling sesuai dengan anggaran dan kebutuhan bangunan. Sekarang, Anda sudah siap memilih berdasarkan perbedaan pipa galvanis medium A dan B yang sudah dijelaskan di atas!

Recent Articles