indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Apa itu Pipa Welded?

Pipa welded adalah pipa yang proses pembuatannya melalui teknik pengelasan. Pipa, khususnya pipa besi, menjadi material penting untuk konstruksi proyek bangunan. Pertanyaan mengenai perbedaan antara pipa welded dan pipa seamless menjadi hal yang paling umum ingin diketahui oleh orang-orang yang masih awam dengan dunia industri baja. 

Pipa welded dan pipa seamless adalah dua jenis pipa yang berbahan dasar hot rolled steel dan memiliki bentuk yang bulat. Walaupun terlihat mirip, keduanya memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Salah satu perbedaannya adalah fungsi dari pipa tersebut. Perbedaan ini juga yang menjadi alasan mengapa ada berbagai jenis pipa besi lainnya, yakni stainless, galvanis, dan hollow.

Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai apa itu pipa welded, kegunaannya, dan perbedaannya dengan pipa seamless. Simak artikel ini selengkapnya!

Apa Itu Pipa Welded?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, pipa welded atau pipa las disambungkan dengan teknik las di bagian badannya. Pipa welded terbuat dari plat baja atau strip baja yang disambung. Sambungan ini beragam bentuknya, ada yang berbentuk lurus, longitudinal, dan spiral. Hasil dari pipa ini ditentukan oleh ketebalan sambungannya.

Baca Juga: Jenis Kawat Las, Fungsi dan Cara Menggunakannya

Sambungan baja tersebut kemudian digulung secara melingkar dengan mesin roll. Setelah sambungan sudah tergulung hingga berbentuk silinder, proses selanjutnya adalah pengelasan dengan atau tanpa bahan pengisi. Bahan pengisi bisa berupa logam atau flux. Proses pembuatan pipa welded sudah selesai jika sudah melewati langkah-langkah yang disebutkan.

Teknik pengelasan pipa welded juga beragam. Teknik pengelasan yang paling umum digunakan adalah mengalirkan listrik bertegangan tinggi di sambungan pipa sampai meleleh dan melebur jadi satu.

Pipa welded acap kali dianggap lebih rentan jika dibandingkan dengan pipa seamless. Alasannya adalah ada sambungan las pada badan pipanya. Namun, pipa welded dapat bekerja dengan baik apabila batas maksimum kekuatannya diperhatikan. Dalam proses produksinya, pipa welded pasti sudah dikontrol mutu kualitasnya.

Proses produksinya pun terbilang sederhana, sehingga pipa welded memiliki harga lebih terjangkau. Secara teoretis, proses yang sederhana ini memengaruhi ketahanan dari pipa welded. Pipa welded menjadi lebih lemah dan tidak tahan terhadap tekanan atau suhu yang tinggi.

Apa Keunggulan Pipa Welded?

Anda sudah melihat keunggulan pipa welded dari penjelasan di atas. Dari segi harga, pipa welded lebih murah.  Proses pembuatannya sederhana dan tidak memakan waktu yang lama pula. Ukuran yang dihasilkan dari proses pembuatannya terbilang konsisten. Kemudian, pipa welded juga memiliki permukaan bagian dalam maupun luar yang lebih baik.

Baca Juga: Ukuran Pipa Besi Berdasarkan Fungsi dan Jenisnya

Pipa welded sering digunakan dalam dunia industri karena dianggap ekonomis dan memiliki variasi ukuran. Pipa welded merupakan pilihan tepat untuk memenuhi kebutuhan industri karena mematuhi ketentuan batas aman suhu, tekanan, dan variabel terukur lainnya. Industri yang menggunakan pipa welded sebagai materialnya adalah farmasi, saluran pipa, konstruksi bangunan, pertambangan, dan sebagainya.

Apa Perbedaan Pipa Welded dan Pipa Seamless?

Pipa seamless dalam bahasa Indonesia disebut dengan pipa kelim. Pipa seamless adalah pipa tanpa sambungan, kebalikan dari pipa welded yang sudah dibahas sebelumnya. Proses pembuatan pipa seamless tergolong lebih rumit daripada pipa welded.

1. Metode Pembuatan

Metode pembuatan pipa seamless adalah Mandrel Mill Process. Metode ini dimulai dari memanaskan pipa dalam tungku pemanas, kemudian ditusuk dengan penusuk di dalamnya.

Baca Juga: Ketahui Apa Itu Blast Furnace dan Cara Kerjanya

Lalu, billet baja akan melewati proses penggulungan dan peregangan untuk menyesuaikan diameter, panjang, dan serta ketebalan dinding pipa di dalam mill. Metode lainnya adalah Push-Bench dan Extrusion Process.

Proses yang lebih rumit ini membuat pipa seamless lebih kuat dibandingkan pipa welded. Namun, hasilnya tidak konsisten seperti pipa welded. Pipa seamless lebih ditujukan untuk industri yang memerlukan pipa dengan kekuatan dan ketahan terhadap suhu yang lebih tinggi.

2. Bentuk Fisik

Dinding pipa seamless lebih tebal dibandingkan dengan pipa welded. Faktor ini membuat pipa seamless lebih tahan terhadap tekanan dan suhu tinggi. Pipa seamless juga tidak memiliki sambungan sehingga lebih tahan terhadap korosi. Silinder yang ada di pipa seamless juga lebih baik meski ukuran umumnya tidak konsisten. 

Itulah beberapa informasi mengenai pipa welded dan pipa seamless. Perbedaan yang sudah disebutkan di atas semoga dapat memudahkan Anda dalam memilih pipa mana yang dibutuhkan. 

Sebelum memilih dan membeli bahan material untuk konstruksi bangunan, konsultasikanlah terlebih dahulu dengan ahlinya. Pasalnya, faktor-faktor eksternal seperti faktor lingkungan dan area yang dilalui pipa juga perlu menjadi pertimbangan Anda.

Anda bisa menyewa scaffolding secara bulanan atau mingguan di Indosteger. Harga yang kami tawarkan juga sangat bersaing. Anda bisa berkonsultasi tentang kebutuhan satu set tangga scaffolding dengan jumlah yang ditentukan atau kebutuhan material lainnya.

Informasi harga sewa dan ketersediaan produk bisa dilihat di laman kami. Kami menyediakan berbagai jenis besi, scaffolding, pipa support, dan material konstruksi lainnya untuk Anda. Apapun pilihannya, pastikan memilih material dan pekerja konstruksi untuk rumah Anda dengan tepat.

Itulah penjelasan mengenai apa itu pipa welded pada artikel ini. Jika Anda sedang mencari peralatan konstruksi seperti steger dengan budget yang minim, sebaiknya Anda lihat di website Indosteger. Indosteger menyediakan jasa sewa scaffolding dan alat-alat kebutuhan konstruksi lainnya dengan harga terbaik. Hubungi Indosteger segera untuk menyewa tangga scaffolding dan kami langsung mengirimkannya ke lokasi proyek pembangunan Anda.

Semoga artikel terkait apa itu pipa welded dan pipa seamless ini dapat berguna bagi Anda! 

Recent Articles

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya