indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Struktur Pondasi Cakar Ayam Rumah 2 Lantai

Apabila Anda salah satu kontraktor yang selalu menerima permintaan untuk membangunnya, pasti paham dengan struktur pondasi cakar ayam rumah 2 lantai. Ya, jenis pondasi yang ideal untuk membangun rumah bertingkat adalah cakar ayam, karena mampu menopang bangunan dalam kondisi tanah apapun. Rumah dua lantai pun memiliki angka permintaan yang tinggi, jadi sering sekali kita menemukannya di daerah manapun.

Negara Indonesia yang luas membuat penduduknya tersebar merata dari Sabang sampai Merauke, yang pasti memiliki struktur tanah berbeda. Ada struktur tanah yang keras sehingga mudah dibangun rumah di atasnya, ada pula struktur tanah yang lembek, membuat bangunan tidak mungkin didirikan. 

Namun, kehadiran pondasi cakar ayam bisa menjawab impian orang yang ingin memiliki rumah dua lantai, bahkan jika kondisi tanah tidak mendukung. Perlu diketahui, struktur tanah juga merupakan parameter penting dalam membangun rumah bertingkat, sehingga mampu menahan beban bangunan yang ada di atasnya.

Menghitung Struktur Pondasi Cakar Ayam 2 Lantai

Sebelumnya, apakah Anda sudah tahu keunggulan pondasi cakar ayam? Selain mampu digunakan di atas struktur tanah yang lembek, pondasi cakar ayam juga sangat kokoh dibandingkan jenis lainnya. Pondasi cakar ayam mampu menembus tanah hingga bagian terdalamnya.

Baca Juga: Fungsi Pondasi Cakar Ayam

Indonesia juga diketahui sebagai daerah yang sering rawan dengan gempa atau tanah longsor, terutama di Pulau Jawa. Karena itulah pondasi cakar ayam diciptakan, sehingga bangunan bisa tetap kuat berdiri tanpa dipengaruhi kondisi apapun. Yang lebih hebat lagi, pondasi cakar ayam telah digunakan untuk membangun beberapa gedung besar, termasuk bandara dan stadion.

Apabila pondasi ini sudah dipercaya untuk membangun bangunan besar tersebut, sudah pasti bisa digunakan untuk membangun rumah dua lantai pula. Tentu saja, ada beberapa struktur atau penghitungan yang harus diperhatikan dalam membangun pondasi cakar ayam 2 lantai, sehingga bentuk bangunannya tetap tegak.

Baca Juga: Kiat Membuat Pondasi Rumah 2 Lantai

Ukuran pondasi cakar ayam ini lebih berpusat pada luas atau jenis ruangan yang didirikan di lantai atasnya. Sebab, pondasi ini akan menopang beban bangunan yang lebih kuat, yang biasanya berasal dari bagian atasnya.

Kalau lantai atas hanya digunakan untuk satu ruang biasa, seperti kamar tidur, kamar mandi, ruang santai, Anda cukup membuat kolom persegi (sloof) berukuran 60 cm x 60 cm. Ketebalan pondasi yang dibutuhkan harus sekitar 20 cm. Bila beban ruangan semakin berat, berarti Anda harus menggunakan ukuran yang lebih besar lagi. 

Ingin membangun rumah dengan jumlah lantai di atas dua, seperti tiga atau empat lantai? Berarti Anda harus menambahkan bore pile agar bisa pondasi cakar ayam yang dipasang bisa menopang beban yang lebih besar lagi.

Untuk kedalamannya, Anda bisa menggali tanah sedalam 1,5 hingga 4 meter, tergantung struktur tanahnya. Apabila digali semakin dalam, pondasi cakar ayam yang diletakkan mampu meneruskan beban bangunan yang besar ke dalam tanah tersebut. Intinya, kekuatan pondasi cakar ayam terletak pada bagian bawahnya, yang berada di dalam tanah.

Pondasi cakar ayam rumah 2 lantai biasanya terbuat dari material beton berdiameter 10 mm, dengan jarak masing-masing 20 cm antar besinya. Material beton ini terbuat dari semen, pasir, dan kerikil dengan perbandingan 1:2:3, tergantung pada hasil beton yang dibutuhkan.

Baca Juga: Cara Membuat Cakar Ayam yang Benar dan Aman Saat Digunakan

Terakhir, Anda juga memerlukan tangga scaffolding, agar pembangunan rumah dua lantai impian tetap berjalan dengan lancar dan tidak mempengaruhi risiko keselamatan pekerja. Itulah ukuran struktur pondasi cakar ayam rumah dua lantai yang bisa diterapkan untuk membangun rumah.

Recent Articles