indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Penghitungan Jarak Cakar Ayam Rumah 2 Lantai

Dalam menghitung jarak cakar ayam rumah 2 lantai, ada berbagai hal yang perlu Anda perhatikan. Salah sedikit saja dalam memperkirakan jarak cakar ayam rumah, maka rumah yang dibangun akan memiliki pondasi yang tidak kokoh dan berpotensi menyebabkan bahaya bagi siapapun yang akan menghuni rumah tersebut nantinya.

Oleh karena itu, melalui artikel ini, IndoSteger akan memberikan informasi penting kepada Anda mengenai cara menghitung jarak cakar ayam untuk rumah 2 lantai serta cara perhitungan besarnya cakar ayam yang dibutuhkan. Namun, sebelum kita masuk kepada cara penghitungannya, mari kita pahami lebih dahulu apa itu cakar ayam.
 

Apa Itu Cakar Ayam dalam Pembangunan Rumah?

Cakar ayam merupakan istilah pondasi yang sering digunakan dalam konstruksi bangunan di Indonesia. Istilah dan metode pondasi cakar ayam adalah hasil pemikiran yang dicetuskan oleh Prof. Dr. Ir. Sedijatmo pada tahun 1961 dan nama cakar ayam ini tercetus karena bentuknya yang mirip seperti cengkeraman ayam.

Pondasi cakar ayam ini sering digunakan oleh para konstruktor dalam membangun rumah atau bangunan lainnya karena pondasi ini memiliki struktur yang sangat kuat dan bahkan dapat digunakan di segala jenis tanah. Tidak hanya digunakan dalam bangunan, pondasi cakar ayam ini ternyata juga dimanfaatkan dalam pembangunan infrastruktur seperti pembangunan jembatan layang, jembatan besar, dan banyak lagi.

Baca Juga: Fungsi Pondasi Cakar Ayam

Pondasi cakar ayam ini sudah terbukti sangat kokoh karena bentuknya yang seperti mencengkram tanah sehingga Anda bisa membayangkan betapa kuatnya bangunan dengan pondasi yang dapat mencengkeram dasar bawahnya. Selain itu, pondasi ayam tidak memerlukan sistem drainase sehingga tidak heran bahwa pondasi ini terpilih menjadi pondasi bangunan terkuat.

Meskipun ada banyak keunggulan yang diberikan oleh pondasi cakar ayam, namun ada juga beberapa kekurangan salah satunya dari segi biaya yang harus dikeluarkan. Pembuatan pondasi cakar ayam ini tergolong lebih mahal dibandingkan pondasi konvensional yang sering digunakan pada umumnya.

Pembuatan pondasi cakar ayam ini sangat rumit sehingga para pemilik rumah harus mengeluarkan ekstra biaya untuk itu. Walaupun biaya yang dikeluarkan cukup besar, namun kualitas yang diberikan dari pondasi cakar ayam mampu membuat rumah berdiri dengan kokoh dalam waktu yang lama.
 

Bagaimana Cara Menghitung Jarak Cakar Ayam Rumah 2 Lantai?

Untuk menghitung jarak cakar ayam rumah 2 lantai, sebenarnya tidak ada ukuran yang pasti karena semua kembali kepada luas area dan beratnya beban pada lantai 2. Namun, jika kita berbicara mengenai jarak pada rumah dengan ukuran standar, maka Anda bisa membuat jarak antar pondasi cakar ayam sekiranya 2,5 meter hingga 3 meter.

Baca Juga: Struktur Pondasi Cakar Ayam Rumah 2 Lantai
 

Bagaimana Cara Menghitung Besarnya Cakar Ayam yang Dibutuhkan?

Selain jarak antar cakar ayam, Anda juga perlu menghitung besarnya cakar ayam yang perlu dibangun dengan teliti agar pondasi rumah benar-benar kokoh. Biasanya, untuk rumah 2 lantai dengan ukuran standar, para konstruksi bangunan dapat membuat pondasi cakar ayam dengan ukuran 60x60 dengan ketebalan 20cm.

Perlu Anda ingat, ukuran ini hanyalah berdasarkan ukuran standar. Anda perlu meninjau kembali dan menyesuaikan dengan ukuran rumah yang akan dibangun.

Semakin berat beban yang ada pada lantai 2, maka ukuran cakar ayam harus semakin lebih besar untuk memastikan agar pondasi tersebut mampu menopang berat yang ada di atasnya. Selain itu, ukuran beton pondasi cakar ayam juga harus menggunakan ukuran yang lebih besar dari pada biasanya.
 

Cari Kebutuhan Besi Cakar Ayam Melalui Indo Steger

Jadi, sekian informasi yang dapat kami berikan untuk Anda di atas. Silakan lakukan perhitungan jarak cakar ayam rumah 2 lantai sesuai dengan kebutuhan dan jangan lupa untuk mengecek harga besi hollow 4x6 yang ada di IndoSteger untuk bahan pembangunan rumah Anda.

Recent Articles