indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Bagaimana Cara Menghitung Harga Pagar Besi Per Meter?

Pagar rumah merupakan salah satu elemen eksterior yang dapat mempercantik rumah Anda. Tetapi, Anda harus memperhatikan proses pembuatan pagar rumah Anda dengan baik. Jika dibuat asal-asalan, bisa jadi hasilnya malah jelek. Salah satu yang harus diperhatikan dalam pembuatan pagar adalah biaya pembuatan. Untuk dapat menghitung biaya pembuatan dengan baik, Anda harus tahu dulu cara menghitung harga pagar besi per meter.

Pagar sendiri banyak jenisnya, salah satu yang paling umum digunakan adalah pagar besi. Jika ingin membangun pagar besi untuk rumah Anda, sebaiknya Anda melakukan perhitungan besaran biaya yang akan Anda keluarkan. Ini penting karena mengetahui biaya dengan tepat membuatmu dapat mempersiapkan dana yang dibutuhkan. Selain itu, Anda pun bisa meminimalisir risiko mendapat harga pagar besi yang terlalu mahal saat melakukan pembelian. Mari hitung harga pagar besi per meter dengan simak informasi berikut!

Cara Menghitung Harga Pagar Besi Per Meter

Harga pagar besi secara umum dihitung berdasarkan luas media pagar yang Anda gunakan. Anda bisa menghitungnya dengan cara mengalikan luas total dari media pagar dengan harga per m2. Sementara itu, Anda bisa bertanya langsung dengan penjual untuk mendapatkan harga pagar besi yang Anda inginkan.

1. Ketahui Rumus dan Perhitungannya

Cara menghitung harga pagar besi per meter sebenarnya tidak terlalu susah jika Anda sudah mengetahui rumus dan perhitungannya. Pertama-tama, Anda perlu mengetahui volume dan harga satuan pagar besi per meter. Misalnya, Anda ingin membuat pagar rumah dengan tinggi 1,5 meter dan panjang 2,5 meter. Setelah melihat harga di pasaran, Anda mendapatkan harga pagar besi per meter adalah Rp500.000. Jadi, berapa total biaya yang akan Anda keluarkan untuk membuat pagar besi tersebut?

Mulailah dengan menghitung volume pagar sehingga didapatkan satuan m2. Rumus yang bisa Anda pakai adalah sebagai berikut:

panjang x tinggi

Dengan rumus tersebut, bisa dihitung 2,5 meter x 1,5 meter = 3,75 m2. Setelah mendapatkan volume pagar, selanjutnya Anda bisa menghitung total biaya yang dibutuhkan dengan rumus:

volume x harga satuan

Jadi, dengan menggunakan cara menghitung pagar besi per meter, bisa didapatkan perhitungan 3,75 m2 x Rp.500.000,00 = Rp.1.875.000. Inilah total biaya pagar besi.

Baca juga: Harga Besi Pipa Galvanis Per Ukuran

2. Buat Desain dan Persiapkan Kebutuhan

Setelah tahu cara menghitung harga pagar besi secara kasar, saatnya Anda membuat desain dan mempersiapkan kebutuhan untuk membuat pagar.

Secara garis besar, desain pagar rumah Anda akan kurang lebih menentukan besaran biaya dan kebutuhan apa yang harus Anda persiapkan. Misalnya, sebuah pagar besi minimalis tentunya akan jauh lebih simpel dan murah ketimbang sebuah pagar rumah dengan corak atau motif yang lebih kompleks.

Mengetahui desain yang Anda inginkan juga akan mempermudah Anda untuk meminta gambar pilihan pagar yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan Anda. Selalu dibutuhkan persiapan yang matang untuk mendapatkan pagar rumah idaman.

Dari segi bahan, ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan secara umum. Anda setidaknya harus mempersiapkan tiga bahan material utama yang dibutuhkan, mulai dari reng dan kaso, sekrup, sampai genteng metal.

Baca juga:6 Motif Pagar Plat Besi Agar Rumah Lebih Aman dan Estetik

3. Siapkan Juga Biaya Lain-lain

Setelah Anda mengetahui total biaya tersebut, Anda juga perlu menyiapkan biaya lain-lain dan proses membangun pagar rumah. Adapun biaya lain-lain yang dimaksud adalah:

  • Biaya untuk membeli cat untuk besi.
  • Biaya untuk membeli kawat las.
  • Biaya untuk membayar tukang yang akan melakukan pengerjaan memasang, mengelas, dan mengecat pagar besi.
  • Biaya tambahan atau darurat yang mungkin dibutuhkan.

Biaya-biaya di atas masih bisa bertambah jika Anda memutuskan untuk menggunakan jasa pembuatan pagar atau bengkel las saat membuat pagar rumah Anda. Biaya tukang tersebut bisa sangat beragam tergantung tempat tinggal Anda. Yang jelas, semakin banyak jumlah tukang yang Anda pekerjakan dan semakin lama proses pembuatan dan pemasangannya, maka akan semakin besar juga biaya yang dibutuhkan untuk membuat pagar rumah Anda.

Sebagai perkiraan, harga umum untuk pemasangan pagar besi satu hari adalah sekitar Rp100.000 hingga Rp150.000. Selanjutnya, Anda bisa menyiapkan budget sekitar Rp500.000 untuk biaya kawat las dan cat pagar. Terakhir, siapkan saja uang Rp100.000 yang digunakan sebagai biaya darurat atau tambahan yang mungkin perlu Anda keluarkan.

Itulah dia cara menghitung harga pagar besi per meter dan langkah untuk menentukan besaran biaya pembuatan pagar rumah Anda. Mengetahui besaran biaya yang harus dikeluarkan sangatlah penting saat membuat pagar di rumah. Dengan biaya yang terpetakan dengan baik, Anda dapat memastikan kalau pegerjaan pagar untuk rumah Anda berjalan dengan lancar.

Agar pagar rumah Anda awet dan tahan lama, Anda harus memastikan Anda memilih besi pagar yang terbaik. Biar tidak salah beli, Anda terlebih dahulu harus survey harga. Anda bisa mendapatkan seluruh informasi tersebut bersama Indosteger. Dapatkan harga besi hollow 4x4 untuk pagar terbaik sesuai dengan budget Anda. Semoga informasi soal cara menghitung harga pagar besi per meter di atas bisa membantu Anda. Selamat mencoba!

Baca juga: Ukuran Besi Hollow serta Jenis dan Harga 2021

Recent Articles