indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Mengenal Rambu-rambu K3 Proyek Konstruksi yang Sangat Penting

Rambu-rambu K3 proyek konstruksi adalah rambu yang berguna untuk memberi peringatan bahaya, hati-hati, dan keselamatan pada para pekerja proyek pembangunan. Rambu-rambu ini sangat penting dalam proyek pembangunan supaya para pekerja bisa memperhatikan keselamatan mereka selama bekerja. Namun seringkali rambu-rambu ini tidak diperhatikan atau hanya dilihat sekilas. Padahal rambu-rambu ini menjadi salah satu cara mencegah kecelakaan yang sering terjadi. 

 

Menteri Ketenagakerjaan menyatakan bahwa di Indonesia terdapat 8 orang pekerja setiap harinya yang mengalami kecelakaan kerja. Ada dua kemungkinan alasan mengapa rambu ini tidak diperhatikan. Pertama karena para pekerja menyepelekan peringatan tersebut dan merasa yakin bahwa hal-hal tersebut tidak akan terjadi pada diri mereka. Kedua adalah kurangnya pengetahuan dan pemahaman mengenai arti dari peringatan tersebut. Jadi apakah Anda sudah mengenal rambu-rambu ini dengan baik? 

Apa Saja Komponen Rambu-rambu K3 Proyek Konstruksi?

Sekilas informasi, K3 adalah kepanjangan dari Keselamatan dan Kesehatan kerja. Dengan begitu rambu ini dibuat untuk mengingatkan para pekerja adanya potensi bahaya yang perlu diperhatikan saat mendekati tempat-tempat tertentu. Apalagi pembangunan proyek berhubungan langsung dengan mesin dan bahan material yang berat, sehingga peringatan pada rambu-rambu yang terpasang harus lebih lagi diperhatikan. Rambu K3 proyek pembangunan terbagi menjadi tiga seperti di bawah ini. 

Baca Juga: Kesalahan Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang Sering Diabaikan

1. Warna

Inilah beberapa warna yang digunakan sebagai pemberitahuan. 

  • Merah

Warna merah menandakan adanya bahaya, seperti keadaan darurat, kebakaran, dan bahaya kematian.

  • Oranye

Warna oranye menandakan adanya peringatan atau awas. Misalnya peringatan situasi bahaya yang menyebabkan luka parah hingga kematian. 

  • Kuning

Warna kuning menandakan bahwa Anda harus lebih waspada dan berjaga-jaga terhadap suatu situasi. Misalnya waspada terpeleset, tersandung, atau area yang perlu dihindari karena mudah terbakar.

  • Hijau

Warna hijau menandakan adanya keamanan atau keselamatan. Warna ini digunakan untuk menunjukkan lokasi peralatan kesehatan dan keselamatan. Ini mengindikasikan bahwa pekerjaan yang dilakukan adalah pekerjaan yang aman. 

  • Biru

Warna biru menandakan bahwa Anda perlu memberikan perhatian pada situasi tersebut. Misalnya untuk menunjukkan bahwa Anda perlu menggunakan alat pelindung diri saat memasuki kawasan tersebut. 

2. Bentuk dan Simbol

Inilah beberapa bentuk dan simbol yang digunakan untuk memberikan peringatan kepada para pekerja. 

  • Bentuk Segitiga atau Segi Enam

Menunjukkan tanda bahaya dengan piktogram berwarna hitam dan kuning. 

  • Bentuk Bulat

Bentuk ini menandakan peringatan yang wajib ditaati oleh semua pekerja yang berada dalam wilayah proyek. Memiliki warna piktogram putih dengan dasar berwarna biru.

  • Bentuk Persegi

Bentuk ini menandakan keselamatan, seperti jalan keluar dalam kondisi darurat atau tempat penyimpanan alat kesehatan dan keselamatan. Memiliki warna piktogram putih dengan warna dasar hijau. 

  • Simbol Larangan

Simbol lingkaran tepi dengan garis diagonal di tengahnya ingin memberitahukan adanya larangan untuk melewati area tersebut oleh para pekerja. Memiliki warna piktogram putih dan merah dengan warna dasar putih. 

3. Struktur Desain

Inilah beberapa struktur desain peringatan yang digunakan untuk memberikan peringatan kepada para pekerja.  

  • One Panel Sign

Rambu dengan desain ini dibuat dengan mencantumkan teks atau piktogram simbolnya saja. 

  • Two panel Sign

Rambu ini didesain dengan mencantumkan teks dan piktogram untuk menjelaskan informasi secara keseluruhan. 

  • Three Panel Sign

Rambu ini didesain dengan mencantumkan teks, piktogram dan judul atau header. 

Warna, simbol, dan struktur desain di atas adalah komponen yang biasanya terdapat dalam rambu-rambu K3 yang perlu diperhatikan oleh para pekerja. Dengan begitu keamanan dan keselamatan saat bekerja bisa terjamin. Untuk memberikan keselamatan ganda saat melakukan pekerjaan, Anda perlu menggunakan scaffolding agar beban dapat terbagi dengan rata. Anda bisa mencari sewa scaffolding murah di Indosteger dengan kualitas terbaik dan harga yang terjangkau. Dengan penjelasan ini semoga Anda jadi lebih memperhatikan rambu-rambu K3 proyek konstruksi yang terpasang di seluruh wilayah proyek.

Recent Articles