indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Mengenal Tabel Besi CNP dengan Tepat

Mengetahui tabel besi CNP akan sangat membantu Anda. Apalagi jika Anda membutuhkan kekokohan dan ketahanan, maka besi CNP atau kanal C adalah pilihan yang bagus. Besi CNP adalah baja tahan karat yang banyak digunakan dalam perdagangan dan industri. Besi jenis ini juga bisa digunakan sebagai material untuk membangun mesin dan peralatan di pabrik-pabrik. 

Penggunaan besi CNP ini banyak dipilih oleh orang-orang karena fleksibilitas komposisi yang tinggi, pembuatannya yang cepat, serta hemat biaya melalui kemungkinan prefabrikasi dalam produksi baja. Jenis besi ini biasanya dibuat dari skrap dan dapat didaur ulang kembali setelah digunakan sehingga dapat menjadi sumber daya baru yang dapat dilestarikan.

Jika Anda ingin menggunakan besi ini pada konstruksi bangunan seperti rangka atap, dinding, atau bagian lainnya, maka Anda harus tahu ukuran yang akan dibutuhkan. Berikut ini adalah tabel ukuran dari besi CNP yang akan bisa membantu Anda dalam memilih mana yang cocok untuk digunakan.

Daftar Tabel Besi CNP Terbaru April 2022

Besi CNP ini memiliki bentuk penampang yang menyerupai huruf C, yang menjadi asal dari namanya. Besi ini diproduksi dalam beragam ukuran atau dimensi, seperti:

Jenis

Dimensi

Tebal

CNP 60

60 x 30 x 10 mm

1,2 mm

CNP 75

75 x 35 x 15 mm dan 75 x 45 x 15 mm

1,6 dan 2,3 mm

CNP 100

100 x 50 x 20 mm

1,6, 2,3 dan 3,2 mm

CNP 125

125 x 50 x 20 mm

2,3 dan 3,2 mm

CNP 150

150 x 50 x 20 mm dan 150 x 65 x 20 mm

2,3 dan 3,2 mm

CNP 200

200 x 75 x 20 mm

3,2 mm

Besi jenis ini merupakan komponen yang diproduksi secara konvensional. Besi CNP memiliki permukaan yang lebar dan datar serta memiliki sudut siku-siku di kedua sisi. Tepi luar besi CNP berbentuk miring dan memiliki sudut radius.

Bagaimana Proses Pembuatan Besi CNP?

Baja galvalum yang berlapis krom akan menjadi salah satu bahan dasar pembuatan besi jenis ini. Untuk membuatnya akan diperlukan teknologi canggih, baik dari mesin maupun sistem komputer di dalamnya. Tahapan pembuatan dari besi ini sebagai berikut:

  • Pelat besi akan melalui proses pemotongan.

  • Terdapat proses penekukan hingga membentuk besi kanal yang sesuai ukuran.

  • Proses finishing berupa pendinginan akan menjadi langkah terakhir untuk bisa mendapatkan besi dengan struktur ketahanan yang baik.

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, besi jenis ini menawarkan daya tahan, selain itu permukaannya yang lebar dan rata membuatnya dapat memberikan “dukungan” yang baik. Bahkan besi CNP ini bisa digunakan untuk menahan dek jembatan dan alat berat lainnya. Kemampuan untuk menyerap gaya lentur dan gaya lain yang umumnya dapat mematahkan besi menjadi keunggulan dari besi CNP dibandingkan besi balok I dan balok H yang lebih kaku.

Apa Saja Beberapa Istilah Mengenai Besi CNP Yang Harus Anda Pahami?

Agar bisa mengenali dan memahami besi jenis ini dengan baik, maka Anda harus paham berbagai bagian dan istilah dari besi ini. Berikut ini adalah beberapa istilah yang bisa Anda pelajari.

1. Kedalaman

Dikenal juga sebagai kedalaman kanal, merupakan panjang antara bagian atas satu kaki balok ke bagian bawah kaki lainnya.

2. Lebar

Lebar keseluruhan balok ketika dalam posisi "C".

3. Ketebalan Kaki

Seberapa tebal bagian kaki dari besi GNC.

4. Ketebalan Web

Ketebalan web mengukur ketebalan bagian permukaan rata di antara kaki-kaki besi.

5. Radius Fillet

Ketebalan pada bagian siku-siku di sekitar kaki besi kanal C.

Apakah Besi CNP Memiliki Resistensi Yang Baik?

Besi CNP atau kanal C akan sangat menguntungkan jika digunakan pada aplikasi di luar ruangan. Baja ini memiliki sejumlah tambahan nikel, tembaga, atau kromium, sehingga menjadikannya memiliki ketahanan terhadap korosi yang sangat baik. Berat yang ringan dan tahan korosi membuat besi jenis ini sangat cocok jika digunakan untuk membangun menara, peralatan konstruksi, tiang lampu, dan banyak objek lainnya. Besi CNP dapat bertahan pada segala macam kondisi lingkungan.

Untuk Apa Saja Penggunaan Besi CNP?

Besi ini bisa digunakan dalam berbagai macam konstruksi karena ringan dan memiliki daya tahan yang baik. Beberapa bentuk penggunaan besi CNP adalah sebagai berikut ini.

1. Material Rangka Atap

Sebuah rangka atap harus punya daya tahan yang kuat, namun tidak terlalu berat agar tidak roboh. Besi CNP dinilai sangat cocok untuk tugas ini. Proses perangkaian atap menggunakan besi jenis ini juga tidaklah sulit sehingga tidak heran jika Anda bisa menemukan berbagai macam rangka atap yang terbuat dari besi ini.

Baca Juga: Mengenal Rangka Atap Besi CNP Untuk Bangunan Anda

2. Material Pagar

Besi CNP yang kokoh juga bagus sebagai material untuk membuat pagar yang tinggi. Bentuknya yang sederhana namun punya daya tahan yang baik menjadikan besi ini sebagai bahan pembuat pagar yang bagus.

Baca Juga: Mengenal Model Pagar Besi Unik Untuk Rumah Anda

3. Rangka Bangunan

Selain bagus sebagai rangka atap dan pagar, besi CNP juga bagus digunakan sebagai rangka bangunan. Ringan, tahan lama, dan anti korosi merupakan beberapa karakteristik yang sangat mendukung bagi sebuah rangka bangunan.

Itulah tabel besi CNP dan berbagai macam informasi berguna lainnya, Semoga hal ini akan bisa membantu Anda. Jika Anda sedang mencari besi CNP yang bagus untuk proyek bangunan, maka CNP Galvanis dari Indosteger adalah pilihan yang bagus. Kunjungi website kami sekarang juga untuk mendapatkan informasi terbaru, termasuk informasi tabel besi CNP!

Sumber: 

https://www.montanstahl.com/products/stainless-steel-structurals-bright-bars/stainless-steel-channels/c-channel-standard-asian-sizes/

https://www.pipingmart.com/blog/other/what-is-c-channel-steel/

https://www.punchlistzero.com/u-channel-vs-c-channel/

Recent Articles

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya