indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Daftar Ukuran Besi UNP Terbaru dan Spesifikasinya

Mengenal berbagai ukuran besi UNP akan menolong Anda dalam proses dari proyek yang sedang Anda kerjakan. Entah proyek membangun struktur tangga, anak balok, penutup dudukan atap, gardu listrik dan lain sebagainya. Perhitungan yang tepat akan menghemat biaya pembelian ulang karena ketidakcocokan besi UNP sebelumnya. Seperti kita tahu, besi UNP merupakan besi yang sering digunakan sebagai bahan konstruksi. Besi UNP atau biasa disebut dengan kanal U, merupakan besi berbentuk huruf U yang sangat kokoh, bahkan sudah memenuhi standar konstruksi dari Eropa.

Selain kuat, besi UNP sering kali dipilih karena tidak membutuhkan waktu yang lama dalam pemasangannya. Pemeliharaan atau maintenance pun sangat mudah dilakukan. Untuk menyambungkan besi yang satu dengan yang lain juga bisa menggunakan las. Jadi tidak mengherankan apabila besi UNP banyak digunakan dalam membangun suatu bangunan. Namun sebelum melanjutkannya, apakah Anda sudah mengenal karakter dari besi? Berikut ini sekilas penjelasan mengenai karakteristik dari besi. 

Mengenal Karakteristik Besi

Material besi merupakan material yang hanya dapat ditemukan di bagian kerak bumi. Pada awalnya besi tidak langsung berbentuk panjang seperti besi UNP dan bentuk besi lainnya. Besi awalnya ditemukan dalam bentuk bijih seperti magnetit dan hematit. Lalu besi harus melewati proses smelting, di mana proses ini akan menghilangkan atom oksigen dan menggabungkannya dengan atom lain seperti karbon. Proses smelting dilakukan dengan cara memanaskan bijih dengan suhu panas yang sangat tinggi, yang pada saat sudah meleleh akan ditempa dengan palu.

Besi yang sering kita lihat adalah hasil campuran material lainnya seperti nikel dan mangan yang akan menambah kekuatan besi, serta krom dan vanadium yang akan menambah kekerasan pada besi. Besi memiliki banyak manfaat dan kegunaan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya seperti bahan baku produk otomotif, perkakas rumah tangga, bahan konstruksi bangunan, perlengkapan listrik, mesin-mesin, alat berat dan lain sebagainya. Oleh karena itulah material besi hingga saat ini masih terus diproduksi, karena manfaatnya dibutuhkan dalam berbagai aspek kehidupan.

Baca Juga: Kegunaan dan Kekuatan Besi UNP

Daftar Ukuran Besi UNP

Setelah mengetahui karakteristik dari besi, kini kita menjadi mengerti mengapa besi merupakan material yang kuat bahkan disebut memiliki ketahanan terhadap angin kencang dan gempa. Berikut ini adalah daftar tabel ukuran besi UNP yang bisa Anda pilih.

Nama Produk

Ukuran

Berat 

Kanal UNP 5

50 x 38 x 5 mm

31 kg

Kanal UNP 6,5

65 x 42 x 5 mm

42 kg

Kanal UNP 7,5

75 x 40 x 5 mm

45,52 kg

Kanal UNP 8

80 x 45 x 6 mm

49 kg

Kanal UNP 10

100 x 50 x 5 mm

56,2 kg

Kanal UNP 12

120 x 55 x 7 mm

80 kg

Kanal UNP 12,5

125 x 65 x 6 mm

80 kg

Kanal UNP 14

140 x 60 x 7 mm

96 kg

Kanal UNP 15

150 x 75 x 6,5 mm

112 kg

Kanal UNP 16

160 x 65 x 7,5 mm

113 kg

Besi pada dasarnya sudah memiliki banyak kegunaan dan juga memiliki daya tahan yang sangat kuat. Hal ini termasuk besi UNP yang juga memiliki banyak kegunaan, khususnya dalam bidang konstruksi bangunan. Ukuran-ukuran yang ada di atas juga memiliki kegunaan yang berbeda-beda tergantung pada apa yang sedang Anda kerjakan. Apabila Anda sudah memutuskan ukurannya, Anda dapat membelinya di Indosteger. Untuk spesifikasi dan harga besi UNP galvanis Anda dapat memilihnya dengan mudah di website Indosteger. Semoga ukuran besi UNP di atas dapat membantu Anda menemukan ukuran dan berat yang sesuai dengan kebutuhan.

Recent Articles

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya