indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Menghitung Ukuran Besi untuk Tiang Rumah 1 Lantai

Menghitung ukuran besi untuk tiang rumah 1 lantai tidaklah sulit selama Anda mengetahui ukuran dasarnya. Berapa ukuran dasar besi untuk tiang rumah 1 lantai tersebut?

Melalui artikel ini, Indosteger akan memberikan informasinya khusus bagi Anda mengenai ukuran besi yang akan digunakan untuk membuat tulangan rumah dengan tinggi 1 lantai. Selain itu, ada juga informasi menarik lainnya yang perlu Anda pahami seputar tiang rumah.

Bagaimana Cara Menghitung Ukuran Besi untuk Tiang Rumah 1 Lantai?

Dalam pembangunan rumah 1 lantai dengan model sederhana, Anda perlu membuat kolom atau tiang dengan ukuran 15 x 15 cm. Untuk membuat kolom rumah dengan ukuran tersebut, maka Anda akan membutuhkan besi dengan diameter 10 mm dan ukuran begelnya 8 mm.

Pemasangan begel harus diberikan jarak sejauh 15 cm dan ketebalan cor dengan ukuran 1,5 cm. Patokan jarak begel ini dapat dihitung dari begel yang paling luar.

Apa Fungsi Tiang Rumah?

Perhitungan tiang rumah harus dilakukan dengan teliti dan tepat. Hal ini dikarenakan tiang rumah memiliki fungsi yang sangat penting yaitu untuk membagi beban total rumah secara merata ke seluruh pondasi rumahi.

Anda tentu paham bahwa rumah memiliki beban berat mulai dari titik yang paling atas yaitu atap, kemudian ceiling, tembok rumah, dan lainnya. Beban tersebut harus dibagi secara merata ke seluruh pondasi agar rumah dapat berdiri dengan kokoh dan tidak mudah roboh apabila terjadi gempa bumi.

Oleh karena fungsinya yang sedemikian penting, maka Anda harus dapat mendirikan tiang rumah yang tepat, sesuai dengan perhitungan di atas. Selain itu, Anda juga harus memilih bahan material berkualitas untuk memastikan bahwa rumah yang dibangun dapat berdiri dengan kuat.

Bagaimana Cara Memilih Besi yang Tepat untuk Tiang Rumah?

Setelah Anda mengetahui bagaimana cara menghitung ukuran besi untuk tiang rumah dengan tinggi 1 lantai, maka selanjutnya akan ada tips menarik yang penting untuk disimak. Berikut ini, ada 3 tips yang perlu Anda perhatikan dalam memilih besi yang tepat untuk tiang rumah, yaitu:

1. Pilih Besi dengan Label SNI

Tips pertama dalam memilih besi yang tepat untuk tiang rumah adalah carilah besi yang sudah memiliki label SNI atau Standar Nasional Indonesia. Besi dengan label SNI berarti sudah melalui pengecekan dan memenuhi standar yang telah ditentukan.

Baca Juga: Tabel Berat Besi Beton Polos dan Ulir Sesuai Ukuran

2. Tentukan Ukuran dan Jenis Besi yang Sesuai dengan Kebutuhan

Dalam memilih besi yang tepat, Anda harus mengetahui terlebih dahulu ukuran dan jenis yang dibutuhkan. Ada berbagai jenis besi yang dijual di pasaran seperti besi beton, besi hollow, plat besi, dan lain sebagainya,

3. Cek Kondisi Besi

Hal terakhir yang perlu diperhatikan dalam memilih besi yang tepat adalah Anda harus mengecek kondisi besi yang akan dibeli. Pastikan besi masih dalam kondisi yang baik, artinya tidak memiliki karat atau cacat lainnya.

Besi dengan kondisi yang kurang baik atau bahkan buruk dapat mempengaruhi hasil pembangunan rumah Anda. Rumah yang diharapkan dapat berdiri dengan kokoh tentu akan mengalami masalah apabila besi yang digunakan tidak dalam kondisi yang baik.

Jadi, itulah informasi yang dapat kami berikan untuk Anda. Sebagai informasi tambahan, Indosteger memiliki jasa sewa scaffolding murah yang dapat digunakan untuk pembangunan rumah Anda. Hubungi kami sekarang juga dan silakan gunakan informasi mengenai ukuran besi untuk tiang rumah 1 lantai yang dapat bermanfaat dalam pembangunan rumah Anda.

Recent Articles