indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Berapa Ukuran Ring Balok Untuk Rumah yang Anda Butuhkan?

Ketika sedang membangun rumah, salah satu hal yang harus Anda pahami adalah ukuran ring balok untuk rumah. Struktur sebuah bangunan, baik itu rumah, kantor, ataupun gedung lainnya, harus dilengkapi oleh sloof, kolom, dan ring balok (ring balk).

Ikatan gabungan dari ketiga struktur konstruksi tersebut harus dibangun dengan kualitas yang kuat, kaku, dan homogen. Jika tidak, struktur dari bangunan tersebut kemungkinan akan cepat roboh. Maka dari itu, hal ini harus Anda perhatikan.

Lalu, berapa ukuran ring balok untuk rumah yang direkomendasikan? Apa yang harus diperhatikan? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Apa Itu Ring Balok?

Ring balk atau biasa juga dikenal dengan ring balok atau balok ring adalah struktur bangunan yang terletak di atas dinding dan menjadi tumpuan atau penyangga rangka atap. Kontur dari ring balk sendiri biasanya dibuat seperti kontur dari sloof.

Baca Juga: 5 Faktor Penting dalam Perencanaan Konstruksi Rangka Atap Baja Ringan

Ring balk mengikat pasangan dinding satu sama lain yang dipisahkan oleh kepala plester dinding. Fungsi dari ring balk adalah untuk menahan tekanan dari rangka atap dan menyalurkan beban ke struktur lain yang posisinya di bawah, seperti tekanan yang diterima kaki kuda.

Berapa Ukuran Ring Balok Untuk Rumah Yang Ideal?

Agar bangunan yang sedang dibangun memiliki kualitas yang baik, maka ring balok harus memenuhi persyaratan yang dibutuhkan. Berikut ini adalah spesifikasi ukuran ring balok untuk sebuah rumah:

  • Ukuran ring balk (ring balok atau balok ring): minimal 12 cm x 15 cm

  • Diameter baja tulangan utama: 12 mm

  • Diameter tulangan batang baja: 8 mm

  • Jarak antar begel: 15 cm

  • Ketebalan selimut beton: 15 mm

Apa Saja Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memasang Ring Balok?

Ring balok biasanya akan dipasang pada rumah yang memiliki lebih dari satu lantai. Setiap desain dan bentuk rumah memiliki struktur yang berbeda serta kebutuhan material yang berbeda pula.

Maka dari itu, hal-hal di bawah ini harus Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membangun rumah dua lantai:

1. Tujuan dari Setiap Ruangan

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah tujuan atau peruntukan dari setiap ruangan. Misalnya, ketika Anda ingin membangun ruang tamu atau ruang keluarga, Anda bisa menggunakan ukuran kolom yang kecil dan tidak terlalu besar.

Pastikan juga ukuran beton untuk kolom rumah 2 lantai sudah sesuai dan aman, apalagi jika ingin membangun ruangan di lantai 2 yang lebih fungsional.

Baca Juga: Kiat Membuat Pondasi Rumah 2 Lantai

2. Rencana Renovasi Rumah

Sebelum masuk ke bahan dan material yang menopang struktur rumah, penting untuk memerhatikan rencana waktu penggunaan rumah. Misalnya, jika Anda berencana untuk merenovasi rumah Anda dalam waktu dekat maka pilihlah struktur kolom yang mudah dibongkar, seperti kolom profil baja.

3. Jarak Antar Kolom

Hal ketiga yang perlu diperhatikan adalah perhitungan jarak antar kolom rumah 2 lantai. Sebab, jarak antar kolom rumah 2 lantai sangat berpengaruh terhadap berat beban dan ukurannya. Misalnya, semakin lebar jarak, semakin besar bobot beban hingga ukuran masing-masing kolom.

4. Tinggi Kolom

Selain jarak, ketinggian kolom itu sendiri juga perlu diperhatikan. Untuk menghindari terjadinya patah, perlu diantisipasi faktor tekuk yang ada.

5. Material Kolom yang Digunakan

Setelah keempat hal tersebut, faktor lain yang memengaruhi ukuran kolom rumah 2 lantai adalah material kolom, apakah tersedia? Jika Anda sudah memiliki material seperti baja tulangan, Anda bisa langsung menyesuaikannya dengan desain kolom sesuai kebutuhan.

Pastikan tiang tersebut kuat dan aman untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti rumah roboh. Oleh karena itu, lakukan perhitungan secara akurat dan hati-hati jika diperlukan.

Baca Juga: Daftar Harga Besi Kolom Per Batang Sesuai Jenis dan Ukuran

6. Lokasi Rumah

Lokasi di mana Anda membangun rumah Anda juga tidak boleh luput dari perhatian! Tentunya akan berbeda persiapan dan perawatan yang dibutuhkan ketika membangun rumah di dataran tinggi dengan dataran rendah seperti pantai, di mana bangunan tersebut akan sering terkena air asin.

Demikian penjelasan mengenai ring balok yang dapat kami sampaikan. Jika Anda sedang mencari material bangunan seperti suri suri bekisting atau yang lainnya, Anda dapat menemukannya di Indosteger.

Semoga penjelasan mengenai ukuran ring balok untuk rumah pada artikel ini dapat dipahami dengan mudah dan dapat membantu Anda, ya!

Sumber:

https://www.pengadaan.web.id/2020/05/pengertian-ring-balk-dan-cara-pasangnya.html

https://www.hdesignideas.com/2016/06/struktur-utama-dan-ukuran-pada-bangunan.html

https://prospeku.com/artikel/ukuran-kolom-rumah-2-lantai---3802

Recent Articles

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya