indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Arti Warna Rompi Proyek Konstruksi

Dalam pengerjaan proyek konstruksi bangunan, ternyata ada arti warna rompi proyek yang berbeda-beda tergantung fungsinya. Penggunaan rompi proyek atau rompi keselamatan ini sangat penting. Jangan sampai pakaian keselamatan ini dilupakan karena menjadi satu kerugian tersendiri. Jadi, apa saja arti dari masing-masing warna rompi proyek ini? Mengapa disebut sebagai pakaian keselamatan visibilitas tinggi? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.
 

Arti Warna Rompi Proyek

Rompi keselamatan proyek adalah pakaian keselamatan visibilitas tinggi yang digunakan para pekerja dengan lingkungan kerja berat, seperti pekerja bangunan atau petugas lalu lintas. Pakaian keselamatan visibilitas tinggi menjadi sebutan dari rompi ini karena dapat mudah terlihat ketika digunakan siang dan malam hari. Selain itu juga mampu memenuhi persyaratan Performa Kelas 2 atau 3 dari publikasi ANSI / ISEA 107–2004 yang berjudul 'American National Standard for High-Visibility Safety Apparel and Headwear'.

Ada lima jenis rompi proyek, yaitu Performa Kelas 1, Performa Kelas 2, Performa Kelas 3, Performa Kelas E, dan Pakaian Keselamatan Publik. Mari dibedah satu per satu.
 

1. Performa Kelas 1

Performa Kelas 1 adalah rompi yang digunakan dalam ROW (Right-Of-Way) di bawah FHWA Worker Visibility Final Rule. Rompi ini memiliki jumlah minimum material yang dibutuhkan agar mampu membedakan pemakaianya dalam lingkungan kerja. Inilah yang membuat pemakainya kurang terlihat. 

Warna yang digunakan dalam rompi ini biasanya lime menyala, merah menyala, atau oranye menyala. Spesifikasi rompi Performa Kelas 1 adalah:

217 inci persegi background material
155 inci persegi retroreflective material atau combined-performance material
310 inci persegi combined-performance material jika tanpa background material

Baca juga: 7 Alat Keselamatan Kerja dan Fungsinya
 

2. Performa Kelas 2

Rompi jenis Performa Kelas 2 memberikan tingkat visibilitas lebih baik dibandingkan Performa Kelas 1. Biasanya rompi ini digunakan untuk para petugas lalu lintas atau para pekerja yang beraktivitas di jalan raya. 

Spesifikasi rompi Performa Kelas 2 adalah:

755 inci persegi background material
201 inci persegi retroreflective atau combined performance material
 

3. Performa Kelas 3

Rompi jenis Performa Kelas 3 memberikan visibilitas paling terbaik. Biasanya digunakan oleh para pekerja yang bekerja pada malam hari dan berada di kompleks lingkungan kerja dengan risiko tertinggi. 

Rompi ini memiliki pilihan lengan panjang dan pendek. Namun jangan salah sangka, karena rompi Performa Kelas 3 dapat dikombinasikan dengan jenis lainnya.

Spesifikasi rompi Performa Kelas 3 adalah:

1240 inci persegi background material
310 inci persegi retroreflective atau combined performance material

Baca juga: 6 Arti Warna Helm Proyek Sebagai Tanda Identitas Pengguna
 

4. Performa Kelas E

Pakaian keselamatan Performa Kelas E terhitung lengkap karena terdiri dari celana panjang, celana pendek, overalls, hingga gaiter. Namun dalam penggunaannya harus tetap dikombinasikan dengan Performa Kelas 2 atau 3. Spesifikasi dari Performa Kelas E adalah:

465 inci persegi background material
108 inci persegi retroreflective atau combined performance material
 

5. Pakaian Keselamatan Publik

Selain empat tipe di atas, masih ada satu tipe pakaian keselamatan, termasuk rompinya, yakni pakaian keselamatan publik. Pakaian ini biasa digunakan oleh petugas penegak hukum, layanan medis darurat, hingga pemadam kebakaran.

Warnanya sendiri cukup terang karena memang sengaja dirancang agar mampu memberikan visibilitas kepada pengguna, khususnya ketika malam hari. 

Jadi sekarang Anda sudah mengerti apa saja arti warna rompi proyek yang memang berfokus pada tingkat visibilitasnya. Namun tidak hanya perihal rompi, proses pembangunan proyek tidak boleh melupakan scaffolding. Anda dapat melakukan sewa scaffolding bersama Indosteger dengan kualitas layanan dan produk terbaik. Kunjungi Indosteger sekarang juga!

Baca juga: Kesalahan Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang Diabaikan

Recent Articles