indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Membedah Arti Warna Helm Proyek

Memakai helm dalam lingkungan proyek bukanlah perkara suka atau tidak suka; memakai helm di lingkungan proyek adalah sebuah kewajiban. Selain sebagai salah satu bentuk menjaga keselamatan kerja, helm proyek dapat menunjukkan siapa penggunanya. Tersedia dalam berbagai warna, ada beberapa arti warna helm proyek yang harus Anda pahami.

Mengapa Harus Memakai Helm Proyek?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penggunaan helm proyek dalam lingkungan proyek bukanlah perkara suka atau tidak suka. Dalam lingkungan yang berbahaya dan memang dapat menelan korban, penggunaan helm proyek merupakan hal yang wajib bagi seluruh pekerja.

Fungsi utama helm proyek adalah untuk melindungi kepala dari benda-benda asing yang mungkin jatuh dan melukai organ vital satu ini. Oleh karena itu, sudah seharusnya penggunaan helm proyek menjadi standar di lingkungan atau tempat kerja yang memiliki resiko kecelakaan kerja yang cukup tinggi.

Selain untuk menjaga keselamatan, helm proyek juga dapat membantu orang-orang untuk mengidentifikasi penggunanya. Hal tersebut tentu sangat penting bagi komunikasi di lingkungan proyek.

Baca Juga: 7 Alat Keselamatan Kerja dan Fungsinya di Lapangan

Apa Saja Arti Kode Warna Helm Keselamatan?

Total ada tujuh warna helm proyek dengan arti berbeda-beda. Anda mungkin sudah pernah melihat seluruh warna helm proyek tersebut. Biasanya ditemukan di dalam kawasan proyek konstruksi bangunan. Dengan digunakan selama berada di dalam kawasan proyek, maka ada perlindungan yang baik untuk menjaga kepala dari benturan benda-benda konstruksi. Jadi, apa saja arti dari masing-masing helm proyek?

1. Helm Proyek Warna Kuning Terang

Helm keselamatan warna kuning terang atau warna kuning telur ini biasanya digunakan oleh para pekerja umum di lapangan proyek konstruksi bangunan atau sub-kontraktor. Selain menggunakan helm berwarna kuning terang, biasanya juga dibarengi dengan mengenakan rompi berwarna sama ketika melakukan tugas di lapangan.

2. Helm Proyek Warna Biru

Helm keselamatan warna biru cukup mudah untuk ditemukan walaupun terhitung jarang. Biasanya helm proyek warna ini digunakan oleh pekerja lapangan dengan jabatan pengawas sementara, operator teknis (seperti teknisi listrik atau teknisi material kayu) atau supervisor lapangan dalam suatu kawasan proyek.

Operator teknis yang dimaksud di sini mencakup teknisi kelistrikan hingga tenaga ahli dalam bangunan kayu sehingga membutuhkan individu dengan kemampuan khusus

3. Helm Proyek Warna Hijau

Lalu, ada juga helm safety warna hijau. Warna helm ini tentunya akan membuat siapapun teringat pada lingkungan. Dan benar saja, warna helm proyek ini menunjukkan peran atau jabatan yang terkait dengan lingkungan sekitar proyek.

Orang yang memakai helm berwarna hijau bukan lain adalah pengawas lingkungan dan peneliti lingkungan untuk infrastruktur yang sedang dibangun. Oleh karena itu, pihak-pihak pengguna helm hijau sudah mengerti tentang keadaan lingkungan proyek tersebut.

Baca juga: K3 Adalah Jaminan Kerja , Apa Saja Cakupannya?

4. Helm Proyek Warna Merah

Helm safety warna merah memang terkesan milik pemadam kebakaran. Namun, tentu saja bukan itu. Ada helm proyek berwarna merah yang digunakan oleh para pengawas sistem pengamanan dalam kawasan proyek tersebut.

5. Helm Proyek Warna Putih

Helm proyek warna putih digunakan oleh individu dengan jabatan tinggi dalam kawasan proyek konstruksi bangunan. Contohnya, seperti jabatan insinyur, mandor, manajer, pengawas, hingga manajer proyek

Helm warna putih tidak hanya menunjukkan jabatan yang tinggi, tetapi juga pengetahuan serta tanggung jawab yang besar dalam manajemen proyek. Oleh karena itu, Anda tidak akan terlalu sering menemukan orang yang menggunakan helm keselamatan berwarna putih dalam kawasan proyek karena jumlah mereka memang sedikit.

6. Helm Proyek Warna Jingga

Arti warna helm proyek yang terakhir adalah warna jingga atau oranye. Warna ini terhitung jarang terlihat di dalam kawasan proyek, kecuali ada pengunjung. Ya, helm safety warna jingga hanya digunakan oleh orang-orang dari luar pekerja konstruksi. Biasanya, mereka berada di dalam kawasan proyek untuk meninjau proses pembangunan.

7. Helm Proyek Berwarna Oranye

Helm warna oranye ini umumnya digunakan oleh para tamu perusahaan yang datang ke tempat proyek. Namun, ada kalanya juga helm berwarna oranye ini digunakan oleh pekerja yang bertugas sebagai operator alat berat.

8. Warna Abu-Abu

Helm satu ini mungkin tidak akan terlalu sering terlihat di area konstruksi. Hal ini karena helm warna abu-abu adalah helm proyek yang digunakan bagi para pengunjung konstruksi yang ingin masuk ke area proyek.

9. Warna Merah Muda

Helm warna merah muda mungkin lebih dikenal oleh para mahasiswa. Hal ini karena helm warna merah muda adalah helm yang digunakan bagi para mahasiswa yang sedang melakukan magang. Tidak hanya bagi para mahasiswa magang, helm warna pink juga dikenakan oleh para pekerja konstruksi yang baru bergabung dengan tim.

10. Warna Cokelat

Helm warna cokelat adalah helm proyek yang digunakan bagi para pekerja yang bekerja yang terlibat dengan pekerjaan yang menghasilkan suhu tinggi, misalnya pengelasan.

Itulah informasi tentang masing-masing arti warna dari helm proyek yang memang berdasarkan jabatannya dalam kawasan proyek konstruksi bangunan. Helm proyek adalah bagian penting dalam mencegah terjadinya kecelakaan kerja. Selain untuk menerapkan K3, helm proyek memiliki fungsi untuk mengidentifikasi jabatan penggunanya berdasarkan warna helm.

Proses pembangunan konstruksi tidak mungkin berjalan lancar tanpa adanya scaffolding yang memberikan kemudahan. Anda bisa mendapatkan sewa scaffolding bersama Indosteger yang menawarkan barisan produk konstruksi bangunan. Kunjungi Indosteger untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. 

Baca juga: Kesalahan Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang Diabaikan

Recent Articles

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya