indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Bagaimana Cara Bikin Tangga dari Baja Ringan?

Ada begitu banyak cara bikin tangga dari baja ringan. Anda ingin tahu bagaimana cara membuat tangga tersebut?

Baja ringan merupakan salah satu material yang paling sering digunakan dalam konstruksi rumah. Material yang satu ini juga tentu saja dapat dimanfaatkan untuk membuat tangga di dalam rumah.

Baja ringan memiliki berbagai kelebihan dari segi penggunaannya yang kuat dan awet. Selain itu dari segi proses pemasangan juga cenderung lebih mudah karena baja ringan dapat dibentuk-bentuk sesuai dengan kebutuhan.

Melalui artikel ini, Indo Steger akan memberikan berbagai ide yang bisa Anda gunakan untuk membuat tangga dari baja ringan. Silakan simak informasi lengkapnya di bawah ini.

7 Cara Bikin Tangga dari Baja Ringan

Berikut ini, Anda akan menemukan 7 cara untuk membuat tangga dari baja ringan, yaitu:

1. Tangga Spiral

Cara membuat tangga dari baja ringan yang pertama adalah dengan membuat tangga spiral. Tangga spiral ini termasuk ke dalam salah satu jenis tangga dengan biaya pembuatan yang cenderung lebih murah dan juga proses pemasangan yang mudah.

Baja ringan sangat cocok untuk digunakan dalam pembuatan tangga spiral karena material ini mudah dibentuk-bentuk, terutama untuk bentuk spiral. Kekurangan dari bentuk tangga ini adalah Anda akan sulit memindahkan barang-barang yang berukuran besar atau berat dari lantai 1 ke lantai 2, maupun sebaliknya.

2. Tangga Klasik

Dalam pembuatan tangga klasik, baja ringan digunakan sebagai pegangan atau handrail. Beberapa kontraktor bahkan ada yang membuat berbagai kreasi handrail dengan membuat ukiran dari baja ringan tersebut.

3. Tangga Zig Zag

Anda suka dengan hal-hal yang unik, kreatif, dan estetik. Mungkin tangga zig zag dapat menjadi pilihan untuk Anda yang ingin membuat tangga dari baja ringan.

Tangga zig zag ini memiliki konsep di mana anak tangga yang terpasang setengah ukuran dari ukuran biasanya. Pemasangan anak tangga ini berbeda 1 level untuk setiap sisi.

Tangga zig zag sangat cocok dipasang dalam rumah dengan gaya modern minimalis. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa tangga ini akan sangat berbahaya bagi anak kecil sehingga tidak disarankan untuk dipasang di rumah dengan anak-anak di dalamnya.

4. Tangga Gantung

Selain tangga zig zag, ada juga tangga gantung yang tidak kalah estetiknya. Tangga gantung ini tidak memiliki tumpuan atau fondasi yang tertanam di tanah, melainkan bergantung pada plafon dan juga tembok.

5. Tangga dengan Railing Terpisah

Mirip dengan tangga gantung, tangga dengan railing yang terpisah ini juga tidak memiliki tumpuan yang menempel pada tanah. Akan tetapi, tangga ini hanya bertumpu pada tembok untuk setiap anak tangganya.

6. Tangga dengan Rak Penyimpanan

Beberapa orang suka memanfaatkan setiap sudut rumah agar tidak ada space yang terbuang dengan sia-sia. Sebagai contoh yaitu space yang ada di bawah tangga.

Space yang ada di bawah tangga tersebut dapat dimanfaatkan sebagai rak penyimpanan mulai dari buku, sepatu, bahkan televisi. Anda bahkan bisa memanfaatkan space tersebut sebagai gudang kecil.

7. Tangga Jaring-jaring

Cara terakhir untuk memanfaatkan baja ringan dalam pembuatan tangga adalah dengan membentuk tangga jaring-jaring. Konsep tangga jaring-jaring ini seperti yang sering Anda lihat pada tangga yang ada di pabrik-pabrik.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan untuk Anda. Apabila Anda ingin mencoba cara bikin tangga dari baja ringan di atas, silakan cek harga besi hollow dari Indo Steger dan cari besi hollow yang sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: Jenis-jenis Tangga di Dalam Rumah Minimalis

Recent Articles