indosteger@gmail.com   +62818716828

5 Perbedaan Baja Ringan dan Hollow untuk Proyek Konstruksi

Media
28 Nov 2023

Indosteger

Indosteger adalah platform jual dan sewa scaffolding dengan proses produksi menggunakan teknologi tinggi dan bahan berkualitas sehingga hasil produksi berstandard nasional.

Ketika sedang membangun sebuah konstruksi, tentu akan terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan, salah satunya adalah bahan-bahan material yang akan digunakan. Hal ini dilakukan agar Anda mendapatkan hasil bangunan yang kokoh dan tahan lama. 

Dalam dunia konstruksi sendiri, terdapat dua bahan material yang sering digunakan dalam membangun sebuah bangunan konstruksi, di antaranya adalah baja ringan dan hollow. Kedua bahan material tersebut memiliki beberapa perbedaan yang mendasar, berikut adalah beberapa perbedaan baja ringan dan hollow yang perlu Anda ketahui.

Apa Beda Baja Ringan vs Hollow?

Apa Beda Baja Ringan vs Hollow

Sebelum mengetahui perbedaan baja ringan dan hollow, Anda perlu mengetahui pengertian dari kedua jenis bahan material tersebut terlebih dahulu. 

Baja ringan merupakan salah satu bahan material konstruksi yang terbuat dari baja yang berkualitas tinggi dengan ketebalan yang lebih tipis jika dibandingkan dengan baja konvensional. Baja ringan sering digunakan sebagai bahan pembangunan atap, rangka plafon, partisi, dan rangka dinding.

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh baja ringan adalah kemudahannya dalam pemasangan, memiliki kemampuan anti karat sehingga bisa tahan lama, dan memiliki berat yang ringan sehingga dapat mengurangi beban struktur.

Sedangkan, hollow adalah bahan material konstruksi bangunan yang terbuat dari baja lembaran tipis yang dibentuk menyerupai pipa berongga panjang dengan diameter persegi panjang. Hollow biasanya digunakan sebagai bahan rangka atap dan rangka plafon, serta dinding dan partisi.

Bahan material hollow tentu juga memiliki beberapa keunggulan, di antaranya adalah mudah dibentuk, tahan terhadap beban berat, serta cocok untuk digunakan pada area atau tempat yang membutuhkan ketahanan yang lebih tinggi.

Melalui pengertian dari kedua bahan material tersebut, Anda sudah dapat mengetahui sedikit perbedaan baja ringan dan hollow. Tak hanya itu, baja ringan dan hollow juga memiliki beberapa perbedaan lainnya. Adapun beberapa perbedaan dari baja ringan dan hollow yang dapat Anda ketahui, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Pengaplikasian untuk Proyek Konstruksi

Bahan material baja ringan maupun hollow sebenarnya sama-sama bisa digunakan untuk keperluan pembangunan konstruksi, namun terdapat beberapa faktor yang membedakannya.

Baca Juga: Macam Macam Besi Pada Konstruksi Bangunan

Baja ringan merupakan salah satu bahan konstruksi yang hanya dapat digunakan untuk keperluan interior rumah, seperti plafon atau dinding. Sedangkan, hollow merupakan bahan konstruksi yang dapat digunakan pada berbagai macam kebutuhan konstruksi, baik untuk interior rumah maupun untuk eksterior rumah.

2. Variasi Ukuran yang Berbeda

Perbedaan baja ringan dan hollow juga terletak pada variasi ukuran yang dimilikinya. Secara umum, baja ringan memiliki dua variasi ukuran, yaitu ukuran 2x4 dan ukuran 4x4 dengan ukuran yang sebenarnya adalah 15x30 dan 30x30. Baja ringan sendiri biasanya memiliki panjang sekitar 4 meter.

Baca Juga: Tabel Besi Hollow serta Jenis dan Spesifikasi Besi Hollow

Berbeda dengan baja ringan, besi hollow memiliki berbagai macam ukuran yang berbeda, tidak seperti baja ringan yang memiliki ukuran yang sudah ditentukan. Karena variasi ukuran inilah yang membuat besi hollow lebih memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan baja ringan.

3. Lapisan Anti Karat

Walaupun baja ringan dan hollow sama-sama memiliki bentuk yang kotak atau persegi panjang dengan lubang kecil di tengahnya, namun kedua bahan material ini ternyata juga memiliki perbedaan lain yang cukup signifikan, yaitu perbedaan terhadap lapisan anti karat yang dimiliki oleh kedua bahan material tersebut.

Jika membicarakan mengenai lapisan tahan anti karat, maka baja ringan yang menjadi juaranya. Karena baja ringan memiliki lapisan anti karat yang membuat bahan material satu ini menjadi lebih awet dalam penggunaannya. Baja ringan juga dinilai memiliki daya tahan yang jauh lebih baik terhadap karat, meskipun menggunakan bahan baku galvalum. Dan apabila material baja ringan terbuat dari Zinium, maka ketahanannya terhadap karat atau korosi akan lebih baik.

Sedangkan, besi hollow yang terbuat dari besi dinilai tidak memiliki lapisan anti karat. Meskipun demikian, besi hollow juga memiliki bahan yang sangat kuat dan kokoh. Untuk menghindari besi hollow yang berkarat, Anda perlu melakukan pengecatan secara berkala terhadap besi hollow tersebut.

4. Keunggulan Material

Perbedaan baja ringan dan hollow terakhir yang perlu Anda ketahui terletak pada keunggulan dari kedua bahan material tersebut. Di mana, baik baja ringan maupun besi hollow sama-sama memiliki keunggulannya tersendiri.

Keunggulan yang dimiliki oleh baja ringan terletak pada tingkat kekuatan yang dimilikinya, mudah untuk dipasang, anti karat, dan memiliki berat ringan yang sangat berguna dalam mengurangi beban struktur.

Sedangkan, keunggulan besi hollow terletak pada kemampuannya dalam menahan beban yang lebih berat, tahan terhadap guncangan, dan cocok jika digunakan pada area yang membutuhkan ketahanan yang lebih tinggi.

5. Dana yang Dibutuhkan

Ketika hendak memilih antara besi hollow maupun baja ringan, tentunya Anda perlu mempertimbangkan dana yang Anda butuhkan. Dalam hal ini, penggunaan baja ringan dinilai lebih ekonomis daripada besi hollow. Harga baja ringan di pasaran relatif lebih murah, dan sifatnya yang tahan karat dan tidak mudah keropos membuatnya cenderung awet.

Pemasangan baja ringan pun lebih mudah, karena tidak perlu melalui proses pengelasan seperti besi hollow. Sehingga, jika dibandingkan dengan besi hollow, penggunaan baja ringan memerlukan biaya lebih rendah dibandingkan besi hollow.

Demikian informasi mengenai perbedaan baja ringan dan hollow yang dapat Anda ketahui. Melalui penjelasan di atas, Anda dapat mengetahui beberapa perbedaan dari baja ringan dan hollow. 

Jika Anda membutuhkan bahan material yang ringan, anti karat, dan tahan lama, maka Anda dapat memilih hollow baja ringan. Namun, jika Anda membutuhkan bahan material yang kuat terhadap beban berat, maka Anda dapat memilih besi hollow.

Untuk mendapatkan bahan material yang berkualitas, Anda bisa langsung saja mengunjungi website Indosteger yang merupakan sebuah platform penyedial bahan-bahan material berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Seluruh spesifikasi dari bahan material yang Anda butuhkan, mulai dari baja ringan, besi hollow, hingga harga hollow baja ringan 4x4 per batang bisa Anda temukan di website Indosteger. Segera hubungi tim Indosteger untuk mendapatkan informasi selengkapnya!

 

Sumber rujukan:

https://blkp.co.id/blogs/detail/apa-itu-hollow

https://www.adhyaksapersada.co.id/apa-itu-baja-ringan/ 

https://blkp.co.id/blogs/detail/hollow-baja-ringan-vs-besi-hollow

Artikel Terkait

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya
whatsappweb