indosteger@gmail.com   +62218294428

News

5 Cara Membangun Rumah dari Nol dengan Tepat

Memiliki rumah sendiri merupakan impian semua orang, baik itu membeli dari pengembang maupun bangun sendiri. Namun, bila Anda menginginkan desain rumah dengan konsep unik dan menarik, sebaiknya bangun rumah sendiri dari nol. Cara membangun rumah dari nol memang perlu banyak persiapan, tetapi jika dilakukan dengan tepat prosesnya akan lebih mudah. Yuk simak cara bangun rumah sendiri di bawah ini.

Bagaimana Cara Membangun Rumah dari Nol dengan Tepat?

Membangun rumah dari nol harus direncanakan dengan matang, karena banyak hal yang harus dipersiapkan. Mulai dari menentukan desain, membeli material, mencari pekerja, menghitung biaya pembangunan hingga menentukan durasi pembangunan. Supaya Anda mendapat gambaran bagaimana cara bangun rumah dari nol, simak pembahasan di bawah ini.

1. Tentukan Desain

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk bangun rumah dari nol yaitu menentukan konsep desain. Anda bisa mencari berbagai sumber dan referensi mengenai bentuk, model, dan desain rumah di internet. Alternatif lainnya Anda bisa menggunakan jasa arsitek untuk mendesain rumah impian. Anda bisa meminta desain dalam bentuk tiga dimensi supaya gambaran rumah terasa lebih nyata atau riil.

Baca Juga: Bagaimana Membuat Desain Arsitektur yang Unik?

2. Tentukan Material

Material termasuk komponen penting dalam pembangunan rumah, lantaran menjadi tolak ukur keawetan dan kekuatan rumah. Supaya rumah bisa kokoh dan tahan lama, Anda perlu menyeleksi bahan bangunan yang berkualitas, supaya konstruksi bangunan benar-benar kokoh. Mulai dari memilih pasir dan semen yang berkualitas, hingga memilih bahan atap rumah yang tahan terhadap berbagai kondisi suhu dan cuaca.

Baca Juga: 8 Bahan Mentah untuk Bangunan Kuat dan Kokoh

3. Mencari Pekerja atau Tukang Bangunan

Setelah menentukan desain dan material, Anda perlu mencari pekerja untuk memulai proses bangun rumah. Membangun rumah bukan pekerjaan yang mudah, sehingga Anda perlu mencari pekerja yang andal dan berpengalaman.

Baca Juga: Begini Cara Menghitung Upah Borongan Tukang Bangunan

Apabila memungkinkan, Anda bisa cari pekerja yang bisa diajak diskusi dalam proses pembangunan. Dalam hal ini, Anda bisa meminta saran dan masukkan mengenai desain dan konsep rumah dengan pertimbangan durasi pengerjaan.

4. Menghitung Biaya Pembangunan

Dalam menghitung biaya pembangunan rumah, Anda bisa hitung sendiri atau meminta bantuan kepada pekerja atau arsitek. Pasalnya, orang yang berpengalaman bisa memperkirakan kebutuhan berbagai material untuk pembangunan satu ruangan.

Baca Juga: Cara Membuat RAB Proyek Konstruksi dan Bangunan yang Baik

Sebagai contoh, arsitek bisa menghitung jumlah batu bata, semen, dan pasir untuk membuat fondasi rumah dengan tepat. Alhasil Anda memiliki perkiraan biaya pembangunan rumah hingga selesai, sehingga bisa mempersiapkan keuangan dari jauh-jauh hari. 

5. Menentukan Durasi Pengerjaan

Dalam menentukan durasi pengerjaan pembangunan, Anda perlu berdiskusi dengan pekerja atau arsitek. Desain dan konsep rumah yang Anda inginkan kiranya bisa selesai dalam berapa lama. Selain itu, proses pembangunan sebaiknya dilakukan di waktu yang tepat. 

Jangan sampai bangun rumah di musim hujan karena banyak halangan yang mungkin terjadi, salah satu contohnya yaitu pekerjaan yang tertunda ketika hujan tiba-tiba turun. Direkomendasikan untuk bangun rumah di akhir musim hujan, karena intensitas hujan akan mulai berkurang dan Anda bisa mulai memasang fondasi.

Apa Saja Tips Membangun Rumah dengan Hemat?

Membangun rumah dari nol memang membutuhkan dana yang besar. Mengingat berbagai bahan material juga harganya cenderung naik mengikuti kenaikan inflasi. Namun, bukan berarti rumah yang bagus harus selalu mahal. 

Jika Anda mengetahui tips bangun rumah dengan hemat, maka membangun rumah dengan biaya terjangkau tetap bisa diwujudkan. Berikut cara membangun rumah dari nol dengan biaya terjangkau yang bisa Anda jadikan referensi.

1. Buat Perencanaan Pembangunan Rumah

Rencanakan pembangunan rumah Anda mulai dari menentukan desain, memperhitungkan dana, ukuran bangunan, hingga target penyelesaian. Rencana ini bisa menjadi project control selama proses pembangunan rumah dilakukan. 

Jika ada rencana pembangunan yang melenceng, biasanya akan berimbas pada biaya yang perlu dikeluarkan. Sebagai contoh, durasi pembangunan yang molor sudah pasti akan menambah biaya tukang. 

2. Gunakan Desain Tipe Minimalis

Rumah dengan desain tipe minimalis sedang menjadi tren. Desain rumah minimalis memang lebih efisien, namun tetap terkesan mewah dan modern. Rumah dengan tipe ini lebih hemat ruang, sehingga tidak menghabiskan banyak bahan bangunan. Untuk mengimplementasikan desain rumah minimalis, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk jasa arsitek. Cukup dengan mencari informasi dan referensi di internet. 

3. Tentukan Bentuk Bangunan

Bentuk bangunan memengaruhi tingkat kesulitan pembangunan serta kebutuhan material. Rumah dengan bentuk persegi atau persegi panjang tentu lebih mudah dibangun dan cenderung hemat biaya. Umumnya, untuk membentuk beberapa sudut atau lengkungan akan menyisakan banyak material yang tidak terpakai. Selain itu, tingkat kesulitan bangunan bersudut lebih berisiko, sehingga bisa menyebabkan bentuk bangunan kurang sempurna. 

4. Lakukan Riset Harga Bahan Bangunan

Harga bahan bangunan akan terus mengalami kenaikan, sehingga penting untuk melakukan riset berbagai material yang dibutuhkan. Tujuannya tentu supaya bisa disesuaikan dengan dana yang tersedia. Penting juga untuk membandingkan harga bahan bangunan dari satu toko ke toko lainnya guna mendapat harga terjangkau dengan kualitas premium. 

5. Selektif Memilih Pekerja atau Tukang

Pastikan Anda menyewa jasa tukang yang andal dan berpengalaman serta memiliki reputasi kerja yang baik. Hal ini penting untuk diperhatikan, karena hasil kerja tukang akan berpengaruh pada efisiensi dan proses pembangunan rumah Anda. Dalam hal ini, Anda bisa bertanya rekomendasi tukang kepada rekan atau keluarga yang pernah membangun rumah juga. 

6. Mulai Membangun Rumah Secara Bertahap

Proses membangun rumah bisa dilakukan secara bertahap dan disesuaikan dengan dana yang tersedia. Anda bisa mulai bangun rumah dari pembuatan fondasi, pendirian bangunan, hingga pemasangan atap. Proses pembangunan bertahap dengan penyesuaian dana memang akan memakan waktu yang cukup lama. Tetapi, dana yang dikeluarkan bisa lebih teratur dan mudah dipantau.  

7. Gunakan Bahan Bangunan Lokal

Untuk mendapatkan material yang berkualitas tidak perlu mahal dan berasal dari luar negeri. Untuk menghemat biaya pembangunan, Anda bisa menggunakan bahan bangunan seperti semen, pasir, batu, kayu, dan lain sebagainya dari perajin lokal. Selain bahannya mudah ditemukan, harga yang ditawarkan pun jauh lebih terjangkau.

8. Membuat Ruangan Multifungsi

Rumah yang dibangun dengan banyak ruangan cenderung memakan biaya yang tidak sedikit, karena membutuhkan bahan bangunan yang lebih banyak. Untuk menghemat, Anda bisa membangun ruangan yang multifungsi. Sebagai contoh, Anda bisa bangun ruang tamu yang bisa dijadikan sebagai ruang keluarga. Kemudian dapur yang menyatu dengan ruang makan. 

Pembuatan ruangan multifungsi ini sesuai dengan desain dan konsep rumah tipe minimalis. Tidak membutuhkan banyak ruangan dan lebih hemat dalam penggunaan bahan bangunan, serta durasi pengerjaan yang bisa lebih cepat. 

Apakah Anda sudah cukup memahami bagaimana cara membangun rumah dari nol dengan tepat? Untuk mewujudkan rumah impian, Anda perlu merencanakan proses pembangunan dengan benar-benar matang. 

Selama proses pembangunan, pekerja atau tukang akan membutuhkan scaffolding untuk menjangkau media konstruksi pada ketinggian tertentu. Anda bisa sewa scaffolding murah di Indosteger dengan harga yang bisa Anda tawarkan sendiri. 

Konsultasikan mengenai kebutuhan alat perancah ini dan dapatkan harga istimewa dari Indosteger. Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. 

 

Sumber:

https://rumahistimewa.com/berita-cara-membangun-rumah-sendiri-dari-nol-sesuai-desain-impian-15 

https://www.cermati.com/artikel/8-tips-hemat-membangun-rumah-sendiri

Recent Articles

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya