indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Begini Cara Menghitung Upah Borongan Tukang Bangunan

Jika Anda sedang melakukan pembangunan, maka penting untuk Anda mengetahui cara menghitung upah borongan tukang bangunan. Biasanya, jika Anda melakukan pembangunan dengan sistem borongan, pembayaran yang dilakukan akan lebih mudah.

Maka dari itu, di sini kami akan menjelaskan kepada Anda bagaimana rumus atau cara menghitung upah borongan tukang bangunan dengan mudah.

Bagaimana Cara Menghitung Upah Borongan Tukang Bangunan?

Perencanaan keuangan dalam membangun rumah harus dipersiapkan dengan matang. Untuk itu, Anda harus mengetahui perhitungan upaya perencanaan anggaran untuk membangun rumah secara detail dan tidak over budgeting.

Biasanya ada dua cara kontraktor bangunan untuk menetapkan upah, yaitu:

  • Berdasarkan satuan meter persegi, meter lari, atau meter kubik.

  • Berdasarkan luas bangunan per meter persegi biasanya berkisar Rp2,5 juta hingga Rp4 juta per meter persegi, tergantung spesifikasi bangunan dan bahan yang digunakan.

Untuk jumlah pastinya, masing-masing kontraktor akan menetapkan tarif yang berbeda. Namun, untuk rumus menghitung upahnya tidak akan memiliki perbedaan. Berikut ini adalah rumus untuk menghitung tarif satuan berdasarkan total luas meter persegi bangunan:

Biaya Upah Borongan (BUB) = Harga Borongan x Luas Bangunan

Sebagai contoh, sebuah pembangunan di wilayah X memiliki upah borongan tukang bangunan sebesar Rp2,5 juta per m2. Keluarga A ingin membantu rumah di wilayah tersebut dengan total luas bangunan rumah 6 m x 6 m. Maka, perhitungan upah borongan tukang bangunannya adalah:

  • Harga Borongan: Rp2,5 juta per m2

  • Luas Rumah: 6 m x 6 m = 36 m2

  • Biaya Upah Borongan = Rp2,5 juta per m2 x 36 m2 = Rp90 juta

Harga tersebut sudah termasuk pekerjaan fondasi, pemasangan bata dan plesteran, pekerjaan rangka dan penutup atap, pekerjaan finishing, dan semua item pekerjaan yang telah disepakati sebelumnya.

Baca Juga: 10 Jenis Pondasi Bangunan yang Umum Diterapkan

Sedangkan jika Anda hanya menginginkan harga satuan untuk jasa tanpa bahan biasanya dihitung berdasarkan luas tanah untuk membangun rumah. Harga tersebut biasanya dapat mencapai Rp600 ribu menjadi Rp800 ribu per meter persegi. Namun, hal ini perlu disepakati dengan kontraktor sebelumnya.

Apa Saja Keuntungan Menggunakan Jasa Borongan?

Ada beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan jika memutuskan untuk menggunakan jasa borongan dibandingkan jasa kontraktor ketika hendak membangun sebuah rumah atau bangunan lainnya, antara lain:

  • Lebih mudah karena kontraktor akan mengurus semuanya, mulai dari membeli bahan bangunan, membayar upah pekerja, dan kebutuhan lainnya.

  • Kontraktor akan memberikan rincian harga grosir bangunan agar anggaran yang dikeluarkan lebih terarah dan dapat menghindari over budgeting.

  • Dapat menahan diri dari pemilihan material dan tetap konsisten dengan desain awal, sehingga biaya konstruksi tidak membengkak.

  • Proses membangun rumah menjadi lebih cepat, karena akan ada kesepakatan waktu pengerjaan hingga rumah benar-benar siap huni.

  • Anda akan tetap dapat mengontrol kualitas bangunan serta pengerjaan. Asalkan Anda mau untuk melakukan pengawasan secara langsung.

Baca Juga: Tahapan Proyek Konstruksi Bangunan yang Umum Digunakan

Apa Saja Tips Memilih Jasa Pemborong Yang Baik?

Saat membangun atau merenovasi rumah, tentunya Anda ingin semuanya berjalan sesuai rencana. Maka dari itu, penting untuk memilih orang yang tepat ketika Anda ingin membangun rumah menggunakan jasa borongan.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih jasa borongan yang tepat untuk membangun atau merenovasi rumah Anda:

  • Pastikan jasa borongan yang Anda pilih sudah terbukti dan tepercaya

  • Lihat rekam jejak proyek dari jasa borongan tersebut

  • Lihat apakah jasa borongan tersebut direkomendasikan oleh banyak orang

  • Minta estimasi Rencana Anggaran Bangunan (RAB) dan berapa lama waktu pengerjaan sebelum memutuskan untuk memilih jasanya

  • Jangan ragu untuk meminta garansi ketika proyek yang dikerjakan sudah selesai

Demikian penjelasan mengenai jasa borongan yang dapat kami sampaikan. Jika Anda sedang mencari tempat untuk sewa scaffolding untuk proyek pembangunan, Anda dapat menemukannya di Indosteger.

Semoga penjelasan mengenai cara menghitung upah borongan tukang bangunan dalam artikel ini dapat membantu Anda, ya!

Recent Articles