indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Seperti Inilah Cara Membuat Tangga Kayu Minimalis Untuk Rumah Anda

Cara membuat tangga kayu minimalis bukanlah hal yang sulit untuk dipelajari. Dalam rumah yang memiliki lebih dari satu tingkat, tangga mau tidak mau menjadi bagian penting dari dekorasi. Tangga sering digunakan sebagai titik fokus, sebagai bagian aksen dan merupakan bagian penting dari arsitektur dan desain rumah. Mengubahnya menjadi detail dekorasi yang indah. Ada banyak sekali strategi, bentuk dan desain yang bisa digunakan untuk tangga dan sama pentingnya dengan materialnya. Berikut ini, adalah cara membuat tangga dari bahan kayu yang minimalis untuk rumah Anda.

Garis yang bersih, reduktif, rapi, monokromatik, sederhana, "less is more" adalah beberapa istilah dan konsep yang langsung muncul ketika berbicara mengenai minimalis. Desain minimalis adalah tentang memprioritaskan sesuatu yang esensial. Sebuah bangunan, objek, atau desain interior minimalis akan berfokus pada fungsi intinya, diwujudkan dengan menggunakan bahan yang terbatas, warna netral, bentuk sederhana, dan menghindari ornamen berlebihan. Desain minimalis mungkin tampak sederhana dan mudah, namun untuk mencapai kesederhanaan yang kuat semacam ini sama sekali tidak mudah. Popularitas desain minimalis terus tumbuh sepanjang abad terakhir, dipraktekan dalam berbagai medium. Salah satunya adalah pada model tangga kayu.

Sebagian besar tangga tradisional terbuat dari kayu. Ini memberikan keanggunan yang dibutuhkan untuk menonjol tetapi juga menjadikannya bagian yang menyenangkan dari dekorasi. Hal ini karena kemampuan alami kayu untuk menambahkan kehangatan dan tekstur pada apa pun. Ada juga banyak desain modern untuk tangga kayu. Tangga kayu yang menakjubkan dapat mengubah seluruh tampilan rumah. Ini dapat membuat perbedaan antara dekorasi sederhana. Jika digabungkan dengan konsep minimalis, hal ini bisa menciptakan kesan yang unik.

Sebelum memulai tahapan pembuatan, mari kita mengenal berbagai bagian dari sebuah tangga.

  • Step/Anak Tangga: Bagian pada tangga yang terdiri dari tapak dan riser alisa bagian vertikal dari anak tangga yang memungkinkan Anda untuk naik dan turun dari satu lantai ke lantai lainnya.
  • Tapak: Bagian atas horizontal dari anak tangga tempat kaki ditempatkan di tangga ketika ingin naik ataupun turun.
  • Riser: Bagian vertikal dari anak tangga yang menopang tapak.
  • Landing/Bordes: Sebuah platform atau tempat berpijak yang disediakan.
  • Pelat tangga: Bagian yang akan menjadi tempat letak dari anak tangga.

Satu aturan baku ketika ingin membuat tangga adalah, setiap ketinggian maksimum 12 anak tangga (setinggi 1,5 – 2m) harus dibuat bordes alias landing, platform datar yang cukup luas untuk tempat berhenti sebelum melangkah ke tangga selanjutnya.

Baca juga: cara menghitung sudut kemiringan tangga
 

Cara Membuat Tangga Kayu

Setelah mengenal bagiannya, mari kita perhatikan tahapan pembuatan tangga kayu minimalis.
 

1. Memilih bahan kayu

Ada banyak jenis kayu yang bisa digunakan untuk membuat tangga kayu. Ada kayu kenari, kayu besi, kayu ek, dan lain-lain. Selain tangga kayu alami 100%, ada juga tangga yang terbuat dari kayu industri
 

2. Merancang tangga kayu yang cocok untuk ruang

Untuk rumah yang lebih kecil, desain tangga kayu harus memastikan persyaratan horizontal agar tidak mempengaruhi kualitas bangunan. Untuk desain minimalis, Anda bisa memilih desain yang multifungsi, atau bentuk tangga putar.
 

3. Buat tangga kayu

Setelah pilihan material serta desain ruang tangga yang sesuai dengan area rumah, langkah terakhir adalah menyempurnakan desainnya. Bisa melalui outsourcing dan memilih tenaga konstruksi atau membuatnya sendiri jika

Anda memiliki kemampuan yang tepat.

Nah, itulah cara membuat tangga kayu yang minimalis. Semoga informasi mengenai cara membuat tangga kayu minimalis ini berguna dan jika Anda membutuhkan tangga scaffolding dalam pembangunan tangga, maka Indosteger jual tangga scaffolding khusus. Yuk, kunjungi website kami sekarang juga! 

Baca juga: Cara Menghitung Volume Tangga dengan Mudah dan Akurat

Recent Articles