indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Inilah Cara Menghilangkan Lem Besi di Tangan dengan Mudah

Jangan melakukan cara menghilangkan lem besi di tangan secara sembarangan. Lem besi yang menempel harus dibasmi menggunakan tips yang sesuai kesehatan kulit.

Pekerjaan proyek yang awalnya simpel jadi berantakan karena ada lem besi yang menempel di tangan. Saat dihadapkan kondisi ini, Anda pasti berpikir untuk menghilangkan dengan cara mengelupasnya. Ternyata, lemnya menempel lebih kuat sehingga sulit untuk dihilangkan. Jangan khawatir, Indosteger akan memberikan beberapa tips menghilangkan lem besi yang aman.

Bagaimana Cara Menghilangkan Lem Besi di Tangan yang Aman?

Kandungan utama lem besi, yakni sianoakrilat, sebenarnya tidak berbahaya untuk kulit. Lem besi malah berbahaya karena berpotensi merusak saluran pernafasan, termasuk mata dan mulut. Itulah alasan lem besi harus digunakan di ruangan terbuka atau setidaknya memiliki ventilasi. Penggunaan alat ini juga harus disertai masker atau face shield agar tidak mengenai bagian wajah.

Langsung mengopek lem besi dari kulit bukanlah solusi aman untuk menghilangkannya. Yang ada, lapisan luar kulit malah ikut terkelupas. Masalah kulit seperti luka, terbakar, kulit kemerahan dan lain-lain merupakan efek samping dari tips ini.

Bagaimana cara menghilangkan lem besi di tangan dengan mudah dan aman? Ikuti berbagai saran di bawah ini.

1. Rendam di Air Hangat

Lakukan cara ini apabila lem yang menempel di tangan belum mengering atau masih dalam keadaan basah. Caranya, tuang air hangat ke dalam ember, kemudian larutkan sabun cair atau detergen. Rendam tangan yang terkena lem dan biarkan hingga lemnya meluruh. 

Pijat area tersebut dengan lembut hingga lemnya bisa dikelupas. Keringkan dengan cara diangin-anginkan, jangan menggunakan tisu karena akan menempel di kulit. Hentikan tips ini apabila terjadi iritasi.

2. Gunakan Cairan Aseton

Cairan aseton yang biasa digunakan sebagai pembersih pipa air ini biasa ditemukan di penghilang cat kuku (nail polish remover). Pilihlah nail polish remover yang tidak menimbulkan reaksi alergi kimia saat bersentuhan dengan lem besi. Agar lebih aman, jangan menggunakan aseton bersamaan dengan kapas,

Anda cukup merendam tangan ke dalam mangkuk berisi nail polish remover dan biarkan hingga lemnya mengelupas. Segera cuci tangan dengan sabun apabila sudah selesai agar terhindar dari iritasi.

3. Gunakan Air Perasan Lemon

Lemon memang dikenal sebagai bahan rumahan multifungsi. Anda dapat menggunakan lemon untuk mengatasi pipa tersumbat hingga menghilangkan lem besi.

Kandungan asam dalam lemon sangat membantu membasmi lem besi, mulai dari area kecil hingga besar. Tipsnya masih sama, yakni rendam tangan ke air perasan lemon selama 5-10 menit.

Kemudian, gunakan sikat gigi lembut untuk menggosok air perasan lemonnya. Gunakan lap kering setelahnya untuk melepaskan lemnya dan cuci tangannya hingga bersih. Jika tangannya kering, disarankan untuk menggunakan pelembab.

4. Gunakan Larutan Lemak

Lemak seperti mentega atau minyak juga menjadi alat yang ampuh untuk melepaskan lem dari tangan. Untuk menghilangkannya, rendam tangan di air panas terlebih dahulu.

Gosokkan mentega atau minyak ke area yang terkena lem untuk menghilangkannya. Apabila belum hilang, pijat area tersebut dengan minyak. Jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun hingga bersih.

5. Pakai Penghilang Lem

Carilah produk penghilang lem besi yang tidak membahayakan kulit. Namun, pastikan kulit Anda aman dari iritasi untuk menggunakannya.

Sama seperti cairan aseton, produk ini bisa berbahaya apabila tidak digunakan dengan tepat. Kalaupun Anda ingin mencoba langkah ini, lakukan dengan hati-hati agar pernafasan tidak terganggu.

Lima cara di atas bisa Anda simpan untuk mengantisipasi kejadian serupa pada masa datang. Anda bisa mendapatkan besi hollow galvanis berkualitas hanya di Indosteger untuk pekerjaan proyek berikutnya. Kami memberikan harga besi hollow galvanis 4x8 yang bersaing dan serupa dengan kualitasnya. Dapatkan produknya hanya di Indosteger, supplier besi hollow terdepan di Indonesia.

Jangan lupa untuk mengaplikasikan cara menghilangkan lem besi di tangan di atas saat bekerja dengan material ini.

Sumber:

https://www.medicalnewstoday.com/articles/323532

Recent Articles

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya