indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Rumus Anak Tangga Agar Tidak Salah Konstruksi

Rumus anak tangga merupakan salah satu rumus dalam dunia konstruksi yang wajib dihafal, terutama saat membangun rumah atau gedung bertingkat. Pasalnya, pembangunan tangga juga harus melewati penghitungan yang matang, terutama untuk anak tangganya.

Dulu, tangga hanyalah elemen tambahan dalam membangun rumah, karena rumah dua lantai saat itu dianggap sebagai properti yang mewah. Melihat rumah dua lantai atau gedung bertingkat lainnya, orang zaman dulu langsung berpikir bahwa properti ini hanya bisa dimiliki oleh orang tertentu. Kini, banyak sekali rumah dua lantai yang bisa ditemukan di perkotaan beserta berbagai jenis tangga yang dapat digunakan.

Rumah yang dibangun dengan KPR subsidi pun diperbolehkan untuk direnovasi secara vertikal. Bahkan hunian di lahan sempit pun juga dibuat berlantai sehingga bisa ditempati oleh anggota keluarga dengan jumlah yang banyak. Tentu saja, butuh tangga sebagai penghubung antara ruangan yang ada di atas dengan lantai di bawahnya.

Berbagai Rumus Anak Tangga yang Harus Dipahami Kontraktor

Meskipun tangga populer digunakan sebagai elemen bangunan saat ini, bukan berarti kita harus penghitungan dan keselamatan dalam pembangunannya. Justru tangga harus dibangun dengan benar sehingga nyaman dilewati oleh penghuni rumah. Kesalahan dalam penghitungan atau merancang tangga bisa mengakibatkan ketidaknyamanan.

Apalagi kalau misalnya ruangan esensial yang ada di rumah berada di tingkatan yang berbeda. Misalnya, kamar tidur anak berada di lantai dua, sedangkan dapur dan ruang makan di lantai pertama. Karena sering dilalui, ada beberapa aspek dalam tangga yang harus diperhatikan saat membangunnya.

Sebenarnya, rumus anak tangga hanya berlaku untuk menghitung jumlahnya, karena ada rekomendasi dari Indosteger mengenai ukuran anak tangga yang ideal untuk dibangun. Baik untuk interior maupun eksterior, gunakanlah beberapa patokan ukuran untuk membangun anak tangga di bawah ini agar keamanan tetap terjaga.

1. Tinggi Anak Tangga

Tinggi antar anak tangga (trap) maksimal 20 cm, sehingga tidak terlalu tinggi saat dilangkahi. Adapun ukuran minimalnya adalah 16 cm, angka ini tergolong nyaman untuk dilewati oleh orang dewasa setinggi 150 cm, tinggi badan rata-rata orang Indonesia pada umumnya.

2. Lebar Anak Tangga

Lebar anak tangga (trap) maksimal antara 27-30 cm, menyesuaikan dengan lebar telapak kaki orang dewasa pada umumnya. Bila kurang dari angka tersebut, tangga menjadi terlalu sempit dan bisa berisiko terjatuh.

Untuk gedung dengan fasilitas umum, biasanya menggunakan lebar anak tangga sepanjang 30-35 cm.

3. Lebar Tangga

Ada pun lebar tangga adalah jarak antara railing dengan dinding sehingga bisa dilewati oleh banyak orang dalam waktu bersamaan. Sebaiknya disesuaikan pula dengan aktivitas naik turun yang sering terjadi di dalam rumah.

Agar bisa dilalui satu orang, buat tangga selebar 70 hingga 90 cm. Bila ada dua orang yang menggunakan anak tangga secara bersamaan, buat ukurannya selebar 120 hingga 150 cm.

Baca Juga: Ketahui Ukuran Tangga Rumah Minimalis yang Tepat

4. Bordes

Tangga berbentuk letter L atau sirkular biasanya dipasangi bordes sebagai tempat istirahat atau ‘pit stop’ saat naik turun tangga. Panjangnya bisa bervariasi, biasanya berukuran mulai dari 100 cm, tergantung dengan space yang ada di dalam rumah.

5. Railing

Railing ini menjadi bagian yang penting dalam keamanan tangga, sehingga mengurangi risiko terjatuh saat menaikinya. Untuk railing, buatlah setinggi 70-90 cm sehingga mudah dijangkau saat menaiki tangga. Pastikan bagian railing tidak kosong, sehingga anak kecil yang naik turun tangga tetap aman.

6. Jumlah Anak Tangga

Rumus anak tangga inilah yang harus diperhatikan. Untuk menghitungnya, gunakan rumus: tinggi tangga dibagi dengan tinggi anak tangga, kemudian dikurangi satu atau (h/t)-1.

Setelah selesai menghitung rumus anak tangga, langkah yang harus diperhatikan adalah keselamatan dalam pembangunannya. Gunakan tangga scaffolding dari Indosteger agar keselamatan para pekerja dalam membangun konstruksi tetap terjaga dan informasi rumus anak tangga dapat Anda manfaatkan.

Recent Articles