indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Ketahui Cara Menghitung Biaya Cor Dak Bondek yang Mudah

Anda harus memahami cara menghitung biaya cor dak bondek sebelum mulai eksekusi pembangunannya. Pekerjaan konstruksi membutuhkan biaya yang tidak sedikit sehingga dibutuhkan anggaran pembangunan rumah. Anggaran bertujuan untuk menjaga biaya pembangunan agar tidak keluar dari jalur.

Bondek menjadi pilihan material yang menguntungkan untuk membuat struktur atau tulangan beton dibandingkan papan biasa. Sayangnya, masih banyak yang menganggap harga bondek tidak terjangkau. Anggapan tersebut lahir karena kurangnya perhitungan dan perencanaan saat menggunakan bondek. Indosteger menjelaskan penghitungan biaya cor dak bondek di artikel ini agar tidak ada lagi kekeliruan.

3 Cara Menghitung Biaya Cor Dak Bondek dengan Efisien

Bondek dibuat untuk mengonversi ketebalan cor beton. Material ini terbuat dari pelat baja ringan dan galvanis. Bondek dipasang sebagai bahan pelapis bagian bawah untuk proses cor dak bondek. Bentuknya yang bergelombang dan memiliki tonjolan membuat bondek sering dijadikan struktur tulangan beton.

Penggunaan bondek harus dilengkapi dengan wiremesh. Jika bondek digunakan untuk melapisi bagian bawah, wiremesh diaplikasikan di bagian atasnya. Wiremesh berfungsi agar struktur bangunan semakin kokoh dan tidak mudah goyah.

Anda harus tahu bahwa bondek memiliki ukuran yang bervariasi di pasaran. Panjang bondek yang ada di pasaran adalah: 3 meter, 4 meter, 6 meter, dan 8 meter. Lebarnya juga beragam, mulai dari 60 cm, 70 cm, 80 cm, dan 1 meter. Terakhir, spesifikasi ketebalan bondek berkisar dari 0,65 mm; 0,70 mm; dan 0,75 mm.

Setelah mengetahui variasi ukuran bondek, waktunya untuk melakukan penghitungan biaya cor dak bondeknya. Proses cor dak ini membutuhkan material berupa bondek, wiremesh, semen, pasir beton dan batu split. 

1. Tentukan Kebutuhan Bondek dan Wiremesh

Langkah pertama adalah carilah kebutuhan masing-masing material tersebut untuk bangunan Anda, terutama untuk bondeknya. Lakukan penghitungan jumlah lembar bondek dengan membagi luas pengerjaan ruangan dan panjang bondeknya. 

Misalnya, Anda ingin mengedak ruangan dengan luas 6x6 meter, dengan spesifikasi bondek yang dipilih adalah 1m x 6m x 0,75 mm. Penghitungannya adalah (6x6):6, dibutuhkan 6 lembar bondek untuk proyek ini.

Rumus yang sama juga digunakan untuk menghitung wiremesh. Misalnya, luas wiremesh yang dipilih adalah 10 meter persegi. Penghitungannya: (6x6):10 jadi 3,6, bulatkan menjadi 4. Anda membutuhkan 4 lembar wiremesh untuk proyek ini.

Material lainnya seperti semen, pasir beton, dan batu split bisa Anda atur sendiri.

2. Kalikan dengan Harga Material Terkini

Langkah kedua, Anda harus mencari harga bondek dan wiremesh yang sedang berlaku di pasaran. Harga bondek 6 meter per lembarnya saat ini Rp672.000,- dan harga wiremesh Rp149.000,- per lembar.

Kalikan dengan kebutuhan jumlah bondek dan wiremesh yang telah dihitung. Anda akan mendapatkan total biaya materi yang dibutuhkan.

3. Pertimbangkan Biaya Lainnya

Biaya tadi belum termasuk material pengecorannya. Anda juga harus menghitung biaya lain-lain yang esensial, seperti biaya tukang, penyediaan peralatannya, dan sebagainya.

Baca Juga: Cara Membuat RAB Proyek Konstruksi dan Bangunan yang Baik

Proses cor dak bondek dibutuhkan untuk rumah dan bangunan bertingkat lainnya. Salah satu alat yang dibutuhkan adalah steger agar bisa mencapai ketinggian tertentu. Anda bisa sewa steger dengan terjangkau hanya di Indorental untuk meminimalisir kelebihan anggaran ini.

Anda harus melakukan riset harga material terkini secara akurat. Pilih bahan bangunan yang terjangkau dan berkualitas tinggi agar anggarannya tidak jebol. Cara menghitung biaya cor dak bondek di atas akan menghasilkan angka yang tepat kalau Anda selektif memilih materialnya.

Recent Articles