indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Harga Besi Pipa Galvanis dan Sewa Perbulan Sesuai Ukuran

Besi pipa galvanis menjadi salah satu bahan konstruksi bangunan yang cukup populer. Jenis pipa yang satu ini memiliki sejumlah kelebihan sehingga membuatnya cukup disukai oleh banyak orang. Jika Anda tertarik untuk menggunakannya, ketahui dulu kelebihan, kegunaan, serta harga besi pipa galvanis per ukuran berikut ini.

Apa itu Pipa Besi Galvanis?

Pipa besi galvanis adalah pipa besi yang memiliki lapisan yang terbuat dari seng untuk membantu mencegah korosi. Pipa besi galvanis sekarang sudah semakin marak digunakan dalam kegiatan konstruksi disamping pipa PVC.

Pipa besi galvanis sendiri memiliki dua jenis: galvanis medium A dan B. Perbedaan di antara keduanya adalah ketebalan pada dinding pipa. Kedua jenis pun memiliki berbagai ukuran dan pilihan dimulai dari ketebalan 1 mm.

Dikarenakan sifatnya yang multifungsi, perbedaan ketebalan ini menjadi hal yang krusial dalam memilih jenis pipa galvanis. Dengan ketebalan yang bagus, pipa galvanis pilihan Anda akan semakin kuat, dan akan semakin anti karat. Walaupun begitu, tetap perhitungkan kebutuhan konstruksi Anda bukan hanya semata-mata memilih jenis pipa galvanis yang paling tebal.

Di antara keduanya, pipa galvanis medium A memiliki ketebalan lebih dibanginkan galvanis medium B. hal ini membuat harga pipa besi galvanis medium A menjadi lebih mahal. Tentunya dengan harga yang mahal juga diikuti oleh kualitas dalam segi durabilitas dan sifat anti karat yang lebih kuat.

Apa Perbedaan Pipa Hitam dan Pipa Galvanis?

Pipa besi galvanis tidak hanya sering dibandingkan dengan pipa PVC tetapi juga pipa hitam. Pipa hitam adalah pipa yang terbuat dari bahan baja hitam. Pipa jenis ini banyak digunakan di perumahan atau bangunan untuk mengangkut gas alam. Selain itu, pipa hitam juga bisa digunakan sebagai instalasi listrik atau saluran air.

Salah satu perbedaan utama pipa hitam dan pipa galvanis adalah lapisan seng pada kulit pipa. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bagian luar pipa galvanis dilapisi oleh seng. Hal ini membuat pipa galvanis memiliki daya tahan yang lebih lama daripada pipa hitam serta membuatnya lebih mahal dari harga pipa besi hitam.

Walaupun begitu, hal ini juga menyebabkan pipa galvanis tidak cocok untuk digunakan sebagai pipa yang mengangkut gas. Oleh karena itu, tentukan dulu kebutuhan Anda sebelum memilih jenis pipa untuk digunakan di konstruksi Anda.

Baca juga: Cara Menyambung Pipa Galvanis

Daftar Harga Pipa Besi Galvanis

Harga besi pipa galvanis juga cukup beragam sesuai dengan besaran ukuran pipa besi Galvanis

Diameter panjang tebal harga jual harga sewa perbulan 
1.5 inch 6 meter 3.2 mm 390,000 30,000
1.5 inch 1 meter 3.2 mm 70,000 10,000
1.5 inch 1.5 meter 3.2 mm 110,000 12,500
1.5 inch 2 meter 3.2 mm 135,000 15,000
1.5 inch 2.5 meter 3.2 mm 170,000 17,000
1.5 inch 3 meter 3.2 mm 200,000 20,000
1.5 inch 3.5 meter 3.2 mm 235,000 23,500
1.5 inch 4 meter 3.2 mm 265,000 26,000
1.5 inch 4.5 meter 3.2 mm 300,000 28,000
1.5 inch 5 meter 3.2 mm 330,000 30,000
1.5 inch 1 meter 2.4 mm 60,000 6,000
1.5 inch 1.5 meter 2.4 mm 90,000 7,000
1.5 inch 2 meter 2.4 mm 115,000 8,000
1.5 inch 2.5 meter 2.4 mm 145,000 10,000
1.5 inch 3 meter 2.4 mm 170,000 12,500
1.5 inch 3.5 meter 2.4 mm 200,000 15,000
1.5 inch 4 meter 2.4 mm 225,000 18,000
1.5 inch 5 meter 2.4 mm 280,000 22,000
1.5 inch 6 meter 2.4 mm 330,000 25,000

Apa Saja Kelebihan Pipa Galvanis Dibandingkan Pipa Lainnya?

Pipa galvanis memang cukup populer karena memiliki berbagai kelebihan yang tidak dimiliki oleh jenis pipa lainnya. Kualitasnya juga sangat baik, sehingga selalu digemari oleh banyak orang untuk dijadikan bahan konstruksi seperti untuk membuat saluran dan sebagainya. Jika Anda belum mengetahui apa saja kelebihan dari pipa galvanis, coba simak dahulu ulasannya berikut ini.

1. Tahan Lama

Salah satu kelebihan dari besi pipa galvanis yang paling utama adalah sifatnya yang tahan lama. Pipa besi galvanis memang dibuat dari bahan berkualitas, yaitu dari bahan besi yang dicampurkan dengan seng. Bahkan, saat pipa jenis ini digunakan di dalam tembok, tentunya akan membuat bangunan menjadi lebih kuat.

2. Harga Terjangkau

Kelebihan lain dari besi pipa galvanis adalah harganya yang cukup terjangkau. Daya tahan dari besi pipa galvanis sangat baik, sehingga bisa tetap awet lebih lama. Jika dibandingkan dengan pipa PVC, memang harga pipa besi galvanis terbilang cukup mahal. Namun, kualitasnya sekali lagi tidak perlu Anda ragukan lagi. Jadi, jika memang Anda ingin menggunakan bahan yang berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau, maka bisa memilih jenis besi pipa galvanis ini.

3. Tahan Dengan Segala Kondisi Cuaca

Saat musim kemarau, cuaca di Indonesia bisa berubah menjadi sangat panas. Sedangkan saat musim hujan, cuaca bisa langsung berubah dan menjadi sangat dingin. Kondisi cuaca yang cepat berubah tersebut bisa membuat bahan-bahan yang terbuat dari besi cepat rusak dan berkarat.

Saat Anda menggunakan besi pipa galvanis, tidak perlu ragu lagi karena jenis yang satu ini sangat kuat dan tahan terhadap segala kondisi cuaca. Bila Anda membutuhkan besi pipa yang bisa dipakai untuk jangka waktu yang lama, maka bisa memilih untuk menggunakan jenis besi pipa galvanis ini.

4. Anti Karat

Kelebihan lain dari besi pipa galvanis yaitu kemampuannya yang anti karat. Besi pipa galvanis dibuat dari bahan besi baja yang dicampur dengan seng, sehingga memiliki ketahanan terhadap karat yang sangat baik. Tidak hanya itu saja, besi pipa galvanis juga telah diberi lapisan anti karat yang berkualitas dan telah diuji ketahanannya. Menggunakan jenis besi pipa galvanis dijamin akan aman dari kondisi karat yang mengganggu.

Baca juga: Kriteria Pipa Galvanis yang Berkualitas

Apa Saja Kegunaan Pipa Galvanis Dalam Proyek Konstruksi?

Sebelum mencari tahu mengenai harga besi pipa galvanis, sebaiknya Anda ketahui dulu apa saja kegunaan dari jenis pipa yang satu ini. Berikut ini beberapa kegunaan dari jenis besi pipa yang satu ini.

1. Bahan Konstruksi Perumahan

Salah satu kegunaan dari besi pipa galvanis adaah sebagai bahan konstruksi untuk perumahan. Sifatnya yang kuat dan anti karat membuat banyak orang lebih memilih menggunakan jenis bahan besi pipa yang satu ini.

2. Sebagai Sistem Saluran

Kegunaan selanjutnya dari besi pipa galvanis yaitu sebagai sistem saluran. Lapisan seng yang terdapat pada tabung membuat jenis besi pipa ini tahan karat, sehingga cocok untuk dijadikan sebagai sistem saluran air.

3. Instalasi Listrik

Besi pipa galvanis saat ini juga bisa dimanfaatkan sebagai instalasi listrik. Hal tersebut disebabkan karena jenis besi pipa ini bisa meminimalisir gangguan penghantar listrik.

Baca Juga: 7 Cara Memasang Instalasi Listrik Rumah Bertingkat Dengan Tepat

Bagaimana Cara Memilih Pipa Besi Dengan Tepat?

Setelah Anda mengetahui harga, kelebihan serta kegunannya, sekarang saatnya Anda mengetahui cara memilih pipa besi yang tepat. Sebagai salah satu bahan yang esensial, Anda harus memastikan bahwa pipa besi yang Anda pilih adalah jenis pipa besi yang tepat serta berkualitas. Jika tidak, Anda hanya akan rugi karena Anda harus sering-sering menggantinya.

Berikut adalah tips memilih pipa besi yang dapat Anda jadikan panduan.

1. Mengenali Berbagai Jenis Pipa Besi Dengan Baik

Sejatinya, besi sendiri memiliki banyak jenis. Hal ini kemudian membuat pipa besi sendiri memiliki berbagai jenis.

Misalnya, salah satu pipa besi yang paling populer adalah jenis pipa besi galvanis. Pipa besi galvanis adalah pipa besi yang terkenal awet karena memiliki lapisan anti karat yang terbuat dari bahan seng. Selain pipa galvanis, ada juga pipa besi hitam yang terbuat dari baja.

Bahan pembuatnya yang berbeda membuat keduanya, dan jenis-jenis pipa besi lainnya, memiliki fungsinya masing-masing. Hal inilah yang membuat Anda harus paham tentang beragam tipe pipa besi yang ada agar Anda dapat memilih jenis yang sesuai dengan kebutuhan.

2. Memahami Ukuran Pipa Besi Yang Anda

Selain memahami jenis-jenis yang ada, Anda juga sangat disarankan untuk mengetahui ukuran-ukuran pipa besi yang tersedia di pasaran. Hal ini sangat penting karena ukuran pipa besi mengacu pada standar kualitas yang berlaku.

Pipa besi yang memenuhi standar tentunya akan dijual menurut standar ukuran yang berlaku. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui apakah sebuah pipa besi yang dijual di pasaran itu sesuai standar atau tidak dengan mengetahui ukurannya.

Itulah dia penjelasan tentang harga besi pipa galvanis yang dapat Anda jadikan panduan. Pipa galvanis adalah salah satu bahan bangunan yang sangat sering digunakan. Hal ini karena pipa jenis ini memiliki banyak kelebihan dan kegunaan. Untuk dapat menggunakannya dengan baik, Anda harus memahami berbagai jenis pipa besi yang ada beserta perbedaan dan kegunaannya masing-masing.

Untuk mendapatkan pipa besi galvanis dengan kualitas terbaik, Anda harus memastikan kalau Anda belanja di tempat yang terbaik. Anda bisa mendapatkan pipa besi galvanis kualitas terbaik di Indosteger. Segera kunjungi Indosteger sekarang juga.

Recent Articles