indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Jenis Besi Hollow beserta Ukuran dan Harganya

Besi hollow hari ini telah banyak digunakan sebagai bahan bangunan menggantikan kayu. Secara tidak langsung kita turut berkontribusi mengurangi penebangan pohon untuk dijadikan kayu. Besi hollow tentunya lebih kokoh dengan kualitasnya yang terjamin karena diproduksi dan diseleksi dengan ketat di pabrik.

Kelebihan lain dari besi hollow adalah proses pemasangannya lebih cepat, lebih murah, anti karat, anti rayap, dan tentunya bebas perawatan. Itulah mengapa banyak orang yang kini mulai beralih ke material yang satu ini. Selain itu, Anda juga memiliki opsi dengan berbagai jenis besi hollow yang tersedia di pasar.

Perlu Anda ketahui, kata “hollow” berasal dari Bahasa Inggris yang artinya berongga. Orang-orang biasanya melafalkan penyebutan besi ini dengan “besi holo”. Sesuai dengan bentuknya, besi ini bukan besi penuh. 

Artinya besi hollow adalah besi batangan yang berbentuk seperti pipa kotak dengan rongga di tengahnya. Besi ini dibuat berongga dengan tujuan agar bobotnya lebih ringan, sehinga sangat baik digunakan untuk rangka atap, kanopi, plafon, bahkan rangka dinding.
 

Jenis-Jenis Besi Hollow

besi hollow tidak melulu kotak, ada yang berbentuk persegi atau bulat. Dengan bentuk yang beragam, jenis bahannya pun berbeda-beda. Berikut ini jenis besi hollow yang ada di pasaran
 

1. Besi Hollow Berbahan Dasar Besi

Sesuai dengan namanya, besi hollow jenis ini dibuat dari material besi murni. Dengan demikian sangat kuat, sehingga sangat diminati untuk pembuatan rangka bangunan dan rangka mesin.  Namun besi hollow berbahan besi memiliki kelemahan yakni tidak anti karat. Ini sesuai dengan sifat asli besi yang memang mudah berkarat.
 

2. Besi Hollow Galvalume

Jika Anda mencari besi hollow yang tahan karat, besi hollow galvalum adalah jawabannya. Besi hollow galvalum adalah yang paling banyak diminati. Dengan kualitasnya yang sangat bagus dan ringan Besi Hollow Galvalum mudah untuk diaplikasikan pada bermacam keperluan, seperti pemasangan kanopi, sebagai rangka atap sekaligus plafonnya. Untuk penggunaan plafon, biasanya Hollow Galvalum akan dipadukan dengan gypsum.
 

3. Besi Hollow Galvanis

Besi Hollow Galvanis pada dasarnya sama dengan Besi Hollow Galvalum. Hanya saja kualitasnya lebih rendah dari Hollow Galvalum. Besi Hollow jenis ini diciptakan untuk menjawab kebutuhan Besi Hollow dengan harga yang lebih murah. Namun demi menurunkan harga tentunya kualitas material yang digunakan juga dikurangi.  Komposisi material yang digunakan untuk membuat Besi Holow jenis ini adalah 97%, Coating Zinc,  dan 1% campuran Coating Aluminium dengan material lainnya.

Inilah yang menyebabkan besi hollow Galvanis terlalu ringan, sangat mudah penyok, dan rentan berkarat jika terkena gesekan dengan material lain atau jika dilakukan pemotongan. Maka dari itu, jika Anda memilih besi hollow galvanis sangat perlu untuk melapisinya dengan lapisan anti karat atau menggunakan cat dengan kualitas terbaik. Agar besi hollow Anda dapat lebih tahan terhadap perubahan cuaca Indonesia, yang sangat mudah membuat besi berkarat.
 

4. Besi Hollow Gypsum

Besi hollow gypsum umumnya berbentuk kotak. Besi ini terbuat dari campuran beberapa jenis besi, seperti besi stainless. Besi hollow gypsum banyak digunakan karena memiliki daya tahan yang tinggi serta kekokohannya. Dalam bidang konstruksi, besi hollow gypsum banyak digunakan untuk pemasangan plafon atau rangka atap rumah atau bangunan.
 

5. Besi Hollow Hitam

Jenis besi ini memiliki warna hitam keabu-abuan yang merupakan inspirasi untuk namanya. Besi hollow yang terbuat dari baja canai panas ini merupakan salah satu jenis besi hollow yang paling banyak ditemui di pasaran.

Besi hollow hitam dapat digunakan untuk membangun banyak hal. Umumnya, besi hollow hitam digunakan untuk membuat pagar, atau railing tangga. Selain itu, besi hollow hitam juga bisa digunakan untuk membuat kanopi.

Jika Anda berniat untuk menggunakan besi hollow hitam untuk sebagi bahan material rumah atau bagian rumah Anda, sebaiknya Anda menggunakan cat anti karat terlebih dahulu. Lalu ada baiknya Anda menggunakan besi hollow hitam untuk membangun furnitur atau dekorasi yang memiliki resiko karat yang minim.
 

Ukuran Besi Hollow

Ukuran besi hollow yang Anda butuhkan tentunya tergantung dengan tujuan Anda untuk menggunakan besi tersebut. Terdapat beberapa penggunan besi hollow pada umumnya.

Yang pertama adalah penggunaan untuk membuat furnitur. Penggunaan bahan besi sebagai furnitur dapat menunjukkan kesan industrial pada desain rumah Anda. Umumnya, untuk pembuatan furnitur, ukuran besi hollow yang dibutuhkan adalah 36 x 36 mm.

Penggunaan berikutnya adalah pembuatan pagar. Pemilihan besi hollow yang tahan karat, seperti besi hollow galvanis, merupakan pilihan ideal untuk membuat pagar rumah Anda. Pagar rumah Anda dapat dipastikan awet di dalam berbagai cuaca. Ukuran besi hollow yang dibutuhkan untuk membangun pagar umumnya ada di angka 40 x 40 hingga 50 x 100 mm dengan ketebalan 1.6 mm untuk membuat bagian penampang,. Sementara itu m, untuk jari-jari pagar, umumnya Anda membutuhkan ukuran 20 x 40 mm dengan ketebalan 1,2 mm.

Besi hollow juga umumnya digunakan sebagai railing tangga. Jenis besi hollow yang digunakan umumnya adalah jenis besi hollow hitam. Umumnya , untuk bagian pegangan dan tiang, Anda membutuhkan ukuran besi hollow 30 x 60 mm dengan ketebalan 1,2 mm. Sementara untuk jari-jarinya, Anda umumnya membutuhkan ukuran 20 x 40 mm dengan ketebalan 1,2 mm.

Terakhir, besi hollow umumnya digunakan untuk plafon rumah dan bangunan. Jenis besi hollow yang paling umum digunakan dalam hal ini adalah besi hollow gypsum. Ukuran besi hollow yang Anda butuhkan untuk membuat plafon rumah adalah 40 x 40 mm.
 

Harga Besi Hollow dengan Berbagai Ukuran

Harga besi hollow tentunya relatif tergantung pada ukuran, jenis, dan vendor yang menjualnya. Setelah Anda mengetahui jenis-jenis besi hollow di atas. Ukur berapa banyak kebutuhan Besi Hollow untuk konstruksi yang akan Anda buat. Pertimbangkan besi hollow jenis apa yang cocok untuk kebutuhan konstruksi Anda tersebut. Konsultasikan kepada mereka yang berpengalaman dan sesuaikan dengan bujet yang telah Anda siapkan. Berikut ini adalah perkiraan harga Besi Hollow dengan berbagai jenis dan ukurannya:

Namun perlu diingat, tabel di atas hanyalah berupa perkiraan dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sebab harga di pasaran dapat berubah sesuai dengan tempat dan vendor yang menjualnya. Itulah tadi sedikit pengetahuan tentang jenis besi hollow beserta ukuran dan harganya. Semoga bermanfaat.

Recent Articles