indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Cara Menghitung Luas Bangunan Rumah dengan Mudah

Memahami cara menghitung luas bangunan rumah sangat berguna untuk Anda dalam proses perancangan konstruksi tempat tinggal sendiri. Apalagi rumah itu menjadi tempat tinggal Anda beserta keluarga. Tentunya dibutuhkan penghitungan luas bangunan yang tepat agar tidak ada kesalahan desain. Tapi bagaimana caranya? Ada beberapa cara menghitung luas bangunan rumah dengan mudah. Berikut rangkuman informasinya dari tim Indosteger.
 

Cara Menghitung Luas Bangunan Rumah

Ada tiga cara untuk menghitung luas bangunan rumah. Masing-masing cara ini ada yang menggunakan gaya tradisional dan modern. Apa saja caranya?
 

1. Menghitung Luas Bangunan Rumah dengan Rumus Matematika

Cara menghitung luas bangunan yang pertama ini memang terbilang paling sederhana. Bahkan sudah digunakan dalam jangka waktu cukup lama. Berbicara mengenai penghitungan, pasti tidak akan bisa lepas dari yang namanya rumus matematika.

Rumus matematika yang digunakan ini sebenarnya sudah pernah dipelajari di bangku sekolah. Untuk menghitungnya, Anda harus melihat bentuk denah rumah. Apakah berbentuk persegi, persegi panjang, trapesium, atau bahkan segitiga. Dari sana, maka Anda bisa menggunakan rumus penghitungan luas sesuai bentuk rumah.

Jika denah rumah Anda berbentuk persegi panjang, gunakan rumus panjang x lebar. Contohnya, panjang rumah Anda 9 m, sedangkan lebarnya 6 m. Dengan rumus panjang x lebar, maka hasilnya 45 m2. 

Cara ini terhitung yang paling mudah dan cepat. Namun masih ada cara lain yang menggunakan fitur modern. Apa itu?
 

2. Menghitung Luas Bangunan Rumah dengan Autocad

Apakah Anda mengetahui aplikasi Autocad? Aplikasi atau software yang bisa digunakan di komputer ini bisa membantu menghitung luas bangunan rumah secara akurat. Berikut tahapan penghitungan dengan Autocad:

  • Tahap pertama: Gambar denah bangunan di Autocad secara akurat. Jika Anda menggambar secara asal-asalan, maka dapat memengaruhi hasil akhir.
  • Tahap kedua: Jika sudah selesai menggambar, klik garis yang ada di gambar untuk diubah menjadi garis putus-putus.
  • Tahap ketiga: Gunakan pilihan menu “polyline” atau “PL” lalu tekan Enter.
  • Tahap keempat: Anda bisa membuat garis mengelilingi bangunan yang akan dihitung nantinya dengan klik garis.
  • Tahap kelima: Gunakan pilihan menu “LIST” atau “LI” lalu tekan Enter.
  • Tahap keenam: Selanjutnya muncul jendela baru yang menampilkan luas dan koordinat bangunan serta tanah bangunan itu sendiri.

Itulah cara menghitung luas bangunan rumah dengan Autocad. Untuk menggunakan aplikasi ini memang membutuhkan latihan. Namun jika memang ingin mendapatkan hasil yang lebih akurat, maka Anda bisa memanfaatkan Autocad.
 

3. Menghitung Luas Bangunan Rumah dengan Ketentuan Struktur

Ada satu lagi cara untuk menghitung luas bangunan rumah, yakni menggunakan ketentuan struktur dan ukuran. Ada beberapa poin yang menjelaskan bagaimana cara penghitungannya:

  • Luas lantai dihitung hingga batas dinding mengarah ke luar.
  • Dinding dengan tinggi lebih dari 1,2 m dari lantai maka dihitung penuh 100%. Jika contoh bangunan 9x6 m dengan ketinggian dinding 1,2 m, berarti luas bangunannya 30 m2. Jika kurang dari 1,2 m, hasil penghitungannya sepenuhnya saja.
  • Balkon dengan ketinggian dinding kurang 1,2 m tidak perlu dihitung.
  • Jika teras memiliki ketinggian dinding 1,2 m, luasnya dihitung 60%.

Jadi itulah penjelasan cara menghitung luas bangunan rumah dan semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Dalam pembangunan rumah, dibutuhkan dukungan alat cross brace scaffolding yang telah tersedia di Indosteger dengan kualitas terbaik. Kunjungi Indosteger untuk membeli produk ini sekarang juga!

Baca juga: Cara Menghitung Rumus Tinggi Kuda Kuda Atap Rumah Mudah

Recent Articles