indosteger@gmail.com   +62218294428

News

3 Desain Rak Sepatu dari Besi yang Menarik dan Cara Membuatnya

Ada banyak sekali desain rak sepatu dari besi yang dapat Anda buat sendiri, kuncinya adalah Anda tinggal berpikir kreatif saja. Namun jika Anda merasa sedang sulit untuk berpikir kreatif, tenang saja karena kami akan membantu memberikan Anda rekomendasi desain rak sepatu dari besi serta cara membuatnya.

Besi sendiri merupakan salah satu material yang paling umum digunakan untuk membuat rak sepatu. Selain besi memang banyak material lain yang dapat digunakan, tetapi besi merupakan material yang paling ideal karena bahannya lebih kuat dibanding material yang lain.

Jika Anda ingin mendapatkan rekomendasi desain rak sepatu dari besi serta penasaran bagaimana cara membuatnya, mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Saja Desain Rak Sepatu dari Besi Untuk Rumah Anda?

Rak sepatu merupakan salah satu perabot yang wajib ada pada setiap rumah. Fungsinya adalah untuk merapikan sepatu, baik milik penghuni rumah maupun tamu, agar tidak berantakan di halaman depan rumah.

Rak sepatu sendiri dapat disimpan di luar rumah yang biasanya untuk merapikan sepatu tamu. Selain itu, rak sepatu juga dapat disimpan di dalam rumah untuk merapikan dan menyimpan sepatu milik penghuni agar lebih aman.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi desain rak sepatu dari besi yang menarik dan kreatif, patut untuk Anda coba buat:

1. Rak Sepatu Minimalis

rak sepatu minimalis

(Sumber: Pexels)

Desain rak sepatu dari besi yang satu ini merupakan yang paling umum digunakan oleh orang-orang. Walaupun desainnya terkesan simpel dan tidak begitu menarik, Anda dapat membuatnya menjadi lebih unik.

Anda dapat mengecatnya dengan warna-warna yang cerah seperti krem atau pastel agar lebih mencolok. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan penghalang antar sepatu dan diberi nama dari setiap penghuni rumah di bagian bawahnya. Menarik kan?

2. Rak Sepatu Lemari

rak sepatu lemari

(Sumber: Envato)

Nah, untuk Anda yang tinggal sendiri di kos-kosan atau apartemen, desain rak sepatu dari besi yang seperti ini sangat cocok untuk Anda. Selain untuk menyimpan sepatu, Anda juga dapat menyimpan barang lain seperti baju dan tas, jadi Anda bisa menghemat luas area ruangan Anda.

Desainnya yang modern dan elegan juga dapat membuat ruangan kosan atau apartemen Anda yang minimalis terlihat lebih mewah. Selain itu, Anda juga dapat menyimpan beberapa dekorasi seperti gambar di atas untuk menambah nilai estetikanya.

Baca Juga: Cara Membuat Lemari Baju dari Besi Hollow Dengan Benar

3. Rak Sepatu Dinding

rak sepatu dinding

(Sumber: Pxhere)

Jika Anda ingin menghemat ruangan, Anda dapat membuat rak sepatu yang menempel pada dinding. Selain terlihat modern, rak sepatu jenis ini juga multifungsi, Anda dapat menyimpan barang-barang lain juga di sini.

Untuk menambah nilai estetikanya, Anda bisa menyimpan beberapa dekorasi di rak sepatunya. Pastikan juga warna dari yang sepatu ini cocok dengan warna dari dinding, jangan sampai warnanya tidak selaras dan malah menjadi tidak enak dipandang.

Baca Juga: Cara Membuat Rak Dinding Minimalis Modern dan Bahannya

Bagaimana Cara Membuat Rak Sepatu dari Besi Siku?

Besi siku adalah besi yang memiliki bentuk siku-siku atau sudut 90 derajat. Besi yang satu ini dapat dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam barang atau perabot seperti rak sepatu, rak buku, penekuk plat, kanopi dan masih banyak lagi.

Nah, cara yang akan kami sampaikan di bawah ini dapat membantu Anda untuk membuat rak sepatu minimalis yang dapat Anda simpan baik di dalam maupun di luar rumah. Rak sepatu yang satu ini sangat berguna untuk merapikan sepatu agar tidak berantakan dan berserakan di mana-mana.

Untuk membuat rak sepatu dari besi minimalis ini, pertama-tama Anda perlu menyiapkan barang-barang di bawah ini:

  • 4 buah besi siku berlubang dengan panjang masing-masing 3 meter.

  • 16 buah kunci siku

  • Bor listrik

  • Gerinda

  • penggaris siku

  • Mur baut, secukupnya

Setelah semua barang-barang di atas sudah disiapkan, selanjutnya Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat rak sepatu dari besi minimalis:

  1. Pertama-tama, Anda harus menentukan ukuran rak sepatu yang ingin dibuat terlebih dahulu. Sebagai contoh, Anda membutuhkan rak sepatu dengan dimensi tinggi 1 meter, lebar 58 cm, dan kedalaman 22 cm untuk menyimpan sepatu seluruh penghuni yang ada di rumah Anda.

  2. Setelah menentukan ukuran rak sepatu, lakukan pengukuran pada besi siku dan tandai untuk memudahkan proses pemotongan. Besi siku sendiri biasanya memiliki panjang 3 meter.

  3. Setelah Anda menandai ukuran rak sepatu yang dibutuhkan pada besi siku, proses selanjutnya adalah proses pemotongan. Gunakan gerinda untuk memotong besi siku agar potongannya presisi dan rapi. Perlu diperhatikan, ketebalan dan kekuatan besi siku tergantung dari pembuatnya, jadi usahakan Anda membeli semua besi siku yang digunakan dari distributor yang sama.

  4. Setelah dipotong, ratakan bagian tepi dari besi siku yang sudah dipotong menggunakan gerinda agar tidak tajam. Hati-hati dengan bunga api yang tercipta ketika memotong dan menghaluskan besi siku, bunga api ini bisa panas jika mengenai kulit.

  5. Setelah menghaluskan bagian tepi besi siku, gunakan bor listrik untuk melubangi besi siku yang dirasa memiliki lubang yang tidak sesuai dengan mur yang anda miliki.

  6. Terakhir, pasang semua potongan besi siku sesuai desain menggunakan kunci siku dan mur baut. Dengan dimensi tinggi 1 meter, lebar 59 cm dan kedalaman 22 cm, rak sepatu ini dapat menampung hingga 15 pasang sepatu dengan jumlah rak mencapai 5 tingkat.

Mudah bukan? Nah jika Anda sedang mencari harga besi hollow galvanis 4x8 untuk membuat rak sepatu, Anda dapat menemukannya di Indosteger. Semoga rekomendasi desain rak sepatu dari besi dan cara membuatnya yang kami sampaikan dapat membantu Anda, ya!

Recent Articles

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya