indosteger@gmail.com   +62218294428

News

5 Inspirasi Desain Tangga Besi Minimalis Cantik Untuk Rumah Anda

Ada banyak desain tangga besi minimalis cantik yang dapat diterapkan di rumah Anda. Jika Anda memiliki rumah bertingkat, tentu saja Anda membutuhkan tangga sebagai penghubung antar lantai. Untuk memperindah tampilan interior rumah, maka desain dari tangga tersebut juga harus yang cantik dan menarik.

Desain tangga besi minimalis cantik seperti apa sih yang dapat memperindah tampilan interior rumah Anda? Yuk simak rekomendasi lengkapnya di bawah ini!

Apa Saja Desain Tangga Besi Minimalis Cantik Untuk Rumah Anda?

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi desain tangga besi minimalis cantik yang dapat Anda terapkan di rumah Anda:

1. Desain Tangga Besi Industrial Minimalis

desain tangga besi industrial minimalis

(Sumber: Pexels)

Desain tangga besi yang satu ini sangat cocok diterapkan pada rumah minimalis bertingkat yang bergaya industrial. Desain tangga ini walaupun terlihat sangat sederhana tetapi dapat sangat cocok jika diterapkan pada rumah dengan desain industrial.

Selain untuk menghubungkan antara lantai bawah dengan lantai atas, tangga dengan desain ini juga sangat cocok jika dijadikan untuk tangga penghubung antara lantai bawah dengan lantai di atasnya. Namun, desain tangga besi minimalis yang satu ini kurang cocok untuk diterapkan jika Anda memiliki anak balita di rumah, karena akan kurang aman. Apalagi jika balita Anda sudah bisa berjalan dan sering menjelajahi sekitar rumah dengan sendirinya.

2. Tangga Terbuka dengan Railing Kaca

  tangga terbuka dengan railing kaca

(Sumber: Pexels)

Tangga terbuka merupakan salah satu model tangga minimalis yang paling umum digunakan. Kesan luas yang diperlihatkan pada desain tangga ini memudahkan penghuni untuk naik turun tangga tanpa masalah.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan desain pijakan besi dengan ketebalan yang dapat disesuaikan. Padukan dengan railing besi dan aksen kaca untuk menambahkan kesan elegan pada rumah minimalis Anda.

Baca Juga: 14 Motif Railing Tangga Minimalis yang Umum Digunakan

3. Tangga Besi Minimalis Melayang

tangga besi minimalis melayang

(Sumber: Pexels)

Tangga besi minimalis dengan bentuk melayang memang memiliki nilai estetika yang tinggi. Anda bisa menggunakan warna-warna yang cerah pada anak tangganya untuk menambah suasana yang berbeda pada ruangan tersebut.

Jika Anda bukan penggemar warna-warna cerah, Anda bisa memilih warna netral sebagai gantinya. Selain itu, Anda dapat memilih furnitur dengan nada warna yang cerah pada dekorasi di sekitar tangga tersebut agar ruangan dapat terasa lebih berwarna dan memiliki kesan yang segar.

Namun desain tangga yang seperti ini akan kurang cocok diterapkan jika Anda memiliki anak-anak, apalagi balita, di rumah Anda karena akan kurang aman.

Baca Juga: Ukuran Tangga Rumah Minimalis yang Nyaman dan Aman

4. Tangga Besi Minimalis dengan Aksen Kayu

tangga besi minimalis dengan aksen kayu

(Sumber: Pexels)

Besi dan kayu sudah seperti kakak dan adik dalam dunia bangunan, mereka akan selalu selaras bila dipadukan. Desain tangga besi minimalis yang ditambah material kayu pada pijakan memang cocok diaplikasikan pada rumah dengan desain apapun.

Desain tangga besi yang satu ini dapat terlihat elegan dan mewah jika ditempatkan dengan benar. Anda bisa membuat anak tangganya bolong-bolong seperti gambar di atas untuk menambahkan nilai estetikanya.

Namun, jika Anda ingin menjadikan tangganya lebih aman, Anda dapat membuatnya tidak berbolong dan jarak antar anak tangganya lebih pendek. Pastikan juga desain railing dari tangga besi minimalis tersebut aman untuk anak-anak.

5. Desain Tangga Besi Minimalis Spiral

desain tangga besi minimalis spiral

(Sumber: Pexels)

Jika Anda memiliki rumah dengan ruangan yang sempit, Anda bisa menyiasati ruangan yang sempit tersebut dengan model tangga besi minimalis melingkar atau spiral. Desain tangga yang satu ini sangat umum digunakan baik sebagai tangga utama maupun tangga untuk mencapai rooftop pada sebuah bangunan.

Baca Juga: 4 Desain Tangga Rumah Sempit Sederhana yang Inovatif

Selain itu, desain tangga besi minimalis ini cocok untuk penggunaan indoor dan outdoor, jadi Anda bisa memasangnya di luar rumah juga. Jika Anda butuh ketahanan jika memasang tangga ini di luar, Anda bisa menggunakan material baja dalam desain tangga agar kuat dan tahan lama.

5 Faktor Penting Pendukung Desain Tangga Besi Minimalis Cantik

Setelah memutuskan desain tangga besi minimalis cantik mana yang akan diterapkan pada rumah Anda, ada beberapa faktor penting pendukung elemen dekorasi pemasangan tangga di rumah Anda yang perlu dipertimbangkan terlebih dahulu. Hal ini bisa menjadi dasar ketika Anda ingin menentukan model tangga minimalis yang sesuai dengan rumah Anda.

Berikut ini adalah faktor penting yang mendukung desain tangga besi minimalis cantik:

1. Luas Rumah

Luas area rumah Anda merupakan faktor utama penentu desain terbaik untuk tangga minimalis di rumah Anda. Semakin besar rumah yang Anda miliki, makan akan semakin beragam pula desain dan pilihan yang dapat Anda terapkan.

2. Posisi Tangga

Posisi tangga pada hunian sebaiknya diletakkan pada ruang yang mudah dijangkau oleh penghuni. Hindari membuat tangga di posisi terpencil yang sulit dijangkau, terutama untuk desain tangga utama.

3. Model Tangga

Selanjutnya model tangga itu sendiri, ada berbagai macam model tangga seperti spiral, geometris, unik, minimalis, elegan, huruf L, tangga trapesium, hingga tangga kubus yang dapat Anda sesuaikan dengan luas rumah dan desain rumah Anda.

4. Kualitas Bahan

Selain kedua hal di atas, bahan dari tangga besi minimalis cantik sendiri juga menjadi faktor yang tidak kalah pentingnya dalam menentukan model tangga yang akan diterapkan pada rumah Anda. Pilih bahan yang sesuai dengan desain rumah Anda, atau bahan yang paling umum digunakan seperti besi berongga atau baja.

5. Keamanan

Pada umumnya tangga yang aman dan sesuai dengan fungsinya adalah tangga yang menggunakan railing pada salah satu sisinya dan anak tangganya tidak berlubang. Hal ini dapat memudahkan Anda untuk menjejakkan kaki ke lantai paling atas dan terjamin keamanannya. Selain itu, tangga dengan model seperti itu juga aman untuk anak-anak.

Namun, Anda tidak perlu khawatir jika memiliki tangga tanpa railing, Anda bisa menyiasatinya dengan dinding di salah satu sisinya. Anda juga dapat menggunakan pijakan anak tangga dengan ukuran yang rendah satu sama lainnya.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik pada salah satu desain tangga di atas? Jika Anda ingin membangun tangga dan membutuhkan tangga scaffolding, Anda dapat mendapatkannya di Indosteger. Semoga rekomendasi desain tangga besi minimalis cantik dapat membantu Anda, ya!

Recent Articles