indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Mengenal Ikatan Angin Baja Ringan serta Fungsi dan Cara Membuatnya

Ikatan angin baja ringan adalah komponen utama yang dapat Anda temukan pada bagian atap rumah. Sebuah bangunan harus dibuat kokoh pada setiap bangunannya. Tidak hanya fondasi dan dinding saja, namun juga pada bagian atap. Ikatan angin ini lah yang membuat kuda-kuda atap menjadi lebih kokoh. Sehingga, sebuah rumah dapat tahan akan guncangan dan terhindar dari risiko roboh. 

Saat ini banyak bangunan yang memilih menggunakan baja ringan karena berbagai kelebihan yang ditawarkan. Pembangunan konstruksi rumah baja ringan maupun jenis material lainnya membutuhkan ikatan angin yang diperhitungkan dengan seksama oleh ahlinya. Agar lebih mengenal apa itu ikatan angin khususnya pada baja ringan, simak artikel berikut ini.

Apa yang Dimaksud Ikatan Angin Pada Baja Ringan?

Bracing atau ikatan angin pada baja ringan adalah komponen pada rangka atap utama atau pada jembatan rangka dan dipasang pada bagian kuda-kuda baja. Membuat rumah yang kokoh tidak hanya bergantung pada kualitas material saja, namun juga perhitungan yang tepat dan pembuatan rangka yang sesuai.

Baca Juga: Memahami Cara Menghitung Konstruksi Kuda Kuda Baja Ringan dan Tips Membangunnya

Ikatan angin pada sebuah rangka atap dapat dikatakan penting dan harus selalu ada. Pemasangan ikatan angin pada baja ringan harus diperhitungkan dan diperhatikan secara seksama agar struktur bangunan dapat tetap berdiri kokoh dan kuda-kuda atap dapat menjalankan fungsinya. 

Apa Fungsi Ikatan Baja Ringan Pada Struktur Atap?

Sesuai dengan namanya, ikatan baja berfungsi sebagai pengikat dari keseluruhan struktur yang mempertahankan kekuatan atap. Adanya ikatan angin pada setiap rangka baja ringan akan membantu menahan atap agar tidak roboh akibat beban yang diterimanya. Untuk lebih mengenal fungsi bracing atau ikatan angin, berikut ulasan selengkapnya:

1. Membantu Kuda-Kuda Selalu Tegak

Pada proses pemasangan dan peletakan di atas, kuda-kuda akan berubah menjadi bentuk yang memuntir dan tidak tegak lurus. Sedangkan, apabila kuda-kuda tidak dalam posisi tegak lurus, maka kekuatan yang diciptakan pun akan berkurang dan memengaruhi dinding.

Baca Juga: Cara Hitung Rumus Tinggi Kuda Kuda Atap Rumah dengan Mudah 

Maka dari itu, ikatan angin dibutuhkan untuk membuat kuda-kuda selalu tegak lurus. Sehingga kuda-kuda dapat menjalankan fungsinya dan menahan beban serta dinding pun juga dapat lebih kuat menahan beban yang diterima dari atap.   

2. Memperkuat Rangka Atap 

Fungsi yang utama dari ikatan angin adalah memperkuat rangka atap. Ikatan angin pada baja ringan berbahan dasar baja pula. Komponen ini dipasang dengan memberikan baut pengeras di setiap ujungnya agar ikatan kencang dan dapat membuat rangka atap semakin kokoh dan kuat menahan beban angin yang diterima secara terus-menerus.

Baca Juga: Ketahui Cara Menghitung Rangka Atap Baja Ringan

Apa Saja Jenis Ikatan Angin Baja Ringan?

Tidak hanya satu, ikatan angin memiliki berbagai jenis dengan berbagai letak pengikatan yang berbeda-beda. Berikut ini merupakan jenis ikatan angin baja ringan pada konstruksi yang harus Anda ketahui:

1. Diagonal Web Bracing

Ikatan angin jenis diagonal web ini merupakan ikatan yang diletakkan pada kuda-kuda dalam posisi diagonal. Diagonal bracing ini berada di tengah yang dua bagian ujungnya berada pada top chord dan bottom chord. Diagonal web bracing berguna untuk membagikan beban yang diterima kepada setiap kuda-kuda serta memperkuat struktur atap secara keseluruhan. 

2. Lateral Tie

Jenis ikatan angin lateral tie adalah bagian berupa batang yang terikat pada bagian di antara kuda-kuda dalam posisi horizontal. Fungsi dari lateral tie ini adalah sebagai tumpuan struktur atap. Selain itu, lateral tie juga menjadi penghubung antara balok atau kolom dengan kolom lainnya.

3. Top Chord Bracing

Top chord bracing atau yang sering disebut dengan reng adalah pengikat yang tertempel pada batang yang berada pada bagian atas kuda-kuda. Jenis ikatan angin ini umumnya mengalami gaya tekan. Fungsinya, sebagai pengikat batang tekan.

4. Bottom Chord Bracing

Jenis ikatan angin yang terakhir adalah bottom chord bracing. Bottom chord bracing merupakan jenis ikatan angin yang berperan sebagai pengikat batang tarik. Jenis ikatan angin ini berada pada bagian bawah kuda-kuda dengan posisi ikatan yang horizontal. 

Bottom chord bracing sendiri berfungsi sebagai pengaku batang tarik antar kuda-kuda. Pada bottom chord bracing umumnya akan dipasang plafon serta komponen yang menggantunya.

Bagaimana Cara Membuat Ikatan Angin Pada Baja Ringan?

Anda kini telah mengetahui pentingnya ikatan angin pada struktur atap. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ikatan angin membutuhkan perhitungan yang tepat dan hanya dapat dilakukan oleh ahlinya. Apabila Anda ingin tahu bagaimana cara membuat ikatan angin pada baja ringan, berikut merupakan langkah-langkahnya:

1. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memotong base plate dengan ukuran yang sama terlebih dahulu dan lakukan pengeboran pada setiap base plate yang telah terpotong. Bor base plate sesuai dengan ukuran baut yang digunakan.

2. Kedua, persiapkan dua buah besi beton yang utuh dengan ukuran yang telah ditetapkan sesuai dengan perhitungan. Hindari penambahan sambungan pada besi karena dapat mengurangi kekuatan ikatan. 

3. Ketiga, ambil besi beton pertama dan pasang span sekrup di atasnya. Selanjutnya, besi harus dipanaskan menggunakan api guna menciptakan simpul. Simpul ini nantinya membuat span sekrup terikat dengan kuat pada besi beton. 

4. Keempat, buat simpul yang sama pada besi beton lainnya. Pada besi beton ini, tidak perlu dilakukan pemasangan span sekrup terlebih dahulu. Ukuran simpul dapat disesuaikan dengan ukuran besi beton yang digunakan.

5. Kelima, lakukan pengelasan pada semua simpul yang telah dibuat sebelumnya dengan bagian permukaan besi beton. Pengelasan ini dilakukan pada dua sisi agar lebih kuat.

6. Keenam, sambungkan besi beton dan base plate yang sudah dipotong sebelumnya menggunakan metode pengelasan. Apabila dapat dipastikan bahwa setiap bagian di las dengan baik dan kuat, maka ikatan angin ini dapat dinaikkan ke bagian atap. 

Demikian tadi merupakan informasi mengenai ikatan angin pada struktur atap dengan material baja ringan. Perlu diingat bahwa bagian ikatan angin ini tidak dapat dibuat dan dipasang oleh sembarang orang. Meskipun terlihat mudah, namun kesalahan perhitungan dan penempatan sedikit saja dapat berakibat fatal. 

Apabila Anda membutuhkan baja ringan yang berkualitas untuk pembangunan rumah, gedung, dan berbagai bangunan lainnya, Indosteger dapat menjadi solusi yang tepat. Indosteger menyediakan berbagai kebutuhan baja ringan dan penyewaan scaffolding dengan pelayanan yang terbaik dan kualitas material yang unggulan. 

Kunjungi website kami sekarang untuk cek harga hollow besi baja ringan 4x4 per batang dan berbagai perlengkapan pembangunan lainnya yang tentunya terjangkau. Semoga informasi ikatan angin baja ringan dapat bermanfaat untuk Anda!

Recent Articles