indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Apa Saja Jenis Besi Hollow untuk Pagar Bangunan Anda?

Jenis-jenis besi hollow untuk pagar ada tiga. Jenis-jenis besi hollow inilah yang akan menjadi topik utama dalam informasi di artikel ini. Untuk kembali mengingatkan Anda, besi hollow adalah besi yang memiliki rongga dan berbentuk penampang segi empat. Bentuknya yang unik membuat besi ini sering juga disebut pipa kotak. Besi hollow sering dipilih untuk dijadikan pagar rumah karena tidak mudah berkarat dan mudah dipasang. Kalau begitu langsung saja kita bahas jenis-jenis besi hollow yang bisa dijadikan pagar bangunan Anda. 

Apa Saja Jenis-jenis Besi Hollow untuk Pagar?

Jenis-jenis yang akan dijelaskan di bawah ini sebenarnya tidak hanya bisa digunakan untuk pagar, tetapi juga bisa digunakan dalam area bangunan lain seperti kanopi rumah. Sudah sempat disinggung di awal bahwa jenis besi hollow ada tiga, yaitu besi hollow galvanis, besi hollow galvalum, dan besi hollow hitam. Penjelasan masing-masing jenis adalah sebagai berikut. 

Baca Juga: Ukuran Besi Hollow Untuk Pagar yang Aman dan Estetik

1. Besi Hollow Galvanis

Besi hollow galvanis adalah besi yang sudah melewati proses galvanis yang mengandung zinc coating sebanyak 97%. Proses ini membuat besi hollow menjadi tahan terhadap karat sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. 

Baca Juga: Macam Ukuran Besi Hollow Galvanis Sesuai Kebutuhan Anda

2. Besi Hollow Galvalum

Serupa dengan galvanis, besi hollow galvalum di lapis dengan campuran aluminium sebanyak 55%, zinc 43,4%, dan silikon 1,6%. Perbedaan keduanya bisa Anda lihat dari permukaan besi hollow galvalum yang memiliki corak kristal lebih kecil dan rapat jika dibandingkan dengan besi hollow galvanis. Daya tahan besi galvalum terhadap korosi atau karat juga lebih besar daripada besi galvanis. Namun ada kelemahan yang perlu diperhatikan, yaitu besi hollow galvalum akan keropos jika terkena semen. 

3. Besi Hollow Hitam

Besi hollow hitam terbuat dari plat hitam dengan bahan dasar hot-rolled steel, di mana plat inilah yang menjadikan warna besi menjadi hitam keabu-abuan. Besi ini tidak memiliki daya tahan terhadap karat, sehingga perlu dilapis dengan cat anti karat sebagai finishing. Namun tetap bisa digunakan untuk pagar bangunan Anda. 

Apa Saja Kelebihan Besi Hollow?

Dari penjelasan sebelumnya, kita jadi mengerti mengapa besi hollow sering digunakan menjadi pagar. Ini besi hollow telah lapis dengan zat anti karat. Selain itu karena terbuat dari besi, pagar Anda akan bertahan sangat lama karena tidak akan ada rayap yang bisa memakan besi. Bobot besi hollow yang ringan juga memudahkan dalam proses pemasangan. Meskipun ringan, besi hollow tetap memiliki struktur yang kuat, sehingga Anda tidak perlu ragu menggunakannya. Bentuk besi hollow yang memiliki rongga dengan empat penampang dapat menjadikan pagar rumah Anda terlihat elegan. 

Baca Juga: Materi Besi Hollow Beserta Kegunaannya dalam Bangunan

Apa Saja Kekurangan Besi Hollow?

Setiap benda tidak hanya memiliki kelebihan, tetapi pasti juga memiliki kekurangan, seperti halnya besi hollow. Dengan semua kelebihan yang dimiliki besi ini, tentu saja harga besi hollow relatif mahal. Namun tidak semahal material premium yang lain. Hanya saja memang lebih mahal dibandingkan bahan besi baja ringan yang lain. Jika Anda mencari pagar yang cukup tinggi untuk rumah, besi hollow nampaknya tidak termasuk dalam pilihan Anda. Ini karena besi hollow yang dijual dipasaran memiliki panjang 4-6 meter saja. Tidak akan cukup apabila Anda menginginkan pagar dengan ketinggian di atas 6 meter. 

Beli Besi Hollow Galvanis di Indosteger

Dari jenis-jenis yang sudah dijelaskan, kini Anda mengerti mengapa banyak orang menggunakan besi hollow untuk dijadikan pagar rumah mereka. Kelemahan minor yang dimiliki oleh besi ini rasanya tidak sebanding dengan semua kelebihan yang bisa didapatkan. Oleh karena itu jika Anda sedang mencari besi hollow galvanis, Anda bisa langsung mengunjungi website Indosteger. 

Harga hollow baja ringan 4x4 per batang adalah Rp182.500, sangat terjangkau, bukan? Besi hollow yang ditawarkan Indosteger memiliki tebal 1,6 mm dengan panjang 6 meter. Tidak hanya 4x4, Indosteger juga menyediakan ukuran lain yaitu 4x6, 4x8, 5x5, dan 5x10. Segera kunjungi website Indosteger untuk melihat ukuran yang cocok dengan kebutuhan Anda. Semoga penjelasan di atas mengenai jenis-jenis besi hollow untuk pagar dapat bermanfaat untuk Anda.

Recent Articles