indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Bermacam Jenis Lisplang Baja Ringan Untuk Bangunan Anda

Jenis lisplang baja ringan adalah salah satu jenis lisplang yang digunakan pada atap suatu bangunan. Lisplang sendiri adalah salah satu elemen atau komponen pada atap suatu bangunan yang bertugas memastikan rangka atap tersebut tetap berada di tempatnya. Lisplang juga akan membuat pemasangan atap menjadi lebih rapi, karena lisplang berguna sebagai dudukan atap bangunan. Kegunaan lain dari lisplang yang membuat banyak orang menggunakannya adalah lisplang dapat menjadi penutup rongga dan celah masuknya serangga dan tikus. 

Tentu saja tidak ada yang mau rumah hunian mereka dijadikan sarang oleh serangga dan tikus. Selain semua fungsi yang telah disebutkan, lisplang sering digunakan untuk membuat bangunan terlihat semakin cantik. Hal ini karena lisplang memiliki jenis, bentuk dan warna yang beragam serta unik. Jadi apa saja jenis lisplang yang bisa Anda pilih? Temukan jenis-jenisnya di bawah ini. 

Mengenal Jenis Lisplang Baja Ringan dan Jenis Lisplang Lainnya

Jenis lisplang baja ringan hanya salah satu jenis dari lisplang yang ada. Jenis lisplang lainnya adalah kayu, GRC, beton dan PVC. Setiap jenis lisplang yang ada memiliki keunikan masing-masing yang membuat orang memilih jenis-jenis tersebut. Kalau begitu langsung saja kita kenali setiap jenis lisplang yang ada.

1. Lisplang Baja Ringan

Lisplang baja ringan sering digunakan karena bahannya yang ringan tetapi tidak mengurangi fungsinya dalam membuat rangka atap bangunan tidak bergeser. Penggunaan lisplang baja ringan sangat cocok bagi Anda yang memiliki rumah bertema industrial, karena warna asli dari baja ringan itu sendiri. Selain itu, lisplang baja ringan paling sering digunakan pada bangunan seperti pabrik dan gudang. Penggunaannya juga bisa dilakukan secara vertikal atau diagonal, bergantung pada keinginan Anda. 

Baca Juga: Material Wajib yang Ada di Desain Rumah Industrial

2. Lisplang Kayu

Lisplang dengan bahan dasar kayu sering dipilih karena bisa dibentuk menjadi berbagai macam bentuk ukiran yang diinginkan. Motif serat kayu yang alami juga menambah estetika dari atap bangunan Anda. Lisplang kayu sendiri memiliki dua jenis yaitu yang polos dan bermotif. Jenis lisplang kayu umumnya memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan jenis lainnya. 

Hal ini dikarenakan harga kayu itu sendiri yang cukup mahal dan langka. Belum lagi jika Anda menginginkan kayu yang bermotif, Anda perlu menyediakan dana tambahan untuk membelinya. Namun memang tidak bisa dipungkiri bahwa atap rumah Anda akan terlihat indah dan mewah apabila menggunakan lisplang dari bahan kayu. 

3. Lisplang GRC

Lisplang berbahan dasar GRC juga tidak jarang dipilih sebagai dudukan atap. Harga lisplang GRC yang cenderung lebih terjangkau, membuat banyak orang jatuh hati. Meskipun begitu, fungsi dan kekuatan dari bahan GRC tidak murahan. Lisplang GRC bersifat tahan cuaca apa pun, ringan dan kuat. Jadi lisplang GRC cocok untuk Anda yang memiliki dana terbatas tetapi tetap ingin mempercantik bangunan Anda. 

4. Lisplang Beton

Jenis lisplang beton digunakan karena bahan beton tidak membusuk serta kuat dari sinar matahari yang panas dan hujan. Meskipun begitu kekurangan dari bahan beton adalah tidak bisa dibentuk bermacam-macam. Pembuatannya yang menggunakan cetakan juga memakan waktu yang cukup lama. Namun tentunya bisa jadi pilihan Anda dalam membuat rangka atap bangunan Anda semakin kokoh. 

Baca Juga: Daftar Berat Jenis Beton Bertulang Sebagai Material Bangunan

5. Lisplang PVC

Bahan PVC juga bisa digunakan untuk dudukan atap bangunan Anda. Bahan PVC yang sering kita temukan pada pipa saluran air ternyata juga bisa digunakan untuk menguatkan rangka atap bangunan. Bahan PVC memiliki banyak motif yang bisa Anda pilih sesuai keinginan Anda. Bahan PVC yang ringan membuat pemasangan lisplang pada rangka atap lebih mudah dilakukan. Selain itu bahan PVC juga tahan air, anti rayap dan tidak berjamur. Dengan begitu Anda tidak perlu sering mengganti dudukan atap bangunan. 

Itulah dia penjelasan tentang jenis lisplang baja ringan dan lainnya yang dapat Anda jadikan panduan. Jenis apa pun yang Anda gunakan, pastikan semuanya sesuai dengan kebutuhan dari bangunan dan dana yang Anda miliki. Jika Anda sudah mengenali bangunan Anda, tentu saja Anda bisa langsung melakukan pembelian. Jika Anda ingin membeli bahan untuk rangka atap rumah Anda, Anda bisa membelinya di Indosteger. 

Ada banyak alat dan bahan scaffolding, beserta harga yang beragam di Indosteger, misalnya harga hollow baja ringan 4x4 per batang. Dengan penjelasan lisplang di atas, semoga Anda jadi bisa memilih jenis lisplang baja ringan dan jenis lisplang lainnya yang cocok untuk bangunan Anda.

Recent Articles