indosteger@gmail.com   +62218294428

News

9 Inspirasi Tampilan Berbeda Kanopi Untuk Dapur Terbuka

Memberikan suasana berbeda dalam rumah bisa didapatkan dengan menggunakan kanopi untuk dapur terbuka. Ya, konsep dapur dalam rumah tidak selamanya harus berada dalam ruangan indoor saja. Bisa juga Anda ubah menjadi outdoor.

Tapi, jika ditempatkan di luar ruangan, bagaimana caranya untuk melindungi diri dari sinar matahari? Jawabannya, Anda bisa menggunakan kanopi dapur.

Ada beberapa desain kanopi yang dapat diaplikasikan untuk dapur terbuka. Apa saja inspirasi tampilan untuk kanopi dapur terbuka? Temukan jawabannya di bawah ini.

Ide Kanopi Dapur Terbuka

Menggunakan Kayu 

Inspirasi yang pertama untuk kanopi menjadi atap dapur terbuka adalah memaksimalkan kayu. Balok-balok kayu dengan ukuran tertentu dapat dijadikan atap dapur terbuka. Anda dapat memasang kayu secara melintang untuk mendapatkan sisi kemudahan dalam pembangunan.

Hebatnya lagi, menggunakan kayu sebagai kanopi memberikan kecepatan juga saat proses pembangunan. Bahkan Anda dapat menambahkan tempat ruang makan terbuka selain dapur. Jadi dapur terbuka itu menjadi paket lengkap ruangan baru di dalam rumah Anda.

Baca Juga: 7 Jenis Kayu Untuk Furniture Rumah

Dapur Dalam Rumah Kecil Terpisah

Jika Anda memiliki sisa lahan yang cukup besar, dapur terbuka dapat menjadi rumah kecil terpisah. Inspirasi ini terhitung unik karena Anda akan melihat dapur dalam bangunan tersendiri dengan tiang, atap, dan jalan setapak.

Bahkan Anda dapat menambahkan satu sudut untuk menjadi tempat panggangan BBQ. Suasana memasak akan lebih seru lagi dengan tersisa taman kecil. Dapur terbuka di rumah Anda akan memberikan pengalaman memasak yang berbeda.

Menggunakan Material Kaca

Kanopi untuk dapur terbuka tidak hanya memakai genteng saja. Anda dapat menggunakan kaca tebal sehingga cahaya matahari tetap dapat menerangi dapur. Jadi Anda bisa lebih hemat listrik lampu dapur ketika memasak pada waktu pagi hingga sore.

Jangan takut dengan panas berlebih karena material kaca tersebut dapat menghalangi sebagai cahaya matahari dengan baik. Anda bisa tetap memasak dengan nyaman. Apalagi jika Anda menambahkan ruang makan di sana. Semakin asyik bersantap di dalam dapur terbuka seperti itu.

Baca Juga: Cara Memilih Atap Kanopi Bening

Memakai Genteng Beton

Dapur terbuka harus dibangun dengan konstruksi atap yang kuat. Oleh karena itu, Anda dapat memakai genteng beton sebagai pilihan atap dapur terbuka. Dengan genteng beton, panas yang biasanya terasa pada siang hari menjadi jauh berkurang.

Tingkat ketahanannya pun terhitung tinggi pula. Jika memang Anda ingin menambahkan meja makan dan meja bar, dapur terbuka ini sudah cocok sebagai ruang kumpul keluarga pada saat santap siang dan malam. Bahkan untuk bercengkrama saja juga sudah nyaman.

Baca Juga: Jenis Genteng yang Umum Digunakan Pada Atap Rumah

Menggunakan Atap Fiberglass

Inspirasi kanopi untuk dapur terbuka yang berikutnya adalah menggunakan atap fiberglass. Atap fiberglass menawarkan tingkat ketahanan yang tinggi dengan harga terjangkau. Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk mendapatkan atap fiberglass ini.

Jika ingin mendapatkan suasana lebih nyaman, Anda dapat memadupadankan dapur dengan ruang bersantai di halaman belakang. Dengan terciptanya dua ruangan dalam satu ruang terbuka, ada sudut baru di rumah Anda untuk berkumpul bersama keluarga.

Atap Kanopi Dapur Minimalis

Kayu masih merupakan elemen utama dalam desain dapur satu ini. Bedanya, Anda bisa menambahkan sentuhan beton untuk mempercantik dapur minimalis luar ruangan Anda.

Anda juga dapat memasang alat penghisap asap untuk memastikan bau makanan tidak kemana-mana dan menempel pada kayu pada dapur minimalis Anda.

Kanopi Beton

Beton merupakan salah satu bahan pilihan jika Anda menginginkan kesan modern. Kanopi beton juga dapat menampilkan kesan kokoh pada desain interior dapur Anda.

Menggunakan kanopi beton juga dapat membantu Anda dari segi perawatan. Sifat beton yang kokoh dan tahan lama membuat Anda tidak usah sering-sering memperbaiki atau mengganti kanopi untuk dapur terbuka Anda. Selain itu juga, material beton dapat melindungi Anda dari serangan sinar matahari.

Atap Kanopi Dapur Terbuka dari Spandex

Inspirasi satu ini bisa kamu gunakan jika Anda ingin menggunakan bahan kaca sebagai kanopi untuk dapur terbuka tetapi terhalang budget. Bahan spandex merupakan bahan transparan yang memiliki banyak jenis ketebalan, sehinga kamu memiliki ruang untuk bereksperimen.

Sifatnya yang transparan juga dapat membantu dapur terbuka untuk mendapatkan pencahayaan alami dari sinar matahari dengan mudah. Karena harganya yang relatif lebih murah, Anda dapat menghemat lebih jika berencana menggunakan bahan ini.

Baca Juga: Kelebihan dan Cara Menghitung Kebutuhan Atap Spandek

Kanopi Baja Ringan

Bahan satu ini merupakan bahan yang sudah tidak dipisahkan dari konstruksi sebuah bangunan. Baja ringan dapat menjadi alternatif ketika Anda menginginkan kanopi yang modern dan tahan lama tetapi tidak ingin menggunakan beton.

Selain itu, baja ringan juga umumnya sudah berbentuk batangan. Hal ini dapat memudahkan proses pemasangan di dapur terbuka di rumah Anda.

Ketika Anda akan memutuskan untuk menggunakan kanopi pada rumah atau bangunan, sebaiknya Anda perlu juga untuk mengetahui cara menghitung kebutuhan besi hollow untuk kanopi.

Jadi itulah informasi terkait kanopi untuk dapur terbuka yang dapat Anda jadikan inspirasi. Untuk membuat kanopi yang kokoh dan tahan lama, Anda jangan sampai salah memilih besi. Besi galvanis dari Indosteger merupakan pilihan tepat untuk menjadi kanopi dapur terbuka. Indosteger menjadi solusi kebutuhan besi galvanis dengan berbagai ukuran untuk Anda. ingin tahu lebih dalam terkait ketersediaan material konstruksi ini? Dengan informasi kanopi untuk dapur terbuka, cek harga besi UNP galvanis dari IndoSteger sekarang juga.

Recent Articles