indosteger@gmail.com   +62218294428

News

8 Model Atap Rumah Tanpa Plafon untuk Hunian Anda

Bagi sebagian orang, model atap rumah tanpa plafon merupakan pilihan yang tepat untuk hunian sebab selain biaya yang tidak sedikit, plafon juga banyak digunakan sebagai tempat tinggal hewan seperti tikus. Keberadaan tikus tersebut dapat mengganggu karena suara larian yang ditimbulkan pada waktu istirahat dan tidak jarang membuat plafon jebol akibat pergerakannya. 

Kelebihan yang ditawarkan oleh rumah tanpa plafon ini adalah memberikan kesan ruangan yang luas dan memberikan kesejukan jika dipadukan dengan material atap anti panas seperti tanah liat, metal, beton, dan lain sebagainya.

Namun, memilih menggunakan atap tanpa plafon juga menimbulkan kekhawatiran pada nilai estetika rumah. Padahal, Anda dapat tetap membuat tampilan yang cantik dan menawan pada rumah meskipun tanpa adanya plafon di bagian atap. Simak informasi rekomendasi model atap rumah tanpa plafon pada artikel berikut.

Apa Saja Model Atap Rumah Tanpa Plafon?

Material atap saat ini mengalami perkembangan yang sangat baik, maka dari itu Anda tidak perlu lagi khawatir mengenai suhu panas yang akan tercipta. Pilihan material atap yang beragam membolehkan Anda memiliki hunian tanpa plafon namun dengan bahan atap anti panas. Berikut ini berbagai model yang dapat menjadi inspirasi atap tanpa plafon pada rumah:

1. Model Atap Rangka Baja

Model Atap Rangka Baja

Model atap rangka baja dapat menjadi pilihan model rumah tanpa plafon yang awet dan tetap cantik. Anda dapat memadukan atap rangka baja dengan material penutup atap berupa keramik atau metal agar tetap terlihat unik dan menarik.

Baca Juga: Ketahui Cara Menghitung Rangka Atap Baja Ringan

Pada beberapa bagian rumah, Anda juga dapat menggunakan kaca transparan untuk memberikan cahaya tambahan dan memberikan tampilan rumah yang lebih terang. Penggunaan baja menjadi salah satu ide atap tanpa plafon terbaik sebab ketahanannya terhadap cuaca dan tidak akan keropos.

2. Model Atap Rangka Kayu

Model Atap Rangka Kayu

Rangka atap rumah umumnya menggunakan kayu. Pastikan Anda menggunakan kayu yang memiliki ketahanan tinggi sehingga tidak mudah keropos. Rangka kayu pada atap rumah tanpa plafon memberikan kesan minimalis dan elegan. Padukan dengan cat rumah berwarna putih dan tambahkan lampu gantung serta beberapa ornamen minimalis lainnya untuk membuat kesan rumah yang tampak tinggi dan hangat untuk keluarga.

3. Model Atap Tampak Kuda-Kuda

Model Atap Tampak Kuda-Kuda

Memperlihatkan kuda-kuda atap rumah dapat menjadi salah satu ide model atap rumah tanpa plafon. Model ini akan memberikan konsep rumah industrial atau unfinished seperti yang saat ini sedang banyak diminati. Gunakan penutup atap berwarna cerah seperti putih atau cokelat terang serta lampu gantung untuk membuatnya tampak cantik. Kuda-kuda pada atap juga menambah nilai estetika rumah dan membuat rumah tampak lebih luas serta bersih.

Baca Juga: Cara Hitung Rumus Tinggi Kuda Kuda Atap Rumah dengan Mudah

4. Model Atap Beton

Model Atap Beton

Model rumah industrial dapat pula diwujudkan dengan penggunaan atap beton. Dengan atap beton, Anda tidak lagi membutuhkan plafon sebab pemasangan atap beton umumnya dibuat rata. Jadi, Anda dapat menambahkan berbagai ornamen seperti lampu, kipas angin yang menempel di atap hingga memberikan warna tambahan. Atap beton juga memiliki kelebihan menghalau panas dan membuat ruangan menjadi lebih lembap serta sejuk. 

5. Model Atap dengan Kayu atau Bambu 

Model Atap dengan Kayu atau Bambu 

Model atap dengan bambu dapat digunakan pada bagian rumah tertentu. Menggunakan bambu atau kayu yang disusun yang diberi warna senada dengan konsep rumah dapat menjadi nilai unik sebab memberikan tampilan bambu yang berjajar dan memanjang dengan beberapa sela kecil sebagai tempat masuknya cahaya. 

6. Model Atap dengan Batu Bata

Model Atap dengan Batu Bata

Batu bata tidak hanya dapat digunakan pada bagian dinding saja, namun Anda dapat menggunakannya pada bagian atap untuk mempercantik dan menciptakan model rumah brick house. 

Penggunaan batu bata memberikan kesan yang unik, menarik, dan elegan karena menunjukkan motif bata yang tersusun rapi serta memiliki warna yang cantik. Terdapat berbagai macam batu bata yang dapat Anda pilih seperti batu bata merah, batako, hebel, batu bata berlubang, hingga batu bata custom.

7. Model Atap dengan Bentuk Melengkung

Model Atap dengan Bentuk Melengkung

Untuk menghindari penggunaan plafon, model atap dengan bentuk yang melengkung dapat menjadi pilihan yang tepat. Model ini akan membuat rumah terlihat unik dan tampak lebih luas. Model atap tanpa plafon dengan bentuk melengkung memberikan ruang yang tinggi ke bagian atap. Anda dapat memanfaatkan ketinggian tersebut untuk membuat mezzanine untuk ruangan bersantai atau kamar tidur. 

8. Model Atap dengan Desain Unik

Model Atap dengan Desain Unik

Selain memanfaatkan rangka atap, Anda juga dapat membuat tampilan atap yang artistik dengan desain unik pada langit-langit atap. Manfaatkan kayu sisa pembangunan menjadi hiasan atap dengan bentuk tertentu seperti bergelombang atau lurus berjejer. Cara ini juga dapat mengurangi sampah pembangunan dan membantu menjaga lingkungan. 

Jadi itu dia berbagai inspirasi model atap tanpa atap yang dapat Anda coba terapkan. Meski memberikan kesan sejuk, perlu diketahui pula bahwa rumah tanpa plafon dapat memberikan beberapa kerugian pula. Salah satunya yaitu tidak tersedianya tempat untuk meletakkan instalasi kabel di bagian atas rumah.

Pastikan Anda selalu melakukan konsultasi dengan ahlinya sebelum membangun rumah, sebab menentukan segala sesuatu sendiri tanpa pengetahuan mengenai struktur rumah yang cukup akan membahayakan, terlebih ada kaitannya dengan atap. Jika memang pembangunan rumah tanpa plafon memungkinkan dan aman, Anda dapat mulai melakukan persiapan pembangunan. 

Gunakan scaffolding dan berbagai komponennya seperti tangga scaffolding yang kuat dan berkualitas seperti yang disediakan oleh Indosteger. Anda bisa mendapatkan scaffolding kualitas unggulan dengan harga yang terjangkau. 

Indosteger berpengalaman dalam menyediakan pelayanan sewa scaffolding dengan material ramah lingkungan dan teknologi canggih. Tunggu apa lagi? Kunjungi Indosteger sekarang juga. Semoga berbagai inspirasi model atap rumah tanpa plafon di atas dapat bermanfaat untuk Anda.

Recent Articles