indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Pilihan Model Rumah Tingkat Samping

Model rumah tingkat samping merupakan salah satu model rumah yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, terutama di daerah perkotaan. Terbatasnya lahan dan tingginya harga tanah di perkotaan membuat desain rumah dengan model tingkat samping ini dirasa tepat dan cocok sekali untuk dibangun di tengah kota. 

Konsep model rumah tingkat samping ini memungkinkan Anda untuk tidak perlu membeli lahan atau tanah yang terlalu luas untuk membangunnya. Rumah dengan model tingkat samping juga memakan biaya yang relatif lebih murah dibandingkan model rumah tingkat lainnya. Hal itu dikarenakan Anda tidak perlu membangun keseluruhan lantai untuk bagian atasnya, melainkan hanya bagian di sisi kanan atau kirinya saja.

Bagi Anda yang ingin membangun atau memiliki rumah tingkat dengan model tingkat samping silakan baca artikel ini sampai selesai. Kami akan memberikan beberapa rekomendasi model rumah tingkat samping yang bisa dijadikan bahan referensi Anda.

Apa Keuntungan Memiliki Rumah Tingkat?

Sebelum kita membahas model rumah tingkat samping, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja keuntungan yang didapat dengan memiliki rumah tingkat. Berikut ini beberapa keuntungan atau manfaat yang bisa Anda rasakan saat memiliki rumah tingkat.

1. Memiliki Banyak Ruang

Hal pertama yang bisa Anda rasakan dengan memiliki rumah tingkat adalah ruangan yang lebih banyak. Anda bisa memanfaatkan tiap lantainya dengan beragam fungsi sesuai keinginan. Contohnya Anda bisa memanfaatkan lantai atas untuk kamar tidur dan ruang keluarga, sedangkan lantai bawah bisa Anda gunakan untuk dapur, ruang tamu dan ruang makan.

2. Pilihan Desainnya Beragam

Rumah tingkat memiliki desain yang beragam sehingga memungkinkan Anda berkreasi sekreatif mungkin dalam membangun rumah agar tidak terkesan membosankan. Terutama bagian interiornya, banyaknya ruangan yang tersedia membuat Anda bisa mengombinasikan dekorasi unik sedemikian rupa.

Baca Juga: Bagaimana Membuat Desain Arsitektur yang Unik?

3. Privasi yang Lebih Aman

Rumah tingkat membuat Anda memiliki ruang privasi yang lebih tinggi, karena akan lebih sulit untuk dijangkau oleh orang lain. Ruang privasi ini posisinya harus berada di lantai atas agar orang yang ada di lantai bawah tidak bisa melihatnya.

4. Memiliki Pemandangan Menarik

Rumah tingkat biasanya akan memiliki pemandangan yang lebih menarik karena dapat melihat pemandangan dari lantai atas. Apalagi jika rumah Anda terdapat balkon di atasnya akan memberikan spot untuk menikmati pemandangan dengan nyaman.

5. Cocok untuk Perkotaan

Desain rumah tingkat sangat cocok untuk dibangun di wilayah perkotaan. Hal tersebut dikarenakan rumah tingkat mengusung konsep desain yang elegan dan modern serta minimnya ketersediaan lahan di perkotaan membuat desain rumah tingkat ini menjadi pilihan yang tepat untuk membangun rumah.

Baca Juga: Cara Menghitung Biaya Bangun Rumah 2 Lantai dengan Mudah

Apa Saja Inspirasi Model Rumah Tingkat Samping?

Penerapan model rumah tingkat samping saat ini diminati banyak orang. Selain karena biayanya yang lebih murah, modelnya yang unik dan menarik serta elegan menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian orang.

Berikut ini adalah beberapa inspirasi desain rumah tingkat untuk Anda yang bisa dijadikan referensi dalam membangun model rumah tingkat samping.

1. Bentuk Atap Asimetris

Model rumah tingkat samping yang menggunakan konsep atap asimetris ini akan memberikan kesan unik pada rumah Anda. Bentuk atapnya yang tidak beraturan membuat rumah Anda terlihat berbeda dengan rumah lainnya. 

Meskipun demikian, rumah dengan atap asimetris ini tetap memberikan kesan modern dan juga kenyamanan bagi penghuninya.

Baca Juga: 8 Jenis Atap Rumah Multiroof dan Keunggulannya

2. Rumah Kontainer

Penggunaan kontainer bekas banyak dimanfaatkan untuk keperluan bisnis seperti kafe, dekorasi studio dan lain-lain. Namun, tahukah Anda bahwa material kontainer bekas juga banyak dipakai untuk keperluan rumah? 

Menggunakan kontainer bekas untuk model rumah tingkat samping akan memberikan kesan retro yang sangat keren dan menarik pada desain rumah Anda. Pemasangan kontainer juga dirasa lebih praktis dan cepat daripada batu bata.

3. Jendela Berukuran Besar

Memasangkan jendela pada rumah Anda dapat membuat rumah menjadi lebih terang karena pencahayaan alami yang masuk kedalam rumah. Untuk model rumah tingkat samping, Anda dapat menggunakan jendela dengan ukuran yang besar. 

Hal tersebut akan memberikan kesan yang lega untuk rumah Anda. Sirkulasi udara dan cahaya alami pun terlihat sempurna, sehingga rumah Anda terasa fresh dan nyaman.

4. Aksen Batu Alam dan Kayu

Model rumah tingkat samping akan memberikan kesan minimalis karena memang biasanya dibangun di atas lahan yang tidak terlalu luas. Namun, kesan minimalis tersebut akan menjadi lebih indah jika diberikan sentuhan aksen batu alam dan kayu.

Baca Juga: 8 Jenis Kayu Untuk Furniture Rumah

Perpaduan aksen material batu alam dan kayu bisa membuat rumah Anda terlihat lebih mewah, keren dan juga elegan. Selain itu, rumah Anda juga akan terasa lebih hangat dan enak untuk dipandang.

Bagaimana? Apakah Anda sudah ada gambaran model rumah tingkat samping? Model rumah ini bisa menjadi salah satu solusi bagi Anda yang ingin memiliki tempat tinggal atau rumah di tengah kota. Keterbatasan lahan dan biaya bukan lagi menjadi alasan untuk Anda tidak bisa membangun rumah di tengah kota jika menggunakan model rumah tingkat samping ini.

Pembuatan model rumah tingkat samping ini tidak jauh berbeda dengan rumah tingkat pada umumnya. Dalam pembuatannya, anda pasti memerlukan bantuan alat scaffolding atau steger untuk menjangkau bagian konstruksi yang lebih tinggi. Untuk menghemat biaya, lebih baik Anda sewa steger daripada harus membelinya. Anda bisa menyewa steger di Indosteger dengan harga terbaik dan juga kualitas yang terjamin mutunya. Segera hubungi tim kami di sini untuk konsultasikan kebutuhan Anda sekarang juga.

Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi bagi Anda yang ingin membangun model rumah tingkat samping.

Recent Articles