indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Begini Cara Membuat Cakar Ayam yang Benar

Pondasi cakar ayam sangat populer dalam dunia konstruksi, terutama dalam hal pembangunan jembatan besar, jalan layang, dan landasan pacu. Pondasi ini dalam sejarahnya dikenalkan oleh seorang arsitek terkemuka, yakni Ir. Sedijatmo pada tahun 1961 saat membangun menara untuk listrik dengan tegangan tinggi. Lalu, apa saja manfaat dari pondasi ini dan bagaimana cara membuat cakar ayam? Artikel ini akan membahasnya lebih dalam.

Manfaat dan Keunggulan Pondasi Cakar Ayam dalam Konstruksi Bangunan

Pondasi cakar ayam ini memiliki berbagai keunggulan. Hal ini sudah terbukti dengan digunakan pada berbagai macam konstruksi di Indonesia. Jika diuraikan lebih lanjut, maka adapun manfaat dan keunggulan dari pondasi cakar ayam adalah sebagai berikut.

  • Bisa Digunakan Pada Struktur Tanah yang Lembek

Pondasi satu ini dapat diandalkan pada kontur tanah yang lembek sekalipun atau pada tanah yang berair. Hal itu sangat berbeda dengan pondasi konvensional yang tidak dapat digunakan pada tanah yang lembek maupun berair karena dikhawatirkan dapat amblas. Pada cakar ayam pun memiliki daya dukung dan tidak memerlukan sela untuk dapat mengambang akibat perubahan iklim.

  • Tak Perlu Sistem Drainase

Keunggulan selanjutnya dari pondasi cakar ayam adalah tidak memerlukan sistem drainase maupun sambungan yang disebut kembang kusut. Pasalnya, pondasi cakar ayam menggunakan beton kuat dan padat. Dengan begitu, pondasi ini tidak memerlukan sistem drainase sehingga dapat memangkas pembiayaan pada saat membangun konstruksi.

Membuat Pondasi Cakar Ayam yang Benar

Setelah Anda mengetahui sekilas mengenai pondasi cakar ayam, maka kini saatnya untuk mengetahui bagaimana cara membuat cakar ayam. Seperti apa langkah-langkah dan prosesnya, simak ulasannya di bawah ini.

  • Tentukan Besaran Biaya

Merancang dan cara membuat cakar ayam memang tidak mudah. Di sini, Anda selain dituntut untuk memilih baja dengan kualitas terbaik juga penting untuk menentukan berapa besaran biaya yang diperlukan nantinya.

Untuk jenis besi yang digunakan adalah besi ulir maupun besi yang masih mulus. Ukuran diameter besi juga menjadi patokan dalam menentukan harganya. Contohnya, tulangan besi dengan ukuran 80 cm x 80 cm seharga kurang lebih Rp300.000 dengan jenis besi ulir.

Selain harga besinya, Anda juga perlu memperhatikan upah tukang untuk memasang dan membangun pondasi tersebut. Terkadang, upah tukang ini dibebankan dengan cara borongan misalnya Rp60.000 hingga Rp75.000 pada satu rangkaian tulangan besi. Agar tak membengkak, Anda dapat melakukan penawaran harga.

  • Rangka Baja yang Diperlukan

Memilih rangka baja terbaik dalam membuat pondasi cakar ayam adalah hal yang mutlak untuk dilakukan. Anda dapat memilih tulangan baja tersebut dengan jeli dan teliti. Tujuannya, tulangan atau baja yang digunakan dapat bertahan dalam waktu yang lama, terutama dalam menghadapi berbagai macam kondisi.

Contohnya adalah baja yang diubah menjadi bengkok dan masih banyak lainnya. Pemilihan besi tersebut harus dilakukan oleh para ahlinya. Jika tidak, hal ini akan berdampak fatal pada bangunan, misalnya mengenai ukuran besi yang digunakan.

  • Membuat Bagian Dasar

Selain hal-hal di atas, yang perlu Anda perhatikan dalam mengetahui cara membuat cakar ayam adalah pengaplikasian pada bagian dasarnya. Untuk dasar tersebut, terkadang menyesuaikan dengan beban bangunan maupun kondisi tanah yang akan dibangun. Dasar pondasi cakar ayam ini dibuat menggunakan pipa besi dengan jarak sumbunya sekitar 2 meter hingga 3 meter. Sementara itu, diameternya 1,2 meter dengan ketebalan 8 centimeter.

Sementara untuk bagian pelat betonnya, ketebalan yang biasanya digunakan mencapai 10 centimeter hingga 15 centimeter. Jika dibagi lagi, maka struktur dari pondasi cakar ayam ini terdiri dari tiga bagian utama. Bagian ini di antaranya adalah besi tulangan kolom, lalu pada bagian tengahnya diperkuat dengan adanya begel. Kemudian, begel tersebut digunakan untuk menopang tulangan kolom pada sisinya.

Jika Anda sedang dalam proyek konstruksi, PT. Indosteger Jaya Perkasa adalah Pabrik sekaligus supplier Scaffolding di Indonesia. Kami melayani kebutuhan sewa sekaligus jual scaffolding, silahkan konsultasikan kebutuhan Scaffolding Anda di sini.

Setidaknya, itulah beberapa langkah yang dapat dilakukan dalam cara membuat cakar ayam untuk konstruksi. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

You May Also Like