indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Jenis Tanaman Pagar Berbunga dan Cara Merangkainya

Menentukan tanaman pagar berbunga untuk mempercantik tampilan pagar rumah Anda perlu dilakukan dengan penuh pertimbangan. Ada banyak pilihan yang bisa Anda gunakan sehingga Anda perlu memilih yang memang paling sesuai. Sekarang, banyak orang menginginkan tampilan pagar yang cantik dengan tanaman berbunga karena faktor estetika. Berikut informasi cara membuat tanaman pagar berbunga yang khusus dirangkum untuk Anda!
 

Jenis Tanaman Pagar Berbunga

Untuk membuat tanaman pagar berbunga, Anda perlu mempertimbangkan sejumlah tanaman yang bisa Anda tanam untuk mempercantik tampilan pagar. Berikut beberapa pilihan tanaman pagar yang bisa Anda pakai:
 

1. Bunga Kertas 

Bunga yang dikenal juga dengan nama bougenvil ini sangat sering dipakai sebagai tanaman pagar berbunga karena kecantikannya. Selain cantik, bunga ini juga mempunyai daya tahan hidup yang sangat panjang sehingga kamu tidak perlu terlalu repot untuk melakukan perawatan. Jika Anda termasuk orang yang kaya kreativitas, Anda bisa mengatur tanaman ini untuk dapat menjalar atau merambat ke pagar rumah dan membuatnya terlihat makin indah. Harganya juga terjangkau, jadi patut untuk Anda pertimbangkan.

Baca juga: 5 Cara Menata Bunga di Teras Rumah dengan Rapi
 

2. Lee Kuan Yew

Disebut juga Curtain Creeper, tanaman ini umum dipakai untuk menghiasi pagar hotel-hotel bintang atas sehingga memancarkan kesan mewah. Kepopulerannya tersebut mungkin salah satunya didukung dengan keunggulannya dalam cepat tumbuh, sangat mudah untuk dikembang biakkan, dan dijual dengan harga sangat murah. Harga per bibit polybag dibanderol Rp2.500 saja. Anda bisa menanamkan di atas pagar karena tanaman ini punya batang yang menjalar ke bawah dan memanjang.
 

3. Kembang Sepatu

Tanaman yang masuk kategori tanaman semak ini berasal dari Asia timur dan sudah umum dijadikan sebagai tanaman karena mempunyai bunga yang cantik. Selain cocok untuk dijadikan tanaman hias, kembang sepatu juga cocok untuk dijadikan sebagai tanaman pagar berbunga yang memperindah tampilan pagar rumahmu dengan bunganya yang berwarna warni. Bunga cantik ini pun mendapat julukan “Ratu Bunga Tropis” dan Queen Of Dreams.
 

4. Morning Glory

Tanaman pagar berbunga satu ini bisa merambat dan membuat pagar rumah Anda terlihat makin cantik. Banyak orang menggunakannya sebagai tanaman pagar karena bunganya yang menarik dan dapat menjalar dengan baik. Menggunakan pagar sebagai media rambatnya, tanpa perlu banyak dirawat, tanaman ini perlahan tapi pasti akan menjalar di pagar dan membentuk pagar yang cantik. Plus, morning glory mempunyai aroma yang sangat harum, khususnya ketika mekar di pagi hari. 

Baca juga: 6 Bahan Untuk Menjadi Dekorasi Kamar Minimalis
 

5. Soapwort

Satu lagi tanaman pagar berbunga yang bisa Anda pertimbangkan, soapwort. Tanaman yang mempunyai ciri bunga lebat dan berwarna pink keungu-unguan ini kerap dipakai sebagai bahan dasar pembuatan sabun. Kegunaannya makin bertambah sejak dipakai sebagai tanaman untuk pagar rumah karena memukau banyak orang dengan kecantikannya. Perawatannya sendiri tidak repot, bunga ini hanya membutuhkan air dan sinar matahari secara langsung untuk hidup dengan baik.
 

6. Thunbergia

Ini adalah bunga cantik yang hampir mirip dengan bunga matahari. Bedanya, bunga thunbergia mempunyai ukuran yang lebih kecil. Bunga yang berasal dari Swedia ini sangat cocok untuk dipakai sebagai tanaman pagar rumah karena kecantikannya dan sifatnya yang mampu menahan panas.
 

7. Teh Tehan

Tanaman teh tehan adalah tanaman hias yang berbentuk seperti semak. Dari namanya, tanaman ini memiliki daun yang berbentuk seperti daun teh.

Teh tehan cocok untuk dijadikan sebagai tanaman pagar hidup. Daunnya yang berbentuk sedang akan tumbuh membentuk barisan yang rapat yang dapat menghalau debu masuk ke pekarangan rumah Anda. Daun dari tanaman pagar rumah satu ini juga dapat berfungsi untuk menjadi obat yang dapat meningkatkan kesegaran tubuh.
 

8. Bunga Soka

Tanaman hias satu ini memiliki bunga cantik yang sangat cocok untuk menghiasi pagar rumah Anda. Bunga Soka memiliki bunga berwarna merah cerah yang dapat menarik perhatian orang-orang.

Anda dapat menggunakan Bunga Soka berdampingan dengan tanaman hias lain yang berwarna hijau untuk dijadikan pagar tanaman. Bunga Soka akan secara alami tumbuh di atas tanaman hijau yang Anda tanaman di sekitarnya yang membuat tampilan pagar tanaman rumah Anda semakin menarik.

Baca juga: Cara Menghitung Luas Bangunan dengan Mudah yang Bisa Anda Terapkan
 

Kelebihan Tanaman Merambat untuk Pagar Rumah

Ada sejumlah kelebihan yang bisa Anda dapatkan dari menggunakan tanaman pagar berbunga yang merambat, di antaranya:

Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk melakukan perawatan karena tanaman pagar yang merambat lebih mudah dirawat mengingat tumbuhan akan merambat dengan sendirinya.

Tampilan pagar tanpa tanaman bisa terlihat monoton. Jadi, jika pagar rumah dikombinasikan dengan tanaman yang merambat dan berbunga, pagar rumah pastinya akan terlihat elegan dan indah.

Tumbuhan yang merambat juga memiliki keunggulan dalam hal media tanam. Anda tidak membutuhkan media tanaman yang cukup luas karena tumbuhan rambut dengan sendirinya akan merambat dengan baik dan mempercantik pagar.

Baca juga: 5 Inspirasi Tampilan Berbeda Kanopi Untuk Dapur Terbuka

Jadi, sekarang Anda sudah tahu cara membuat tanaman pagar berbunga. Tanaman yang Anda pilih pastinya tidak bisa digunakan jika rumah Anda belum memiliki pagar. Pastikan Anda membuat pagar terbaik dengan menggunakan produk dari Indosteger. Dapatkan harga besi hollow 4x4 untuk pagar terbaik dari Indosteger untuk menciptakan tanaman pagar berbunga idaman Anda.

Recent Articles