indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Berapa Standard Ukuran Tangga Rumah yang Aman dan Nyaman?

Dalam membangun rumah 2 lantai, Anda harus tahu berapa standard ukuran tangga rumah yang biasa digunakan secara umum. Dengan mengetahui standar ukuran tangga rumah, Anda bisa memperkirakan berapa banyak material yang dibutuhkan dalam pembuatan tangga tersebut.

Perhitungan ukuran standar tangga juga tentu saja dapat membuat tangga aman dan nyaman untuk dipakai. Selain itu, Anda juga tidak akan membuang space ruangan dengan sia-sia karena semuanya telah diperhitungkan dengan matang.

Melalui artikel ini, Indo Steger akan memberikan informasi penting kepada Anda mengenai standar ukuran tangga rumah. Dengan informasi ini, Anda dapat membuat tangga yang baik dan tepat.
 

Standar Ukuran Tangga Rumah Berdasarkan Komponennya

Untuk membuat tangga rumah sesuai dengan ukuran standar, Anda perlu menghitungnya berdasarkan komponen yang terpasang pada tangga terlebih dahulu, yaitu:

1 . Kemiringan Tangga

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan dalam pembuatan tangga adalah kemiringannya. Pada umumnya, kemiringan tangga yang sesuai dengan ukuran standar adalah 42 derajat. Dalam beberapa kasus, ada juga jenis tangga yang melebihi ukuran standar berdasarkan dengan fungsinya.
 

2 . Panjang dan Lebar Anak Tangga

Ukuran panjang standar minimum anak tangga adalah 90 cm. Ukuran tersebut cocok untuk diaplikasikan pada pembuatan tangga di rumah dengan model minimalis.

Agar tangga dapat lebih nyaman untuk digunakan, maka ukuran panjang standar maksimum yang direkomendasikan adalah 120 cm. Panjangnya anak tangga tentu akan memudahkan penghuninya dalam bergerak karena ada space yang lebih luas dalam setiap pijakannya.

Untuk lebar tangga ideal atau yang biasa disebut dengan tread memiliki ukuran standar minimum yaitu 22 cm. Sedangkan ukuran standar maksimumnya adalah 30 cm.

Baca Juga: Inilah Cara Menghitung Volume Tangga
 

3 . Ukuran Riser

Riser merupakan ketinggian antar anak tangga. Riser ini memiliki ukuran standar minimum yaitu 15 cm dan ukuran standar maksimumnya adalah 22 cm.

Riser tidak boleh memiliki ukuran yang terlalu tinggi karena siapapun akan sulit untuk menaiki tangga dengan riser yang tinggi. Sebaliknya, riser yang terlalu rendah akan membuat orang mudah tersandung dan dari segi biaya material yang dikeluarkan juga akan menjadi lebih tinggi.
 

4 . Jumlah Anak Tangga

Standarnya, jumlah anak tangga yang diperlukan untuk rumah 2 lantai adalah 36 anak tangga. Akan tetapi, Anda bisa menambah anak tangga tersebut apabila ketinggian rumah melebihi ukuran tinggi pada umumnya.

Dengan jumlah 36 anak tangga tersebut, maka Anda perlu membuat bordes. Bordes ini merupakan pijakan yang terpasang di tengah-tengah tangga dan biasanya berbentuk kotak.

Jumlah bordes yang disarankan untuk tangga pada rumah 2 lantai adalah 1 bordes. Ukurannya dapat mengikuti panjang rumus anak tangga atau setidaknya dapat memuat 3 hingga 4 langkah orang dewasa.
 

5 . Ketinggian Handrail

Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan dalam pembuatan tangga adalah ukuran railing tangga atau pegangan tangga. Untuk kemiringannya, handrail hanya perlu mengikuti kemiringan tangga saja.

Handrail memiliki ukuran tinggi standar minimum yaitu 90 cm. Sedangkan untuk ukuran tinggi standar maksimumnya, Anda dapat memasang handrail pada ketinggian 100 cm dari anak tangga.

Jadi, itulah informasi yang dapat kami berikan jika Anda ingin membuat tangga sesuai dengan ukuran standar. Apabila Anda membutuhkan scaffolding untuk digunakan dalam pembuatan tangga, Indo Steger memiliki layanan rental scaffolding Jakarta dan jangan lupa untuk menerapkan standar ukuran tangga rumah sesuai dengan informasi yang telah kami berikan di atas.

Recent Articles

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya