indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Begini Cara Membuat Bekisting Tangga yang Benar

Pada pekerjaan konstruksi beton, bekisting adalah salah satu material konstruksi pendukung. Bekisting sendiri berbahan dasar dari berbagai jenis material konstruksi, yaitu kayu, aluminium, dan banyak lagi lainnya. Cara membuat bekisting juga tergantung pada jenis material yang digunakan. Pemilihan material yang digunakan lebih baiknya mempertimbangkan berbagai segi, yaitu dari segi teknis pemasangan dan segi nilai ekonomisnya.

Pembuatan bekisting biasanya dapat dibentuk secara konvensional pada tempat bekerja. Selain itu, cara membuat bekisting tangga juga bisa melalui sistem pabrikasi atau dengan pengembangan sistem bekisting yang mudah dalam pemasangannya, daya tahan yang dimiliki kuat, tahan lama, dan juga mudah dibongkar.

Dari penjelasan di atas, bisa diambil kesimpulan bahwa bekisting adalah sebuah konstruksi non-permanen yang dapat menahan suatu beban berat seperti berat beton basah dan beban ketahanan lamanya bahan tersebut. Selain itu, bekisting juga bisa menjadi sarana pendukung. Dalam mencetak konstruksi beton, bekisting menjadi sarana pendukungnya yang telah disesuaikan dengan bentuk, ukuran, rupa, dan tekstur permukaan yang diinginkan.

Bisa disimpulkan bahwa bekisting memiliki peran penting dalam proses produksi konstruksi beton. Bebannya timbul akibat spasi beton juga beban luar yang lain, yang mana bisa menyebabkan perubahan bentuk pada beton tersebut. Meskipun begitu, perubahan tersebut tidak melebihi batas ambang yang telah diputuskan. Untuk proses produksi beton secara masal dapat bekerja dengan mudah, bekisting harus mudah dipasang, dilepas, dan dipindahkan.

Pembuatan bekisting juga harus berpatokan pada faktor ekonomi agar biaya operasional bekisting dapat berkurang. Salah satu fungsi bekisting yang lain adalah membuat jenis-jenis tangga rumah dari berbagai jenis rumah tinggal. Bekisting biasa dipakai sebagai dasar pembuatan tangga beton pada rumah tinggal. Tangga yang dibuat dengan rancangan bekisting memiliki fungsi untuk menghubungkan lantai satu dengan lantai yang berada di atasnya.

Tangga beton ini sering digunakan pada rumah bermodel minimalis sederhana dan juga berbagai jenis desain rumah minimalis lainnya. Dalam proses pembuatan tangga untuk rumah tinggal, bekisting memiliki fungsi yang sangat penting. Apabila bekisting tidak dapat menahan beban atau tidak terpasang dengan baik dan benar, maka tangga rumah tidak dapat terbangun dengan baik pula.

Pembuatan bekisting sendiri dibagi menjadi dua jenis. Bekisting yang dibuat secara tradisional dan dibuat dalam sistem pabrikasi. Cara membuat bekisting tangga memiliki kesamaan dengan cara membuat bekisting pada umumnya. Jika Anda memiliki keinginan untuk membuat sendiri beikisting tangga di rumah Anda, Anda harus mengetahui beberapa tahapan pembuatan bekisting yang baik dan benar. Bagaimana cara membuat bekisting tangga yang baik dan benar? Artikel ini membahas tahapan-tahapan tersebut.

Tahap Persiapan

Bekisting yang ingin dibangun harus disesuaikan dengan kebutuhan tangga yang akan dibuat. Sebelum membuat bekisting, perhitungan bekisting tangga harus diperhatikan dengan seksama tanpa ada salah perhitungan. Setelah Anda sudah yakin bahwa perhitungan bekisting tangga sudah dilaksanakan dengan tepat, Anda bisa memulai proses pembuatan. Hal pertama yang harus Anda siapkan adalah tripleks yang berukuran 25 x 450 cm sebanyak dua buah untuk dua sisi. Biasanya tripleks memiliki ukuran panjang sekitar 8 kaki atau sekitar 244 cm. Oleh karena itu, Anda bisa menyambungkan 2 buah tripleks menjadi satu bagian agar Anda bisa mendapatkan ukuran 450 cm.

Proses Penyambungan Tripleks

Dalam menyambungkan tripleks, Anda memerlukan tambahan kayu yang berukuran 1 x 2 inci dan memiliki panjang 4,5 meter. Dalam hal ini, Anda harus menggunakan paku berukuran 1,5 inci. Penyambungan tripleks ini sendiri memiliki fungsi untuk membuat lembaran tripleks menjadi lembaran yang mempunya daya tahan lebih kuat dan kaku.

Potong Tripleks

Tripleks yang sudah ada kemudian dipotong dengan ukuran 41,8 x 450 cm2 sebanyak dua buah. Tripleks yang telah dipotong lalu disambungkan seperti yang telah dilakukan pada tahap proses penyambungan tripleks dan pemotongan tripleks. Akan tetapi, Anda bisa menggunakan 3 batang kayu yang memiliki ukuran 1 inci x 2 inci x 4,5 meter. Hal ini dikarenakan tripleks semacam itu memiliki bidang yang jauh lebih lebar agar hasilnya kuar dan kaku, yaitu sekitar 41,8 cm.

Merakit Tripleks dan Membuat Setang Pemaku

Langkah selanjutnya dalam cara membuat bekisting tangga adalah perakitan tripleks. Keempat buah tripleks yang sudah siap kemudian dirakit satu sama lain. Kemudian adalah membuat setang pemaku untuk mengunci keempat sisi bekisting supaya bekisting tersebut semakin kuat dan kokoh.

Baca Juga : Apa yang Menyebabkan Bekisting Tangga Roboh?

Begitulah cara membuat bekisting tangga sendiri di rumah. Cara membuat bekisting tangga ini sebenarnya tidak terlalu susah, hanya saja membutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi. Jika Anda mengalami kesulitan dalam pembuatan bekisting tangga, Anda bisa berkonsultasi dengan ahlinya. Semoga bermanfaat!

You May Also Like