indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Apa itu Dasar Dasar Konstruksi Bangunan yang Harus Anda Pahami

Sebuah bangunan tidak dapat berdiri tanpa dasar-dasar konstruksi bangunan yang baik, terutama pada rumah tinggal. Setiap orang pasti memimpikan sebuah rumah hunian yang nyaman dan mampu berdiri kokoh dalam jangka waktu yang panjang. Dapat dikatakan bahwa konstruksi adalah tubuh bagi bangunan. 

Dalam mewujudkan hal tersebut, proses pembangunan harus memperhatikan elemen dasar konstruksi bangunan. Anda dapat belajar dan memahami dasar-dasar konstruksi bangunan melalui ulasan di bawah ini.

Apa Saja Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan?

Konstruksi bangunan terbagi ke dalam 2 bagian yaitu penopang dan pendukung. Dalam konstruksi tersebut, berikut merupakan dasar-dasar konstruksi bangunan yang harus Anda ketahui:

1. Fondasi

Bagian penopang bangunan yang bersentuhan langsung dengan tanah adalah fondasi. Fondasi dalam bangunan berfungsi untuk menopang seluruh beban bangunan serta memungkinkannya untuk berdiri kokoh dan menyalurkan beban yang diterima ke tanah di sekitarnya. Dalam membangun fondasi, terdapat beberapa kriteria yang harus terpenuhi. 

Salah satunya adalah penempatan pada lokasi yang aman. Artinya, fondasi harus dibangun di tempat yang aman atau menyesuaikan kondisi lokasi pembangunan yang dapat meminimalisir risiko bencana seperti tanah longsor dan penurunan tanah. Material yang digunakan dalam fondasi bangunan umumnya adalah batu kali, batu bata, atau beton.

2. Beton

Berbeda dengan fondasi, beton yang berbentuk balok pada bagian bawah berfungsi untuk melanjutkan beban ke bagian yang berada di bawahnya.. Konstruksi bangunan tunggal ini juga dapat memberikan kemudahan dalam proses konstruksi bangunan.

Baca Juga: Daftar Berat Jenis Beton Bertulang Sebagai Material Bangunan

Penurunan letak dapat terjadi di beberapa bangunan karena tanah memiliki kemampuan menopang bangunan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sangat penting untuk membangun bangunan dengan campuran material berupa baja dan beton. Tujuannya agar bangunan tetap dapat berdiri sejajar dan tetap pada letak yang sama seperti pada awalnya

3. Dinding Bangunan

Dinding pada bangunan adalah bagian atas atau pendukung dari struktur bangunan yang dibangun setelah balok sloof. Struktur ini berfungsi sebagai penutup bagian dalam bangunan dan membantu menopang bangunan termasuk juga atap. Berdasarkan bahan dasar pembuatannya, dinding memiliki tiga jenis yaitu dinding tradisional, semi-permanen, atau beton.

Baca Juga: Cara Menghaluskan Tembok yang Tidak Rata dengan Mudah

Dinding dibangun tidak hanya digunakan pada sekeliling bangunan, tetapi juga di tengah bangunan dan berfungsi sebagai sekat antar ruangan di dalam rumah dan berfungsi untuk memikul beban struktural bangunan di atasnya. 

4. Ventilasi

Ventilasi merupakan bagian dari suatu bangunan yang berfungsi sebagai tempat pertukaran udara. Beberapa orang beranggapan bahwa ventilasi merupakan bagian yang dapat dihindari penggunaannya, padahal bagian ini sangat penting dalam bangunan. Alasannya, sirkulasi udara dapat menciptakan suasana bangunan yang lebih sehat.

Ventilasi bukan hanya tentang bukaan jendela, pintu dan dinding, lubang yang dibuat pada dinding juga dapat disebut dengan ventilasi. Penggunaan dasar konstruksi bangunan ini sangat berpengaruh terhadap kenyamanan, kesehatan dan keamanan bangunan. Anda dapat meletakkan ventilasi pada beberapa bagian rumah seperti bagian depan atau samping rumah, bahkan langit-langit  atap yang dapat berguna untuk menurunkan suhu.

5. Balok Latei

Balok latei dapat Anda temukan pada pintu maupun jendela. Balok latei berfungsi sebagai elemen konstruksi yang menahan beban bangunan bagian atas. Pada jendela, balok ini dapat mengurangi beban kusen saat menyangga sehingga mencegah kusen jendela melengkung atau bahkan patah.

6. Kuda-Kuda Atap

Kuda-kuda pada atap berfungsi untuk menguatkan bagian atap yang dapat berupa susuk, reng, hingga tanah liat. Saat ini telah banyak inovasi kuda-kuda atap, salah satunya adalah penggunaan baja ringan sehingga memperkecil biaya pembangunan dan memiliki ketahanan dalam berbagai kondisi cuaca.

Baca Juga: Memahami Cara Menghitung Konstruksi Kuda Kuda Baja Ringan dan Tips Membangunnya

Dalam membuat kuda-kuda atap, pastikan telah dilakukan perhitungan mengenai beberapa komponen yang memengaruhi kuda-kuda atap agar tepat dan menghasilkan kuda-kuda yang kuat.

7. Balok Ring

Dasar konstruksi bangunan berupa balok ring dapat Anda temukan pada bagian dinding bangunan. Hal ini bertujuan untuk menjaga kondisi dinding tetap stabil dan membantu kolom untuk tetap berdiri kokoh. Dengan demikian, beban konstruksi dapat disalurkan ke bawah mulai dari kolom hingga fondasi. 

8. Atap

Atap juga termasuk dasar bangunan yang penting. Sebab tanpa atap, Anda mungkin saja tidak dapat terlindungi dari berbagai kondisi cuaca atau bahaya apa pun. Atap berfungsi untuk melindungi bagian dalam bangunan dari segala kondisi eksternal mulai dari hujan hingga bahaya lainnya. Selain itu, bentuk atap dan pemilihan penutup atap yang sesuai dapat membantu menambah nilai estetika dari bangunan terutama pada rumah hunian.

Baca Juga: Jenis Genteng yang Umum Digunakan Pada Atap Rumah

Bayangkan jika tanpa atap, pada cuaca panas di siang hari, Anda tetap merasa panas. Serta ketika dalam cuaca hujan, Anda dan seluruh barang yang berada di dalam rumah akan basah terkena air hujan. Maka dari itu, atap adalah salah satu komponen rumah yang penting untuk diperhitungkan terutama pada bagian kuda-kuda. 

Jadi demikian tadi penjelasan mengenai berbagai macam dasar pada konstruksi bangunan. Informasi di atas dapat menjadi wawasan baru bagi Anda yang merencanakan pembangunan rumah dan bangunan lainnya atau yang tertarik pada bidang konstruksi. Sehingga nantinya, Anda juga dapat memastikan bahwa tenaga profesional yang melakukan pembangunan dipastikan telah memiliki 8 dasar konstruksi di atas.

Selain itu, Anda juga membutuhkan bahan baku dan peralatan pembangunan dengan material yang berkualitas. Tidak terkecuali pada steger yang digunakan sebagai alat untuk menjangkau bagian bangunan yang tinggi. Jika memilih steger dengan bahan sembarangan, hal tersebut dapat membahayakan keselamatan pekerja.

Indosteger dapat menjadi solusi tempat sewa steger dengan bahan berkualitas dan harga yang ramah dikantong. Selain steger, indosteger juga menyediakan berbagai baja ringan tentunya dengan kualitas unggulan yang dapat Anda gunakan untuk membuat kuda-kuda atap. Bersamaan dengan informasi dasar-dasar konstruksi dasar bangunan, hubungi kami sekarang juga!

Recent Articles