indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Ukuran Tangga Minimalis untuk Rumah Kecil yang Tepat

Ada beberapa cara membuat dan ukuran tangga minimalis untuk rumah kecil dengan baik dan kokoh. Memang, untuk rumah kecil dengan dua tingkat, dibutuhkan desain tangga yang tepat. Jangan sampai tangga di dalamnya tidak mampu dimaksimalkan dengan sisa ruang yang cukup kecil.

Dalam membuat jenis tangga minimalis untuk rumah kecil, Anda bisa mengikuti informasi selengkapnya bersama Indosteger di bawah ini.
 

Cara Membuat dan Ukuran Tangga Minimalis untuk Rumah Kecil

Rumah kecil sudah pasti memiliki sisa ruang yang tidak terlalu besar untuk membangun konstruksi tangga. Dengan perpaduan yang ada, maka Anda bisa mengikuti rancangan tangga untuk rumah kecil ini.
 

1. Pilih Desain Tangga

Ada beberapa desain tangga minimalis yang cocok untuk rumah kecil. Pertama, tangga yang merangkap rak buku. Bagian bawah tangga ini bisa menjadi rak buku sehingga menjadi lebih fungsional.

Kedua, ada tangga melayang dengan satu sisi saja yang disematkan ke dinding. Anda bisa membuat tangga melayang ini dari bahan kayu, logam, atau kaca dengan kesan futuristik sekaligus minimalis.

Ketiga, ada tangga spiral yang hanya membutuhkan ruang sekitar 1 meter persegi karena memiliki konsep memutar. Biasanya, tangga spiral sudah memiliki bentuk yang sudah jadi sehingga hanya perlu dipasang saja.

Terakhir, ada tangga lipat yang dapat diturunkan dan disimpan ketika tidak digunakan. Tangga ini sering digunakan untuk ruang loteng atau membuat mezzanine kayu.

Baca Juga: Model Tangga Minimalis & Elegan
 

2. Tentukan Ukuran Tangga

Ada rumus yang dapat digunakan dalam menentukan ukuran tangga. Sudut kemiringan tangga maksimal 40 derajat saja. 

Kemudian, dimensi tangga yang paling umum adalah 1 aantrade (lebar anak tangga) + 2 optrade (tinggi anak tangga) = 57 cm - 60 cm.

Jika dibedah lebih dalam, maka standard ukuran tangga rumah beserta anak tangganya yakni:

  • Tinggi anak tangga: 15 cm - 18 cm (maksimal 20 cm).

  • Lebar anak tangga: 22 cm - 30 cm.

  • Lebar tangga: 80 cm (untuk 1 orang), 120 cm (untuk 2 orang), 160 cm (untuk 3 orang)

  • Tinggi bebas berdiri: 2 m.

Baca Juga: Ketahui Ukuran Tangga Rumah Minimalis yang Tepat
 

3. Cara Membuat Tangga yang Aman

Tangga yang memiliki tingkat ketinggian tertentu memang dapat memberikan risiko bahaya. Untuk meminimalisir risiko itu, ada beberapa poin yang harus diperhatikan:

  • Bentuk dan ukuran anak tangga harus sama.

  • Tangga dengan jumlah anak tangga lebih dari 12 harus memiliki area di tengah yang datar dan bebas halangan.

  • Permukaan anak tangga sebisa mungkin terbuat/dilapisi material anti selip.

  • Jarak antara permukaan anak tangga dengan batas pegangan tangga minimal 3 cm.

  • Area tangga memiliki warna kontras agar tetap mudah terlihat ketika mendadak terjadi pemadaman listrik. 

  • Pasang lampu sepanjang anak tangga jika pencahayaannya minim.

Baca juga: 5 Merk Tangga Teleskopik Terbaik dan Praktis
 

4. Desain Tangga yang Aman

Berbicara mengenai desain tangga yang aman, sebaiknya pastikan ada rancangan sehingga penggunanya dapat melambat sekitar 1,5 m hingga 3 m sebelum mencapai anak tangga. Jadi bagian depan tangga harus terbebas dari barang-barang lain dengan luas yang tepat.

Pegangan tangga juga harus memiliki sudut kemiringan yang tepat. Dengan begitu menjadi lebih mudah untuk digenggam. 

Jadi itulah cara membuat dan ukuran tangga minimalis untuk rumah kecil. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk Anda. Ingat, dalam pembangunan rumah, termasuk konstruksi tangga, Anda perlu memanfaatkan Tangga Scaffolding Painted dari Indosteger dengan tingkat keamanan dan kekokohan tinggi. Dengan informasi cara membuat dan ukuran tangga minimalis untuk rumah kecil, pembangunan rumah menjadi lebih cepat dan tepat dengan produk terbaik dari Indosteger!

Recent Articles