indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Membuat Meja dari Besi Hollow dengan Biaya Hemat

Tidak perlu membeli meja di toko furniture, Anda pun bisa membuat meja dari besi hollow sendiri! Bila Anda memiliki sisa besi hollow yang tidak terpakai, tentunya Anda bisa membuat meja dari besi hollow dengan budget yang sangat minim. Mau tahu caranya? Berikut ini panduannya.
 

Ukuran Besi Hollow untuk Pembuatan Meja

Sebelum memulai proses membuat meja dari besi hollow, Anda perlu tahu ukuran besi hollow yang tepat. Anda membutuhkan besi hollow dengan ketebalan 50 mm agar meja lebih kokoh. Sementara untuk ukuran besi hollow, bisa disesuaikan dengan ukuran meja yang diinginkan. Sebagai referensi, Anda bisa menggunakan besi hollow 3x3 8 meter untuk coffee table sepanjang 85 cm dengan lebar 45 cm dan tinggi 60 cm.
 

Proses Membuat Meja dari Besi Hollow

Anda pastinya sudah penasaran dengan cara membuat meja dari besi hollow tanpa budget yang besar. Berikut ini ringkasan cara membuat meja dari besi hollow yang bisa Anda ikuti.
 

1. Buat desain meja

Tentu saja Anda perlu memiliki desain meja yang ingin dibuat. Pertama, Anda perlu menentukan dulu tipe meja seperti apa yang ingin dibuat, entah itu coffee table, meja kerja, meja teras, atau end table. Kedua, cari referensi desain meja yang sekiranya menarik untuk Anda tiru. Anda bisa menemukannya di media sosial seperti Pinterest dan Instagram. 

Selanjutnya, gambar sketsa meja beserta rincian ukurannya, tergantung dengan tipe meja yang akan dibuat. Di panduan kali ini, contoh meja dari besi hollow yang akan dibuat adalah coffee table dengan ukuran meja 85x45x60 cm. Bagian palangan bawah meja diberi ukuran besi hollow 79 cm dengan lebar 39 cm. Jarak antara palangan bawah dengan lantai adalah 10 cm. Tentunya ukuran ini opsional.
 

2. Pilih material pendamping besi hollow

Dalam membuat meja dari besi hollow, Anda membutuhkan material pendamping yang biasanya diletakkan sebagai permukaan meja. Ada banyak material yang bisa Anda pilih sesuai selera, misalnya kayu jati Belanda, keramik, multiplex, bahkan kaca. Dalam panduan kali ini, kami memilih bahan keramik. Namun, panduan ini juga tetap bisa Anda ikuti dengan pilihan  material lainnya.
 

3. Buat rangka meja dari besi hollow

Saatnya membuat rangka meja dari besi hollow. Potong dulu besi hollow sesuai dengan rincian ukuran yang ada pada desain meja yang Anda buat. Anda bisa menyambung setiap potongan besi hollow menjadi rangka meja dengan teknik las double miter corner joint menggunakan plat tipis. Sebagai tips, Anda memerlukan penggaris siku agar teknik las tersebut bisa sukses Anda lakukan. Jadi, rangka meja pun tidak miring dan bisa difungsikan dengan baik. 

Kali ini, kami menggunakan keramik sebagai permukaan meja. Sebelumnya, mari buat dudukan keramik menggunakan besi siku yang sudah dilubangi dengan bor 6 mm. Potong-potong besi siku tersebut per lubang. Lalu, setiap dudukan dipasangkan ke rangka meja agar permukaan meja bisa tetap stabil.

Baca juga: Cara Membuat Rak Besi Sendiri
 

4. Pastikan material pendamping sudah pas dengan rangka meja

Anda perlu mengecek kembali apakah material pendamping yang digunakan sudah sesuai dengan rangka meja yang dibuat. Bila material tersebut lebih besar dari rangka meja, maka Anda tinggal mengambil gerinda listrik untuk memotongnya. Cara alternatif lainnya yang bisa dilakukan adalah membuat rangka meja sesuai ukuran dari material pendamping yang Anda miliki, sehingga tidak perlu repot memotong material lagi.
 

5. Amplas rangka meja

Sebelum mengecat besi hollow, penting sekali untuk melakukan pengamplasan. Dengan begitu, cat pun jadi lebih mudah menempel, hasilnya lebih mulus, dan cat lebih tahan lama. Gunakan saja mata gerinda amplas dan haluskan besi hollow hingga rata.
 

6. Lanjutkan ke proses pengecatan

Proses pengecatan dibagi menjadi tiga tahap, yaitu epoxy, cat dasar, dan clear coating. Mari mulai dengan menyemprotkan cat epoxy yang berwarna putih. Lalu, semprotkan cat dasar hingga merata ke seluruh permukaan rangka meja. Pemilihan cat dasar ini tergantung pada selera Anda, bisa menggunakan warna hitam atau warna putih. Terakhir, semprotkan lapisan clear sebagai tahap finishing.
 

7. Sempurnakan meja yang dibuat

Sekarang, Anda tinggal memasang keramik, kaca, atau kayu di bagian atas rangka meja. Setelah terpasang, tandai bagian bawah material yang nantinya akan dibor. Setelah material sudah dibor, pasangkan ke dudukan dengan baut L dan karet dudukan. Anda pun bisa memasang karet tutup besi hollow di kaki-kaki meja supaya meja lebih stabil. Meja dari besi hollow pun selesai dibuat. 

Ternyata, cara membuat meja dari besi hollow ini cukup mudah. Dapatkan harga besi hollow termurah untuk membuat meja favorit Anda, hanya di Indosteger. Semoga penjelasan soal cara membuat meja dari besi hollow di atas berguna bagi Anda. 

Baca juga: 5 Cara Membuat Kanopi dari Besi Hollow Dengan Mudah

Recent Articles