indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Cara Tepat Dalam Melakukan Renovasi Dapur

Desain dapur yang menarik tentunya bisa membuat Anda lebih bersemangat dalam memasak. Pun, penataan yang baik akan membuat ruang dapur terlihat lebih rapi. Nah, bagi Anda yang berencana untuk melakukan renovasi dapur, berikut adalah cara tepat dalam melakukannya. Yuk, disimak!

Menetapkan Tujuan yang Jelas

Saat hendak melakukan renovasi pada salah satu ruangan di rumah, sebaiknya tentukan dahulu apa tujuan yang ingin dicapai pada proyek tersebut. Contohnya, apakah tujuan dari renovasi itu adalah membuat ruang dapur terasa lebih lapang? Atau, Anda ingin area memasak tersebut terlihat lebih bersih dan rapi? 

Oleh karena itu, cobalah buat daftar tentang apa saja yang tidak disukai pada ruang dapur, serta perubahan seperti apa yang diharapkan dari proyek renovasi tersebut. 

Menghitung Anggaran

Setelah membuat daftar di atas, akan lebih mudah tentunya dalam menghitung anggaran renovasi dapur. Hal ini karena Anda bisa menentukan perubahan seperti apa yang paling efektif dalam menciptakan desain dapur impian. 

Misalnya saja, Anda bisa menentukan mana konsep pencahayaan yang paling cocok dalam menciptakan tampilan dapur yang lebih elegan, atau memilih desain kitchen set yang sesuai dengan kondisi ruang memasak Anda yang terbatas. Intinya, dalam merencanakan anggaran renovasi ruang dapur, tentukan penambahan apa yang benar-benar penting dan mana yang masih bisa dikompromikan terkait dengan keterbatasan dana. 

Ide Renovasi Dapur 

Berikut adalah beberapa ide menarik untuk merenovasi ruang dapur Anda:

  1. Memilih Kitchen Set dengan Material Galvanis

Untuk menghemat bujet renovasi dapur, sebaiknya pilih material yang kuat dan tahan karat. Dengan demikian, umur pemakaiannya akan jadi lebih panjang. Kitchen set dengan material besi galvanis, misalnya, bisa menjadi salah satu opsi terbaik bagi Anda. Keunggulan dari besi galvanis sendiri adalah proses pemasangannya cepat, bersifat anti-karat, serta perawatannya mudah.   

       2. Menciptakan Tampilan Backsplash yang Menarik

Coba highlight salah satu area pada dapur untuk menciptakan suasana yang lebih hidup. Sebagai contoh, Anda bisa memilih warna atau pola yang eye-catching untuk desain backsplash. Tampilan backsplash yang menarik tentunya bisa menghidupkan atmosfer dapur yang awalnya terasa monoton.   

      3. Memasang Wallpaper untuk Menghidupkan Suasana Dapur

Jika anggaran renovasi dapur Anda terbatas, memasang wallpaper adalah solusi yang tepat. Hal ini karena, hanya dengan memasang wallpaper saja, Anda sudah bisa membuat perubahan besar pada mood ruangan. 

Terlebih lagi, harganya juga terbilang terjangkau serta memiliki warna dan pola sangat bervariasi. Namun perlu dicatat, wallpaper yang dipasang pada area sekitar kompor atau tempat cuci piring membutuhkan finishing khusus untuk membuatnya lebih awet. 

     4. Memasang Kitchen Set Aluminium untuk Dapur Bergaya Minimalis 

Bagi Anda yang menyukai dapur bergaya minimalis, memasang kitchen set aluminium adalah ide yang brilian. Selain materialnya kuat dan tahan karat, kitchen set berbahan aluminium juga memiliki desain yang terkesan minimalis tetapi elegan. Pun, kitchen set ini sangat mudah dipadukan dengan beragam warna cat dinding atau desain furnitur yang ada di ruang dapur. 

     5. Menaruh Hiasan Dekoratif untuk Mempercantik Ruang Dapur

Tidak harus melakukan renovasi total, menaruh beberapa hiasan dekoratif di dapur juga bisa meningkatkan suasana ruangan, lo. Seperti misalnya, memasang lampu berdesain artistik, menaruh tanaman indoor yang cantik, atau menggunakan tempat penyimpanan set peralatan masak dengan bentuk menarik. 

Sementara untuk memberi sentuhan yang lebih personal pada dekorasi Anda, jangan ragu mencoba beberapa proyek DIY aksesori dapur yang menarik. 

Demikian tips atau cara tepat dalam melakukan renovasi dapur. Apabila membutuhkan material untuk kebutuhan renovasi rumah, khususnya pipa galvanis, Anda bisa cek situs Indosteger! Mulai dari produk scaffolding pipe galvanized sampai accessories frame scaffolding, beragam bahan renovasi rumah berkualitas tersedia di Indosteger. 

Recent Articles