indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Rumus Bikin Tangga Cor yang Kuat dan Aman saat Digunakan

Memiliki tangga di rumah sebenarnya tidak boleh sembarangan karena ada berbagai faktor yang harus dipenuhi untuk mendapatkan konstruksi tangga yang aman dan kokoh, termasuk mengetahui rumus bikin tangga cor.

Ya, Anda bisa membuat tangga cor di rumah untuk menghubungkan lantai satu dan dua. Namun jangan sampai salah dalam membuat ukurannya. Selain itu masih ada beberapa poin lagi yang perlu diperhatikan ketika membangun konstruksi tangga. Tanpa perlu berlama-lama, simak informasi dari Indosteger di bawah ini.

Apa Rumus Bikin Tangga Cor?

Tangga cor beton harus memiliki konstruksi yang kuat karena memiliki beban yang cukup besar. Agar tetap aman, kuat, dan kokoh, mari cek tahap-tahapnya.

1. Membuat Fondasi Tangga

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat fondasi tangga terlebih dulu. Sebagai dasar tumpuan dari tangga, maka fondasi harus kuat dan kokoh. Dengan begitu, tangga tetap stabil dan tidak bergeser.

Ada beberapa jenis fondasi tangga yang dapat digunakan. Contohnya seperti fondasi beton bertulang atau batu kali. Anda sebenarnya bisa menggunakan kedua jenis fondasi itu untuk mendapatkan konstruksi yang lebih kokoh.

2. Membuat Bekisting Tangga

Bagi yang belum tahu, bekisting tangga adalah cetakan sementara yang digunakan untuk menahan beban saat beton dituang. Selain itu juga tetap digunakan ketika beton dibentuk sesuai bentuk yang diinginkan.

Sebaiknya perhatikan bagaimana ketinggian dari lantai dan tingkat kemiringan tangga untuk menjaga keamanan. Ada beberapa catatan yang harus diperhatikan dalam membuat tangga rumah:

  • Bentuk dan ukuran anak tangga wajib sama. Jika Anda membutuhkan perhitungan lengkapnya, mungkin informasi mengenai rumus anak tangga dapat bermanfaat untuk Anda.
  • Permukaan anak tangga sebaiknya terbuat/dilapisi material anti selip.
  • Tangga yang memiliki jumlah anak tangga lebih dari 12 harus ditambah area data dan bebas halangan di tengah.
  • Jarak antara permukaan anak tangga dengan batas pegangan tangga minimal 3 cm.
  • Pasang lampu di atas tangga atau di dinding sebelah tangga jika pencahayaannya minim.
  • Sebaiknya tangga memiliki warna kontras agar mudah terlihat kalau terjadi pemadaman listrik.

3. Pasang Tulangan Utama dan Anak Tangga

Jika sudah membuat bekisting, kini waktunya memasang tulangan utama dan anak tangga. Anda bisa memasang tulangan utama yang kemudian dilanjutkan pemasangan tulangan sengkang. Ketebalan dari beton decking yang akan dipasang di bagian bawah tulangan sekitar 2 cm saja.

Selanjutnya pasang tulangan anak tangga. Biasanya dihubungkan dengan tulangan utama tangga menggunakan ikatan kawat agar tetap kuat dan kokoh. Tulangan dipasang memajang supaya anak tangga juga tetap kuat.

Di sisi yang sama dengan bekisting akan dipasang beton decking supaya konstruksi detail tangga beton ini menjadi sempurna. Terakhir, patu bekisting dinding tangga dengan bekisting badan tangga.

Baca Juga: Inilah Dia Cara Pasang Keramik Tangga Dengan Mudah

4. Melakukan Pengecoran

Inilah inti utama dari rumus bikin tangga cor. Anda akan melakukan proses pengecoran secara menyeluruh dari bagian tangga. Jika memang sudah dicor, diamkan hingga 12 jam agar mengeras sempurna.

Kalau cor beton sudah keras, Anda dapat membongkar dinding badan tangga dan trape untuk meninjau kekuatan beton. Tunggu hingga 7 hari untuk melihat apakah tangga tersebut sudah teruji kuat atau belum.

Bagaimana Spesifikasi Tangga Rumah Yang Ideal?

Selain mengetahui cara membangun tangga dengan benar, Anda juga harus tahu spesifikasi tangga yang ideal.

Bangunan tangga yang baik bukanlah sekedar tangga yang dibangun dengan baik, tetapi adalah tangga yang juga nyaman digunakan. Hal ini membuat Anda juga harus memperhatikan desain tangga rumah yang akan Anda bangun.

Walaupun terlihat sepele, desain tangga ternyata memiliki banyak elemen. Berikut adalah beberapa elemen yang harus Anda perhatikan untuk mendapatkan tangga yang ideal di rumah Anda.

1. Anak Tangga

Anak tangga mungkin terdengar seperti hal yang sepele. Tetapi, jika Anda tidak memperhatikan detil anak tangga rumah Anda, baik jumlah dan lebar anak tangga, sulit bagi Anda untuk mendapatkan tangga yang baik.

Mengapa Anda perlu menghitung anak tangga?

Yang utama, karena jumlah anak tangga akan berkorelasi dengan tinggi dan ukuran anak tangga. Jika jumlah anak tangganya terlalu banyak, bisa saja Anda akan kerepotan saat menggunakannya, terlalu sedikit, maka bisa jadi anak tangga Anda akan menjadi terlalu besar dan membuat Anda sama kesulitannya.

Idealnya, tinggi anak tangga yang ideal berada di angka 15 cm hingga 20 cm. Jadi, jika Anda berencana membuat tangga dengan tinggi, misalnya, 1.5 meter, maka Anda setidaknya membutuhkan 10 anak tangga.

Selain tinggi, Anda juga harus memperhatikan lebar anak tangga. Hal ini agar setiap orang, baik orang dewasa atau anak-anak, dapat menggunakan tangga dengan nyaman. Idealnya, lebar anak tangga berada di angka 27 cm hingga 35 cm. Pastikan untuk menambahkan 3 hingga 5 cm saat menghitung lebar anak tangga untuk mengantisipasi ketika 2 orang menggunakan tangga secara bersamaan di arah yang berbeda.

2. Ukuran Lebar Tangga

Ukuran lebar tangga akan dapat mempengaruhi kenyamanan orang di rumah Anda untuk menggunakan tangga; semakin lebar, maka akan semakin banyak orang yang dapat menggunakannya secara bersamaan.

Berapa ukuran lebar tangga yang ideal?

Jika rumah Anda tidak terlalu ramai dan hanya akan ada satu orang yang menggunakan tangga di satu saat, maka ukuran lebar tangga yang ideal adalah 70 hingga 90 cm.

Untuk penggunaan tangga oleh 2 orang secara bersamaan dengan nyaman, idealnya tangga Anda harus memiliki ukuran sekitar 120 cm hingga 150 cm.

Jika tangga rumah Anda akan sangat ramai digunakan dalam waktu yang bersamaan, maka Anda setidaknya membutuhkan lebar 180 cm dan lebih.

3. Ukuran Railing Tangga

Railing adalah pagar tangga yang akan membantu pengguna tangga menaiki tanggal lebih nyaman dan menjadi tempat pegangan ketika sesuatu terjadi.

Memasang railing tangga umumnya dilakukan ketika tangga Anda memiliki lebih dari 6 anak tangga. Lalu, jika Anda memiliki anak kecil di rumah, maka penggunaan railing tangga adalah hal yang wajib untuk menjaga si kecil aman saat menggunakan tangga.

Lalu, berapa ukuran railing tangga yang ideal?

Idealnya, tinggi railing tangga berada di angka 70 cm hingga 90 cm untuk memastikan bahwa orang dewasa pun dapat menggunakannya dengan maksimal. Lalu, terkait jarang antar pagar, idealnya berada di angka 15 hingga 20 cm untuk memastikan bahwa anak kecil pun tidak dapat melewatinya.

4. Bordes

Bordes adalah daerah datar tempat di mana orang yang menggunakan tangga dapat berhenti sejenak. Lalu, kapan Anda harus membuat bordes? Apakah setiap tangga membutuhkan bordes?

Idealnya, rasio antara jumlah anak tangga dan bordes adalah 15:1. Artinya, untuk setiap 15 anak tangga ada 1 area bordes.

Jadi itulah penjelasan tentang cara bikin tangga cor. Membuat tangga cor tidaklah terlalu sulit. Seperti proses pembuatan tangga pada umumnya, Anda harus memperhatikan banyak hal, seperti menghitung jumlah anak tangga, ukuran lebar tangga, dan railing tangga.

Tidak lengkap rasanya membuat tangga cor beton tanpa menggunakan tangga scaffolding. Indosteger memiliki produk scaffolding yang kokoh dan kuat untuk proses pembangunan tangga lebih cepat dan mudah.

Dengan informasi rumus bikin tangga cor yang benar, kunjungi Indosteger untuk mendapatkan produk scaffolding terbaik!

Baca juga: Jarak Anyaman Besi Cor Dak yang Ideal Sesuai Ukuran Besi

Recent Articles

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya