indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Cara Membuat Cakar Ayam 40x40 yang Aman dengan Benar

Apakah Anda sedang mencari informasi mengenai cara membuat cakar ayam 40x40? Apakah cakar ayam tersebut akan digunakan untuk pembangunan rumah?

Pondasi cakar ayam adalah salah satu pondasi yang paling sering digunakan dalam pembangunan rumah dan juga infrastruktur yang ada di Indonesia. Cakar ayam disebut-sebut sebagai pondasi terkuat yang dapat menjamin kekokohan suatu bangunan.

Untuk itu, melalui pembahasan pada kali ini, IndoSteger akan memberikan informasi seputar apa itu cakar ayam dan juga cara membuat cakar ayam dengan ukuran 40x40 cm yang mungkin sedang Anda butuhkan saat ini. Silakan simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Pondasi Cakar Ayam?

Cakar ayam merupakan pondasi rumah yang ditemukan oleh Prof. Dr. Ir. Sedijatmo pada tahun 1961 silam. Beliau berhasil menemukan pondasi cakar ayam ini melalui proyek PLN saat itu di mana mereka membutuhkan 7 menara listrik yang bertegangan tinggi di daerah Ancol, Jakarta Utara.

Permasalahan yang dihadapi beliau saat itu adalah pembangunan 7 menara listrik tersebut bertempat di area berawa-rawa sehingga membutuhkan pondasi yang mampu menahan beban bangunan di tanah yang basah. Pada akhirnya, Prof. Dr. Ir. Seodijatmo mengeluarkan idenya untuk membuat pondasi cakar ayam yang terbuat dari plat beton agar ketujuh menara listrik tersebut dapat berdiri di atas tanah yang lembek, namun tetap kokoh.

Kini, pondasi cakar ayam dikenal sebagai salah satu pondasi bangunan paling kokoh. Jenis pondasi ini digunakan untuk membangun rumah bertingkat hingga gedung-gedung tinggi di perkotaan.

Kekuatan cakar ayam ini datang dari rangkaian tulangan besi pondasi cakar ayam yang mencengkram tanah dengan sangat kuat. Jenis besi yang umumnya digunakan adalah pipa beton.

Baca Juga: 9 Jenis Pondasi Bangunan Yang Umum Diterapkan 

Bagaimana Cara Membuat Cakar Ayam 40x40 Dengan Tepat?

Satu hal yang harus Anda perhatikan adalah pondasi cakar ayam adalah jenis pondasi bangunan yang memakan biaya banyak dan memiliki proses pembuatan yang kompleks.

Oleh karena itu, jika Anda berencana untuk menggunakan pondasi cakar ayam untuk membuat rumah, pastikan Anda hanya menggunakannya saat ingin membangun rumah 2 lantai atau lebih. Karena, masih ada banyak pilihan pondasi bangunan lainnya yang cocok untuk rumah 1 lantai.

Baca Juga: Kiat Membuat Pondasi Rumah 2 Lantai

Jika Anda telah memastikan kalau pondasi cakar ayam adalah yang tepat untuk bangunan Anda, berikut adalah beberapa langkah pembuatan cakar ayam ukuran 40x40 yang dapat Anda ikuti.

1. Pemilihan Material Cakar Ayam

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk dapat membuat cakar ayam 40x40 adalah material yang akan digunakan untuk pembuatan cakar ayam tersebut. Biasanya, material yang digunakan untuk membuat cakar ayam 40x40 adalah material besi mulus atau bisa juga dengan besi ulir.

Baca Juga: Tabel Berat Besi Beton Polos dan Ulir Sesuai Ukuran

Anda dapat memilih material cakar ayam sesuai dengan kebutuhan dan biaya yang dikeluarkan untuk pembangunan. Selain itu, Anda juga harus sangat detil dalam menghitung kebutuhan besi cakar ayam.

Pondasi cakar ayam dikenal sebagai salah satu pondasi yang memakan banyak biaya serta proses pembuatan yang kompleks. Oleh karena itu, jika Anda kekurangan bahan dalam proses pembuatan nanti, bisa jadi pondasi cakar ayam Anda tidak akan sesuai spesifikasi atau proses akan tertunda karena Anda harus membeli bahan tambahan.

Perhitungan berat bangunan juga mempengaruhi material cakar ayam yang digunakan sehingga Anda benar-benar harus menentukan material cakar ayam dengan kualitas yang baik dan kokoh. 

2. Pemilihan Rangka Baja Cakar Ayam

Selain material cakar ayam, Anda juga perlu memilih rangka baja yang digunakan dalam membuat cakar ayam. Rangka baja ini merupakan komponen yang sangat penting dalam pembuatan cakar ayam karena dapat menahan bangunan ketika terkena guncangan seperti gempa bumi. 

3. Proses Pembuatan Cakar Ayam

Sekarang, untuk proses pembuatan cakar ayam 40x40 ini Anda perlu membuat dasar pondasinya terlebih dahulu dengan menggunakan pipa besi yang ditancapkan sedalam 2 hingga 3 meter ke dalam tanah. Untuk diameternya, Anda dapat menggunakan pipa besi dengan ukuran 1,2cm hingga 8 cm sesuai dengan kebutuhan.

Anda juga perlu membuat bagian tulangan kolom yang berfungsi menjadi tonggak utama dalam pondasi cakar ayam. Selain itu, dalam pembuatan cakar ayam, Anda perlu membuat begel yang berada di posisi tengah pondasi guna menopang bagian sisi dari konstruksi cakar ayam.

Jadi, dari keseluruhan informasi di atas, dapat disimpulkan bahwa pembuatan cakar ayam dengan ukuran 40x40 harus kembali lagi kepada bahan material dan rangka baja yang digunakan serta beratnya bangunan yang akan didirikan. Untuk itu, pastikan Anda memahami dengan betul cara membuat cakar ayam 40x40 agar bangunan yang didirikan dapat berdiri dengan kokoh dan silakan cek harga besi hollow 4x6 IndoSteger yang dapat digunakan dalam konstruksi cakar ayam.

Baca Juga: Fungsi Pondasi Cakar Ayam

Recent Articles

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya