indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Cari Tahu Semua Ukuran Besi CNP untuk Proyek Konstruksi Anda

Ada berbagai ukuran besi CNP yang dapat digunakan untuk proyek konstruksi. Anda dapat memilih ukuran besi CNP yang sesuai dengan kebutuhan.

Besi merupakan bahan material yang paling sering digunakan dalam proyek konstruksi. Ada begitu banyak jenis-jenis besi yang memiliki fungsi berbeda-beda. Anda perlu memahami jenis-jenis besi tersebut agar dapat memilih besi yang sesuai dengan kebutuhan proyek konstruksi yang akan dijalankan.

Dari banyaknya jenis besi yang digunakan dalam proyek konstruksi, ada satu jenis besi yang sering digunakan yaitu besi CNP. Apa itu besi CNP dan apa saja ukuran yang tersedia?

Melalui artikel ini, Indosteger akan memberikan informasi lengkapnya kepada Anda seputar macam-macam ukuran besi CNP. Namun, sebelum mengetahui beragam ukurannya, mari kita pahami pengertian dari besi CNP terlebih dahulu.

Apa Itu Besi CNP?

Besi CNP atau yang biasa disebut juga dengan besi Kanal C, C-channel, atau Profil C, merupakan besi yang memiliki bentuk menyerupai huruf C. Ukuran besi ini sangatlah panjang dan biasa digunakan dalam berbagai proyek konstruksi salah satunya untuk pengerjaan rumah.

Banyak yang mengira bahwa besi CNP dan UNP adalah jenis besi yang sama. Meskipun terlihat mirip, namun nyatanya kedua besi ini memiliki lekuk yang berbeda.

Apabila besi CNP memiliki bentuk yang menyerupai huruf C, besi UNP memiliki bentuk yang menyerupai huruf U. Lekukan pada besi CNP cenderung membentuk seperti lingkaran sedang besi UNP hanya membentuk sebuah lengkungan pada bagian bawahnya.

Besi CNP ini terbuat dari bahan besi plat. Besi plat memiliki bentuk permukaan yang rata sehingga mungkin Anda bingung, bagaimana sebuah lembaran besi dapat dibentuk menjadi besi CNP? Hal ini dikarenakan besi plat harus melalui proses pemotongan dan bunding terlebih dahulu untuk membentuknya menjadi besi CNP.

Besi kanal C terbuat dari bahan apa?

Besi kanal C sendiri terbuat dari besi plat. Hal ini karena besi kanal C umumnya digunakan pada sebuah proyek konstruksi untuk menahan beban yang sangat berat.

Untuk dijadikan besi kanal C, sebuah besi plat akan melewati proses pemotongan menggunakan metode cutting atau bundling untuk dapat terbentuk seperti huruf C.

Baca Juga: Ukuran Plat Besi per Lembar dan Jenis-Jenisnya

Berapa Ukuran Besi CNP?

Hampir sebagian besar besi CNP memiliki panjang 6 meter. Akan tetapi, besi CNP memiliki ukuran lebar yang berbeda-beda. Ukuran besi CNP ini dimulai dari 75, 100, 125, 150, hingga 200. Anda dapat memilih ukuran besi CNP ini sesuai dengan kebutuhan.

Apa Saja Fungsi Besi CNP?

Besi CNP dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan dalam proyek konstruksi, Berikut ini, ada 3 fungsi dari penggunaan besi CNP, yaitu:

1. Rangka Atap

Fungsi pertama dari besi CNP adalah besi ini dapat digunakan sebagai rangka atap. Jika Anda sering mengunjungi kawasan pabrik atau gudang pastinya akan sering melihat penggunaan besi CNP ini pada atap bangunan tersebut.

Baca Juga: 4 Kelebihan dan Kekurangan Konstruksi Atap Besi CNP

Sebagai informasi tambahan, bila besi CNP digunakan sebagai kerangka atap, maka besi UNP memiliki fungsi yang berbeda. Besi UNP digunakan sebagai penutup atap.

2. Penutup Dinding

Di sebagian gedung, penggunaan besi CNP berfungsi sebagai penutup dinding. Maksud dari penutup dinding ini adalah untuk menyembunyikan berbagai hal yang menempel pada dinding seperti pipa air, kabel listrik, dan lainnya. Anda tentu sering melihat besi CNP sebagai penutup dinding ini di sejumlah gedung atau bahkan proyek pengerjaan rumah.

3. Pagar

Fungsi terakhir dari besi CNP adalah besi ini dapat digunakan untuk membuat pagar rumah. Besi CNP memiliki bahan material yang sangat kokoh sehingga sangat cocok untuk digunakan dalam pembuatan pagar.

4. Purlin

Purlin merupakan bagian dudukan penutup atap. Anda dapat menggunakan besi CNP sebagai balok dudukan penutup atap tersebut. Dengan menggunakan besi CNP, dudukan penutup atap akan lebih kuat untuk menopang beban berat benda yang diletakkan di atasnya.

Apa Kelebihan dari Menggunakan Besi CNP?

Setelah memahami pengertian, ukuran, dan fungsinya, sekarang kami akan memberikan berbagai informasi seputar kelebihan dari besi CNP untuk proyek konstruksi Anda, yaitu:

1. Terbuat dari Bahan Material yang Kuat

Kelebihan pertama dari besi CNP adalah bahan materialnya yang terbuat dari besi plat. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, besi plat termasuk ke dalam jenis besi berkualitas.

Besi plat memiliki campuran bahan material karbon, nikel, aluminium, kromium, dan masih banyak lagi. Dengan demikian, besi CNP ini dapat terjamin kuat dan kokoh sehingga sangat baik untuk digunakan dalam proyek konstruksi Anda.

2. Memudahkan Proses Pemasangan

Proses pemasangan besi CNP ini sangatlah mudah. Karena proses pemasangannya yang mudah, Anda tidak membutuhkan waktu yang lama untuk memasang besi CNP. Maka dari itu, hal ini termasuk ke dalam salah satu kelebihan dari penggunaan besi CNP.

3. Anti Karat dan Anti Rayap

Kelebihan terakhir dari besi CNP adalah anti karat dan anti rayap. Dikarenakan besi CNP terdiri dari bahan material berkualitas, hal ini tentu saja membuat besi CNP menjadi lebih tahan akan karat dan juga anti rayap.

Anda tentu paham bahwa konstruksi bangunan yang baik adalah konstruksi yang dapat berdiri kokoh dalam waktu yang lama. Inilah mengapa penggunaan besi CNP ini dapat menghasilkan konstruksi bangunan yang kokoh dan juga tahan lama karena anti terhadap karat serta rayap.

Cari Kebutuhan Besi Berkualitas Hanya Di Indosteger

Sekian informasi yang dapat kami berikan kepada Anda. Apakah informasi di atas bermanfaat bagi Anda? Dengan informasi dari Indosteger, kami berharap Anda dapat menemukan besi CNP terbaik yang sesuai dengan kebutuhan.

Sebagai informasi tambahan, Indosteger juga menyediakan besi CNP galvanis yang dapat langsung Anda pesan melalui halaman produk pada halaman website kami. Harga besi galvanis yang kami jual berkisar dari harga Rp175.000 hingga Rp215.000.

Besi CNP galvanis ini sudah terbukti kualitasnya sehingga kualitas proyek konstruksi Anda akan menjadi lebih kokoh. Silakan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut terkait besi CNP galvanis dan semoga informasi mengenai ukuran besi CNP di atas dapat berguna bagi Anda.

Recent Articles

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya