indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Mengenal Apa itu Teknik Konstruksi Lebih Dalam

Teknik konstruksi adalah salah satu disiplin profesional yang sangat berguna di dalam proses pembangunan berbagai macam infrastruktur. Ilmu ini memang terhitung unik. Tidak hanya dari pekerjaannya saja yang cukup beragam, tetapi juga pencampuran ranah kerja dari dua sisi sekaligus. Penasaran untuk mengenal teknik konstruksi lebih dalam? Simak rangkuman yang telah disiapkan tim Indosteger di bawah ini.
 

Apa itu Teknik Konstruksi?

Seperti yang telah dijelaskan di atas, teknik konstruksi adalah disiplin profesional yang memang sangat membantu dalam proses pembangunan infrastruktur. Contoh pembangunan infrastruktur yang dimaksud mencakup jalan bebas hambatan (jalan tol), rel kereta api, bandar udara, jembatan, konstruksi untuk masyarakat, hingga bendungan. Selain itu, masih ada berbagai contoh pembangunan infrastruktur yang dilakukan dalam teknik konstruksi. 

Di dalam teknik konstruksi ada satu profesi utama yang penting untuk dikenal, yaitu insinyur konstruksi. Sebagai insinyur, terdapat keunikan di dalam profesi ini karena menjadi gabungan dari insinyur sipil dan manajer konstruksi. 

Insinyur konstruksi berfokus pada mempelajari bidang perancangan, layaknya insinyur sipil. Selain itu juga mempelajari bagaimana fungsi manajemen konstruksi bekerja. Dengan begitu, ada dua ranah pekerjaan yang langsung dikerjakan insinyur konstruksi. 

Dalam perjalanannya, tentu ada perbedaan dari insinyur konstruksi dan manajer konstruksi. Insinyur konstruksi memiliki kemampuan untuk memegang lisensi Insinyur Profesional (PE). Sebaliknya, manajer konstruksi tidak memiliki kesempatan memegang lisensi itu. 

Dari sisi pendidikan pun juga cukup berbeda. Manajer konstruksi tidak hanya fokus pada persoalan perancangan infrastruktur saja, tetapi juga mengetahui bidang perkara konstruksi hingga manajemen sumber kekuatan manusia. Tujuan utama dari bidang ilmu yang wajib dipelajari manajer konstruksi ini adalah kemampuan untuk menyelesaikan suatu proyek dengan tepat waktu sesuai perhitungan dan kualitas sesuai harapan.

Mungkin Anda penasaran mengapa insinyur konstruksi dengan insinyur sipil itu dibedakan. Sebenarnya, kedua insinyur ini memiliki kesempatan dalam mengikuti ujian pengambilan lisensi PE. Namun ketika sudah berbicara mengenai dunia pendidikan, ada perbedaan minat yang harus diakomodir. 

Mahasiswa teknik sipil yang lebih fokus kepada bagian perancangan, membuatnya menjadi seorang desainer infrastruktur profesional. Sedangkan, untuk mahasiswa teknik konstruksi, mereka dapat mengambil kursus desain arsitektur serta kursus manajemen konstruksi. Inilah yang akhirnya membuat mahasiswa teknik konstruksi mampu memahami beragam fungsi desain dan persyaratan pembangunan sesuai bagaimana cara membangun infrastruktur pada saat ini.

Baca juga: 6 Tahapan Pekerjaan Konstruksi Bangunan untuk Proyek
 

Cakupan Pekerjaan Teknik Konstruksi

Anda telah mengenal ranah pekerjaan teknik konstruksi yang cukup dibedakan. Bahkan hingga mengenal dunia pendidikannya. Sekarang waktunya mengenal cakupan pekerjaan dari teknik konstruksi.

Pekerjaan teknik konstruksi mencakup empat hal, yaitu:
 

1. Perancangan

Membuat desain dari infrastruktur yang akan dibangun. Fokus utama pada bagian ini lebih kepada desainnya sendiri.
 

2. Perencanaan

Dari desain yang sudah dibuat, mulai dilakukan perencanaan pembangunannya. Di poin ini mulai membahas konstruksi bangunan dari sisi bahan-bahannya.
 

3. Konstruksi

Di sinilah proses pembangunan infrastruktur tersebut mulai dilakukan. Bisa dibilang, proses ini terhitung paling lama dan menentukan.
 

4. Manajemen Infrastruktur

Proses untuk melakukan pengelolaan dan perawatan infrastruktur secara efisien dan efektif agar dapat terus digunakan.

Dari empat cakupan pekerjaan teknik konstruksi, semuanya saling terkait dengan mengharapkan kualitas pengerjaan yang sama. Jika ada yang cacat sedikit, maka proses selanjutnya dapat menjadi kacau.

Itulah informasi tentang teknik konstruksi lebih dalam hanya untuk Anda. Proses pembangunan infrastruktur dalam bentuk apapun sebenarnya membutuhkan cross brace scaffolding yang tersedia di Indosteger. Kunjungi Indosteger untuk membeli produk ini sekarang juga!

Baca juga: Konstruksi Bangunan Offshore yang Tidak Di Ketahui Orang
 

Recent Articles